Tips Memilih Tempat Belajar Mengaji Anak Tepat Sasaran

Konten [Tampil]

Memilih tempat belajar mengaji anak sudah menjadi salah satu yang seharusnya dilakukan oleh orang tua sejak usia anak sedini mungkin. Dengan tujuan agar anak-anak sudah mengenal dengan baik pendidikan Agama sebagai bekal umat muslim di masa depan.

Tips memilih tempat belajar mengaji anak

Selain bermanfaat untuk dunia, mempelajari dan mengenalkan pendidikan Agama seperti membaca Al-Qur'an dan tafsirnya kepada anak juga sangat penting untuk menjadi bagian dari bekal mereka di akhirat.

Melihat pentingnya ilmu Agama, sudah sepatutnya sebagai orang tua dan orang dewasa untuk mengenalkan kepada anak-anak sejak dini ilmu Agama. Karena pada usia dini daya serap pada anak masih sangat cepat, sehingga pada usia dini merupakan belajar mengaji anak tepat sasaran.

Di zaman sekarang ini sudah ada banyak lembaga-lembaga pendidikan Islam yang memberikan layanan terbaiknya untuk mengajarkan anak belajar mengaji dengan berbagai pilihan fokus ilmu seperti ilmu tauhid, tafsir, tahfidz, fiqh, sirah dan adab. 

Sebagai orang tua tentu kita harus cerdas memilih tempat belajar mengaji anak yang tepat sasaran, agar ilmu Agama yang didapatkan oleh anak harus dan sudah berdasarkan Qur'an dan Sunnah.

Cara Cerdas Memilih Tempat Belajar Mengaji Anak

Belajar mengaji online bisa dilakukan dimana saja, selama anak merasa nyaman dengan lingkungan belajarnya dan sistem belajar yang sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai orang tua tentu hal ini menjadi dasar saat memilih tempat belajar Agama yang tepat bagi anak.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebagai orang tua di saat sedang memilih tempat belajar mengaji pemula untuk anak usia dini.

1. Pilihlah Tempat Belajar Mengaji Anak Tepat Sasaran dan Tujuan

Kamu sebagai orang tua harus tahu dan paham ingin anakmu fokus belajar pada materi apa. Misal menginginkan anak agar fokus belajar dan menghafal Al-Qur'an kamu bisa memilih tempat belajar mengaji pemula khusus yang menyediakan kelas Tahfidz.

2. Jumlah Guru dan Jumlah Murid

Sebelum memilih tempat belajar mengaji iqro, kamu sebagai orang tua dan orang dewasa harus mencari tahu terlebih dahulu jumlah kapasitas gurunya sebanding tidak dengan jumlah muridnya. Karena jika jumlah murid dan guru tidak seimbang akan dikhawatirkan pembelajaran yang berlangsung ditempat tersebut tidak maksimal.

Proses membimbing muridnya menjadi tidak merata dan memakan waktu dan proses yang lebih lama, sehingga apa yang ingin dicapai menjadi tidak tepat sasaran.

3. Mencari Tahu Tentang Background Pengajar

Mencari tahu background pengajarnya sangat penting, agar apa yang ingin dipelajari oleh sesuai juga dengan latar pendidikan guru-gurunya di tempat belajar mengaji yang ingin dipilih.

4. Mencari Informasi Mengenai Iuran Bulanan

Sesuaikan iuran bulanannya dengan anggaran yang kamu miliki dan cari tahu juga iuran yang sudah ditentukan tersebut sudah sesuai belum dengan standar dan fasilitas yang disediakan.

5. Cek Kondisi dan Background Tempat

Langkah terakhir adalah melihat langsung atau mencari tahu kondisi dan background tempatnya. Baik untuk belajar ngaji online dan offline sebelum memilih harus mencari tahu informasi dasar tempatnya, bisa melalui orang yang dikenal atau website tempat ngajinya.

Kalau offline kamu bisa mengeceknya langsung ke lokasi jika berdekatan dengan tempat kamu tinggal. Sedang untuk online kamu mengeceknya melalui website resminya dan juga bisa melalui testimoni-testimoni yang ada. 

Nah, salah satu tempat belajar mengaji online yang ingin aku rekomendasikan adalah Albata. Sebuah lembaga pendidikan Islam yang sudah berdiri sejak tahun 2019 silam.

Mengenal Albata Solusi Tepat Sasaran untuk Belajar Ngaji Online Buat Pemula

Albata merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Islam resmi yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Albata, yang memiliki visi dan misi untuk membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa dan mandiri sejak dini serta paham ilmu agama dengan baik.

Memilih sistem kurikulum yang didasarkan kepada Al-Qur'an dan Sunnah, Albata berfokus pada Tauhid, Fiqh, Tahfidz, Sirah, Tahsin dan Adab yang menerapkan model pengajaran Fun Learning yang menggunakan metode montessori yang dilakukan secara online maupun offline.

