Yuk Coba Saving Challenge Ini agar Makin Semangat Menabung

Konten [Tampil]
Saving Challenge untuk semangat menabung

Menabung merupakan kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada diri setiap orang. Aktivitas menabung memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan keuangan. Namun masih banyak juga lho ternyata orang -orang yang masih kesulitan membangun kebiasaan menabungnya. 

Biasanya alasannya karena pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan, ada yang tidak tahu ingin menabung di mana, dan sejumlah alasan-alasan lainnya. 

Sebenarnya sejumlah hal di atas tidak bisa kamu jadikan sebagai alasan dan patokan untuk kamu enggan menabung lho. Menabung adalah bentuk kesadaran diri untuk mengamankan kondisi keuangan dan mencapai tujuan finansial tertentu. 

Jika pengeluarankamu ternyata lebih besar, itu berarti kamu belum bijak dalam mengatur keuangan. Apabila kamu ingin memilih tempat untuk menabung, kamu bisa memilih alternatif dengan membuka rekening online.  

Dengan membuka rekening online untuk menabung, kamu akan lebih mudah dalam mengelola dan memantau keuangan. Untuk memulai menabung sebenarnya sangat mudah. Yang paling sulit untuk dilakukan mungkin adalah konsisten untuk menabung secara rutin. Apabila ini menjadi masalahnya kamu, maka kamu bisa coba melakukan saving challenge terlebih dahulu untuk membiasakan diri. 

Saving challenge adalah salah satu metode yang bisa membuat kamu lebih bersemangat atau termotivasi untuk menabung. Lantas apa saja sih saving challenge yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan kebiasaan menabung?

10 Saving Challenge untuk Menabung yang Seru 

Saving challenge adalah sebuah metode untuk membuat seseorang punya keinginan dan tanggung jawab dalam menabung. Saving challenge akan membantu kamu agar memiliki target jumlah uang yang harus ditabung dalam jangka waktu tertentu. 

Melakukan saving challenge dapat membuat seseorang semakin tertantang dan bersemangat dalam menabung. Agar kegiatan menabung jadi lebih mudah dan efektif, kamu bisa membuka rekening online terlebih dahulu. 

Saving challenge merupakan metode yang populer yang sudah banyak digunakan untuk menjadikan aktivitas menabung sebagai kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Berikut ini 10 challenge menabung yang seru agar bisa memotivasi kamu untuk menabung lebih giat lagi.

1. Challenge Menabung 20.000

Tantangan menabung 20.000 merupakan metode menabung yang cukup sederhana. Langkah menerapkan metode ini, yakni setiap kali kamu memiliki uang nominal 20.000 maka kamu harus memasukkannya ke dalam tabungan. 

Misalnya saat ingin membayar bensin atau beli makan, kemudian kamu mendapatkan kembalian Rp20.000, maka uang tersebut harus disimpan sebagai tabungan. Jadi kamu harus konsekuensi untuk tidak menggunakan uang Rp20.000 untuk keperluan lain selain ditabung ya. 

2. Challenge No-Spend Challenge

Challenge ini memang cukup sulit diterapkan bagi sebagian orang. Namun metode ini juga sangat efektif dalam membantukamu untuk menghemat uang. 

Cara menjalankan challenge ini yaitu dengan mencoba untuk tidak mengeluarkan uang sama sekali selama satu minggu atau bahkan satu bulan. Kamu dituntut untukbisa memanfaatkan sumber daya yang ada di rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Misalnya dengan memasak sendiri, merebus air, atau menanam tumbuhan yang bisa jadi bahan makanan. Hindari pengeluaran yang tidak perlu.

3. 100 Envelopes Saving Challenge

Challenge menabung 100 amplop. Menabung dengan metode ini yaitu dengan mengambil 100 amplop dan menuliskan nominal uang yang berbeda-beda di setiap amplopnya. 

Misalnya Rp 1.000 di amplop pertama, Rp 2.000 di amplop kedua dan lanjut hingga tersisa Rp 100.000 di amplop terakhir. Setiap 2 minggu, ambillah amplop secara acak. Berapapun nominal amplop yang kamu dapatkan, maka sejumlah itulah uang yang harus kamu masukkan ke dalam amplop tersebut.

Lakukan rutinitas ini sampai kamu menghabiskan semua amplop. Di akhir challenge, kamu bisa mendapatkan uang tabungan sebesar Rp 5.050.000. Jika dirasa terlalu berat, kamu bisa kok mengurangi jumlah amplopnya. Misalnya hanya sebanyak 50 Amplop atau 25 Amplop saja. Ingat, lakukan sesuai dengan kondisi finansial kamu ya.

