5 Aplikasi Point Of Sale Solusi Berwirausaha dan Praktis

20 comments
Konten [Tampil]
rekomendasi aplikasi point of sale untuk bisnis usahamu

Saat kamu berkunjung ke cafe-cafe pasti akan terlihat pemandangan dibagian kasir toko yang menggunakan aplikasi Point Of Sale untuk membantu kinerja mereka saat melayani pelanggan ketika ingin membayar.

Nggak heran sih, menilik berbagai aplikasi canggih dan mudah yang ditawarkan di zaman sekarang tentu pemilik-pemilik cafe tersebut akan memanfaatkannya dengan maksimal, selama membantu dan mempermudah kenapa tidak, iya kan 😉

Termasuk aku pribadi pastinya.

Mempunyai usaha kecil-kecilan di rumah yang menjual berbagai kebutuhan alat tulis kantor dengan printilan produk-produknya yang sangat beragam. Pada awal-awal aku mencatat secara manual semua barang masuk dan keluar (barang yang sudah dibeli) pada buku khusus barang.

Karena kebetulan usahanya kecil, jadi bagian mencatat ini aku nyatatnya sendiri tanpa bantuan adikku yang kebetulan aku tugaskan untuk menjaga toko. 

Setelah beberapa bulan jalan, kok makin ke sini aku kewalahan nyatat barang masuk dan keluarnya. Isenglah cari di Google tentang aplikasi kasir dan ternyata ada banyak pilihan sampai bingung milihnya. Akhirnya dicobalah semua, hingga ada satu aplikasi kasir toko yang buat aku nyaman hingga sekarang.

Apa Itu Aplikasi Kasir Toko Gratis?

Aplikasi kasir atau aplikasi poin of sale adalah tempat pembayaran para pelanggan saat membeli sebuah produk. Biasanya aplikasi POS (Point Of Sale) ini akan sering kamu temui dan lihat di minimarket atau restauran-restauran yang digunakan melalui mesin, tablet, smartphone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang mendukung untuk transaksi di toko.

Untuk beberapa aplikasinya bisa di akses baik secara online maupun offline, tergantung kebutuhan pemilik usaha bisnis.

Apa Manfaat Aplikasi Kasir?

Semakin canggih dan berkembangnya teknologi, dengan adanya sistem pos kasir dengan menggunakan aplikasi kasir toko dapat dengan mudah mengembangkan bisnisnya kamu dengan layanan fitur-fiturnya yang multi manfaat dan sangat praktis.

Berikut kelebihan manfaat aplikasi kasir yang wajib kamu ketahui:

1. Menghemat Waktu Saat Mengontrol dan Mengawasi Persediaan (Stok)

2. Mempermudah Pembuatan Laporan Keuangan

3. Menyediakan Pelayanan yang Lebih Cepat untuk Pelanggan

4. Dapat membantu Strategi Toko

5. Menghemat waktu dan biaya untuk pemeliharaan dan perawatan

Ceritaku Bersama Beberapa Aplikasi Point Of Sale yang Aman dan Praktis

5 pilihan aplikasi kasir toko gratis

Sebagai pemilik unit usaha, aku nggak hanya mengenal satu aplikasi POS saja tapi ada beberapa yang sudah pernah aku coba dan menikmati semua fasilitas dari aplikasinya.

Nah, berikut 5 aplikasi kasir android gratis yang sudah pernah aku coba dan juga bisa kamu coba untuk membantu kepraktisan usahamu saat proses pelanggan membayar. Mana tahu bisa jadi rekomendasi kamu dan teman-teman lainnya juga yang sedang mencari alternatif lain untuk kasir toko

1. Kasir Pintar

Kair Pintar merupakan salah satu aplikasi kasir android gratis yang bisa kamu akses dan manfaatkan kapan saja tanpa harus menghubungkan ke internet. Hal ini membuat Kasir Pintar menjadi alternatif wirausahawan lebih praktis saat proses pembayaran dengan pelanggannya. 