Albata memiliki pilihan pembelajaran secara online dan offline. Untuk pilihan kelas yang ditawarkan pun sama, tidak ada yang dibedakan. Untuk yang berdomisili di Surabaya ada baiknya bisa langsung belajar secara offline saja. Sedangkan yang jauh dari lokasi bisa memilih kelas online-nya.

Pilihan Kelas Belajar Ngaji Online dan Offline di Albata

Menariknya belajar ngaji online di Albata terdapat beberapa pilihan kelas sesuai usia dari mulai 1 hingga 13 tahun, sehingga membuat anak-anak menjadi lebih fokus saat belajar dan apa yang diharapkan oleh orang tua bisa tercapai dengan maksimal karena pembagian kelasnya yang tepat.

Pilihan kelas belajar ngaji online dan offline

  • Toddler Class adalah pilihan kelas yang ditujukan untuk anak-anak usia 1 sampai 3 tahun. 
  • TPQ Online/Offline dan Kindergarten (Taman Kanak-Kanak) adalah yang diperuntukkan khusus untuk usia anak 3 - 7 tahun. 

Pembelajaran sistem online di era digital sekarang yang sudah tidak asing lagi bagi setiap orang tua, membuat pilihan-pilihan kelas di Albata menjadi incaran banyak orang tua untuk bekal pendidikan agama anak di masa depan, walaupun lokasinya di luar sekalipun. Karena di Albata tersedia kelas online dan offline yang sangat membantu dan efisien buat anak-anak yang tidak tinggal di sekitaran kota Surabaya.

Salah satu kelas online yang bisa kamu pilih di Albata adalah TPQ Kids Online Group.

TPQ Kids Online Group ini merupakan salah satu Tempat Pendidikan Quran yang dikhususkan untuk anak usia 3 hingga 7 tahun. Untuk waktu pembelajarannya dalam satu bulan adalan 8 kali pertemuan dengan durasi belajar 40 menit, dengan biaya iuran bulanannya perbulan adalah Rp. 199.000,-

  • Materi dan sistem pembelajaran yang ditawarkan di kelas ini adalah :
  • Berdasarkan Quran dan Sunnah
  • Menggunakan pembelajaran Fun Learning
  • Pengajaran terbaik dan efektif, 1 kelas maksimal 5 murid dengan 1 guru pengajar
  • Memiliki kredibilitas pengajar terbaik, diseleksi dari Universitas ternama
  • Pembelajaran menggunakan aplikasi ngaji online TalkCloud+ (aplikasi khusus edukasi anak yang sudah kids friendly) bukan Zoom.
  • Kelasnya bisa diikuti dari mana saja.

Kenapa Harus Memilih Albata Sebagai Tempat Edukasi Pendidikan Agama Anak?

1. Tersertifikasi Montessori

Bersama Albata, selain akan mendapatkan pendidikan Agama dari ilmu dasar, anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan karena pendekatan pembelajarannya melalui fun learning yang sudah tersertifikasi montessori.

2. Pembelajaran Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah

Al-Qura'an dan Sunnah menjadi acuan utama dalam pembelajaran yang digunakan oleh Albata sebagai landasan dan nilai yang digunakan oleh semua pengajar.

3. Memiliki Kurikulum Terbaik

Lembaga pendidikan Agama Islam yang memiliki fokus ilmu pada Tauhid, Fiqh, Tahsin, Tahfidz, Adab, dan Sirah.

4. Pengajar yang Kompeten

Memiliki pengajar (guru) yang kompoten di bidang agama yang dipilih berdasarkan hasil seleksi dari beberapa pilihan Universitas ternama.

Cara Mendaftar di Kelas Belajar Mengaji Anak Bersama Albata

Untuk orang tua yang ingin mendaftarkan anak-anaknya di Albata bisa langsung ke website resminya di www.albata.id atau bisa langsung tanyakan seputar syarat pendaftaran di akun Instagramnya melalui DM @albata.id

Kesimpulan

Di zaman sekarang dengan segala kemudahan yang sudah kita peroleh baik itu untuk mencari informasi dan bahkan untuk mendalami pelajaran agama sekalipun bisa dilakukan dari jauh, sejauh apapun tanpa harus kamu repot-repot harus datang ke lokasi. 

Begitu pun dengan Lembaga Pendidikan Islam Albata. Tempat belajar mengaji anak yang memudahkan orang tua untuk memberikan bekal pendidikan agama pada anak dari usia dini dengan berbagai pilihan kelas baik offline maupun online yang bisa di akses dimana pun.