4. Weather Saving Challenge

Pilihan saving challenge

Challenge kali ini adalah tantangan menabung yang cukup menarik namun seru yaitu dengan weather saving challenge. Cara menerapkan metode ini adalah dengan menabung sesuai dengan kondisi cuaca di tempat kamu tinggal. Kamu bisa menentukan sendiri kapan hari yang tepat  untuk bisa menabung. 

Misalnya menabung di setiap hari Kamis, Rabu, atau lainnya. Jadi kamu harus melihat cuaca di lokasi pada saat hari itu.  

Misalnya kamu tinggal di Jakarta dan memilih hari Kamis. Jika cuaca pada hari itu bersuhu 35 derajat Celcius, maka kamu harus menabung sebesar Rp35.000 rupiah. Saat Kamis depan tiba, periksa kembali suhu terpanas dan menabunglah sesuai angka suhunya. Menarik bukan?

5. Challenge Potongan Gaji 5%

Tantangan menabung kali ini dilakukan dengan cara memotong 5% dari nominal gaji bulanan yang kamu dapatkan. 

Ingat, konsep menabung berarti menyisihkan, bukan menunggu sisa uang di akhir bulan. Metode menabung ini harus dilakukan saat awal bulan dengan menyetor ke rekening tabungan khusus. Dengan menerapkan metode potongan gaji 5%, kamu akan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa berhemat.

6. Challenge Investment Challenge

Challenge kali ini dilakukan dengan cara menginvestasikan sejumlah uang yang kamu tabung pada instrumen investasi seperti saham, reksadana atau properti. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan penghasilan pasif dan menambah nilai aset.

7. Challenge Travel Saving Challenge 

Challenge menabung travel ini bisa diterapkan untuk kamu yang mempunyai keinginan pergi liburan. Jika kamu ingin bepergian, cobalah menabung secara teratur untuk biaya perjalananmu nanti. Buat target pengeluaran dan usahakan untuk mencapainya dalam waktu yang telah ditentukan.

8. 30-day Minimalism Challenge

Tantangan menabung ini cocok buat kamu yang mempunyai banyak barang di rumah. Cara menerapkan tantangan30-day minimalism ini yakni dengan menjual satu barang bekas per hari selama satu bulan. 

Hasil penjualan itulah yang harus ditabung. Kamu dapat memilih barang-barang lama yang tidak terpakai untuk dijual. Langkah ini juga membantu kamu untuk merapikan rumah agar tidak sesak oleh barang-barang yang sudah tidak terpakai lama. 

9. Challenge No-Smoking Challenge

Jika kamu seorang perokok, maka challenge iniwajib kamu coba. Cara menerapkan tantangan menabung no-smoking ini adalah dengan berhenti merokok selama sebulan atau lebih. Uang yang biasanya kamu gunakan untuk membeli rokok dapat kamu alihkan untuk dijadikan tabungan.

10. No Spending Challenge

Challenge menabung yang terakhir cocok bagi kamu yang memiliki hobi belanja atau sering checkout di toko online. Cara menerapkan metode ini adalah dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin pengeluaranmu jadi boros dan tidak teratur, seperti kerap makan di luar, belanja perlengkapan hobi, dan pengeluaran-pengeluaran lainnya. 

Jadi cobalah untuk tidak membeli apa-apa selama waktu satu minggu atau satu bulan. Kamu cukup hanya mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan pokok saja. Setelah tantangan selesai, sisa uang itulah yang harus ditabung.

Solusi Terbaik Menggunakan PermataME untuk Menabung

Dengan adanya saving challenge, seseorang dapat memotivasi diri untuk menghemat pengeluaran demi bisa menabung. Selain itu, metode saving challenge juga akan membuat kegiatan menabung jadi menyenangkan sekaligus seru dan menantang. Untuk memudahkan kegiatan menabung, kamu bisa buka rekening online. 

Rekening online akan membantu kamu lebih mudah dalam menabung, mengelola dan memantau kondisi keuangan. Salah satu rekening online terbaik yang bisa kamu pilih adalah PermataME.

PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan pengelolaan keuangan khususnya untuk menabung di era digital. Syarat buka rekening online PermataME cukup sederhana dan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 

Sejumlah kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya adalah bebas biaya admin tanpa syarat, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, ada banyak pilihan cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening online PermataME dan lainnya bisa kamu baca di laman berikut ya https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame

Tunggu apa lagi, yuk coba terapkan dari pilihan 10 saving challenge di atas untuk meningkatkan semangat menabungnya kamu 😉

Related Posts

Post a Comment