Memanfaatkan sistem cloud, aplikasi satu ini bisa diakses baik secara online maupun offline dengan kemudahan pemakaian navigasi sehingga bisa digunakan oleh siapapun.

Uniknya dengan Kasir Pintar, jika kamu ingin mengirim struk pembelian kepada pelangan bisa dikirim melalui whatsaap dan email. Sangat praktis bukan.

2. Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir offline lainnya yang aku rekomendasikan untuk membantu usaha bisnismu adalah Kasir Toko Portable. 

Aplikasi Kasir Toko Portable adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan dan dimanfaatkan melalui handphone android sebagai alat bantu untuk kasir yang sangat mudah, praktis dan memiliki layanan fitur yang lengkap.

Kelebihan aplikasi POS ini adalah karena memiliki fitur andalan yaitu manajemen stok. Kamu bisa mengecek persediaan dan pengeluaran barang hanya dengan satu aplikasi saja. Selain itu, aplikasi Kasir Toko Portable bisa diakses sepuasnya secara gratis tanpa batasan setiap bulannya.

Cara login kasir toko portable pun tergolong mudah, hanya admin/pemilik/karyawan toko saja yang harus mendaftarkan akunnya.

3. Aplikasi Point Of Sale Smartlink

Aplikasi kasir offline lainnya adalah Smartlink. Aplikasi Smartlink ini dikhususkan untuk menjadi partner bisnis dibidang laundry yang berbasis teknologi digital. Buat kamu yang memiliki bidang usaha yang sama cocok banget mengoptimalkan pemakaian aplikasi kasir android gratis ini untuk membuat manajemen laundry kamu jadi lebih baik, aman, efektif dan super efisien.

4. Olsera Pos

Aplikasi kasir toko gratis lainnya adalah Olsera Pos. Dengan Olsera Pos apapun bentuk usaha bisnis yang kamu miliki untuk pengelolaan pembelian dan penjualannya, pelacakan persediaan secara detail hingga menerima pesanan dan reservasi bisa dengan satu aplikasi Olsera Pos saja.line.

Dengan aplikasi Olsera Pos semua usaha seperti restoran, cafe, stand makanan/minuman cepat saji, laundry hingga pes store sekalipun yang membutuhkan pencatatan penjualan dan inventori yang tepat dan akurat sangat rekomen jika menggunakan aplikasi kasir android satu ini.

5. Aplikasi iReap POS

Aplikasi kasir offline iReap POS

Yang terakhir ada iReap POS yang merupakan aplikasi POS yang bisa diakses secara online maupun full offline, yang sudah dikembangkan untuk membantu usaha bisnis dalam mengatur dan menjalankan operasional toko seperti sistem pos kasir dan sistem yang mengelola barang.

Yang harus kamu ingat adalah iReap POS memiliki layanan Lite (gratis) dan Pro (berbayar). Bedanya, untuk Ireap POS Lite memang dikhususkan untuk pengusaha mikro UMKM dan hanya tersedia dalam versi mobile saja. Berbeda dengan iReap POS Pro yang bisa diakses dari semua perangkat baik melalui PC, table dan Hp berbasis android.

Kalau usaha kecil seperti aku lebih aku sarankan dengan iRreap POS Lite saja karena akses gratisnya seumur hidup dan lagi kasirnya hanya aku saja, belum ada pegawai. Lain cerita kalau usahaku sudah besar dan banyak pegawai baru akan sangat cocok untuk upgrade aplikasi kasirnya ke yang iReap POS Pro.

7 Alasan Kenapa iReap POS Menjadi Solusi Jitu Berwirausaha, Aman dan Praktis

1. Memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan, interaktif, dan praktis tanpa harus meminta bantuan dari orang lain.

2. Memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari pencatatan penjualan, stok persediaan, menganalisa keuntungan, dan sebagai pemilik kamu bebas mengankses kapan dan di mana saja.

3. Bebas dan bisa digunakan di perangkat apa saja, dengan hasil cetakan dari printer yang menyesuaikan dengan budget pemilik usaha.