Apalagi berdasarkan informasi dari website resmi Albata, hingga Agustus 2022, tercatat sudah 9.500 santri/murid yang belajar di Albata. Hal ini membuktikan kualitas yang dihasilkan dan diperoleh oleh anak-anak yang belajar di Albata sangat memuaskan karena sesuai seperti yang diharapkan oleh setiap orang tua baik yang belajar melalui TPQ online maupun offline.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat belajar mengaji anak yang tepat sasaran kamu bisa daftarkan di Albata dan buktikan kualitas dan ilmu yang akan di dapat oleh anak-anakmu. Semoga bermanfaat.

Related Posts

14 comments

  1. Metode daring gak hanya simple buat yang sekolah, kuliah maupun kerja aja, tetapi buat belajar mengaji pun bisa dilakukan. Barakallahu dengan kemudahan ini ya kak

    ReplyDelete
  2. Ulasan keren nih dari Kak Pida. Ayo ayah bunda yang mungkin mau mengirim anaknya ke tempat ngaji bisa baca artikel ini ya.

    ReplyDelete
  3. Albata emang bisa jadi rujukan ya. Kebetulan saya dan suami pun kan pengelola Sekolah Mengaji nih di kampung. Cuma ya masih tradisional. Tapi kami juga mengedepankan kurikulum yg sama. Saya bisa adopsi banyak nih metode pembelajarannya

    ReplyDelete
  4. Albanta ini ada kelas onlinenya juga ya Mba. Saya milihnya anak belajar ngaji di TPQ dekat rumah. Guru ngajinya juga sama dengan guru anak waktu TK

    ReplyDelete
  5. Saya setuju banget dengan poin kualifikasi pertama Mbak Pida. Proporsi jumlah antara guru dan murid menjadi perhatian utama saya saat ingin mendaftarkan anak di sekolah khusus mengaji. Jumlah anak harus sesuai dengan kemampuan dan waktu guru dalam memberikan ilmu. Tidak mengantri terlalu lama sehingga anak merasakan bosan dan ngantuk. Semi private, 1 guru banding 5 murid adalah yang paling tepat. Guru bisa lebih konsen melatih secara individu dengan anggota kelompok yang tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  6. asyik nih kualifikasi nya.
    jadi manteb kan kalo ortu paham gimana metodenya.
    makasiiii sharing nya yah

    ReplyDelete
  7. Konsisten mengajarkan mengaji untuk anak ini kudu teliti, karena anak-anak masanya bermain, sehingga Ustadzahnya juga harus memahami kebutuhan dasar sang anak tersebut. Dengan bantuan mengaji di Albata, semoga anak-anak jadi menyukai aktivitas mengaji dan mendapat ilmu yang bisa diamalkan.

    ReplyDelete
  8. Wah, jumlah anak dalam kelas dan jumlah gurunya ideal nih. Jadinya makin fokus perhatian saat mengajar dan mendampingi anak.

    ReplyDelete
  9. ternyata ada tempat mengaji untuk anak-anak secara online yaa? anakku saat ini belajar ngaji di rumah tetangga. jadi penasaran pengen mengikutkan anak saya ngaji online juga

    ReplyDelete
  10. Wah sekarang ada ngaji online juga ya. Bagus nih untuk yang terkendala tidak bisa ngaji secara tatap muka seperti pada umumnya. Yang penting anak-anak bisa mendapatkan pendidikan agama sejak dini bagaimanapun caranya ya

    ReplyDelete
  11. Lazimnya kalau memilih tempat belajar ngaji itu, pilih yang terdekat saja. Pasalnya, pemikiran banyak ortu, sekolah umum lebih penting dan lebih diprioritaskan. ini salah kaprah yang banyak terjadi di masyarakat.
    Saya belum menentukan Giandra akan ngaji di mana, padahal setelah lebaran kelas-kelas dibuka. Ada rasa khawatrir juga jika akan kesulitan karena ia belum juga hapal ABCD. Huhuhu.
    Kayaknya mending yang online dan punya basis Montesori ini ya. Lebih promising dalam hal kenyamanan anak belajar.

    ReplyDelete
  12. Menarik ini...bisa menjadi alternatif pilihan bagi ibu yang kesulitan mencari TPA atau tempat mengaji buat anaknya. Bisa terus belajar meskipun dari rumah..

    ReplyDelete
  13. Ilmu agama penting banget untuk anak. Saya jadi inget kecil dulu ngaji di kampung dg guru lulusan pondok. Cepet nyantol ngajinya.

    ReplyDelete
  14. Wah menarik nih. Aku kebetulan lagi nyari nih tempat ngaji anak secara online. Biar bisa maksimal ya, gak cuma offline aja. Ceki-ceki Albata ini ah. Siapa tahu bisa cocok nih buat anak ke-3 dan ke-4 aku.

    ReplyDelete

Post a Comment