4. Bersama iReap POS kamu bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis usaha kamu mulai dari satu toko hingga ratusan toko sekaligus dengan memiliki banyak kasir di dalamnya yang juga bisa mengakses aplikasi POS dari satu akun untuk semua perangkat.

5. Aplikasi iReap POS dibangun dan didesain oleh tim yang berpengalaman tingkat kelas dunia yang sudah berkecimpung selama 20 tahun, yang sudah menangani mulai dari usaha ritel kecil, menengah sampai perusahaan besar dan multi nasional.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang aplikasi kasir iReap POS dan nikmati semua fiturnya dengan mengunduh aplikasi kasir android gratis iReap POS Lite.

Nah, itu dia 5 aplikasi mesin pos kasir yang bisa membantu dan mempercepat tugas kasir selama melayani pelanggan di tokomu.

Semoga beberapa pilihan rekomendasi aplikasi Point Of Sale ada yang cocok untuk tokomu yaa.

Related Posts

20 comments

  1. Urusan pencatatan keuangan ini nih, amat terbantu ya buat para pelaku usaha dengan aplikasi kasir, sehingga meminimalisir human error' misalnya ada yang kecatat

    ReplyDelete
  2. yang saya cari nih
    Selama ini saya membantu UMKM dalam akutansi sederhana
    mereka butuh aplikasi agar bisa memantau uang masuk dan keluar
    Tapi mereka keberatan kalo harus online terus menerus
    Ternyata iReap POS memberi solusi

    ReplyDelete
  3. Saya baru ngeh dong aplikasi-aplikasi ini, sangat membantu banget tentunya buat para pebisnis UMKM, agar usahanya bisa lebih berkembang dengan pencataan transaksi bisnis pakai aplikasi tersebut

    ReplyDelete
  4. Dari usaha kecil, menengah hingga multi nasional menggunakan aplikasi point of sale karena banyak sekali benefitnya menggunakan ini.
    Mendikung usaha kita lebih tersistem tapi tetap tanpa ribet.

    ReplyDelete
  5. Wah, kebetulan nih, ada saudara yang baru saja merintis bisnis cookies dan aneka kue tradisional. Bisa nih aku rekomendasiin aplikasi point of sale seperti ini. Gak pusing-pusing mengelola bisnis, biar fokus pada peningkatan mutu product... Makasih kak...

    ReplyDelete
  6. Saat ini sedang digalakkan program UMKM dan sepertinya aplikasi kasir seperti ini pasti dibutuhkan bangeet untuk mereka, ya.
    Karna kalau kecatat manual rawan terjadi selisih.

    ReplyDelete
  7. Canggih ya. Kemajuan teknologi benar-benar membawa manfaat. Selain efisien dan efektif juga paperless. Kalo semua bisa digital, berkurang kebutuhan akan kertas, kelestarian bumi pun dapat terjaga. Jadi sebenarnya aplikasi-aplikasi seperti ini tuh komplit manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Aku sekarang jadi seneng banget merhatiin aplikasi kasir yang digunakan sebuah usaha. Kadang kepo banget karena kini semakin banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk terus memantu sebuah usaha. Kini, ada banyak pilihan aplikasi kasir yang sesuai dan user friendly.

    ReplyDelete
  9. Makin banyak aja aplikasi kasir yang membantu pekerjaan di kasir sekarang ini ya kak. Tinggal kita aja mau make yang mana. Semua ada kelebihannya masing-masing🥰

    ReplyDelete
  10. Kalau ada aplikasi point of sale begini tugas kasir makin ringan pasti. Beneran jadi solusi berwirausaha yang aman dan praktis

    ReplyDelete
  11. Point of Sale, bisa jadi solusi dalam pengelolaan keuangan usaha yang lebih rapi dan bisa lebih mudah terpantau ya. Terus lebih praktis karena sekali input bisa bikin berbagai jenis laporan

    ReplyDelete
  12. Enaknya zaman sekarang ya, punya usaha gak perlu bingung lagi untuk pencatatan keuangannya karena udah banyak aplikasi seperti iReap ini yang memudahkan banget. Apalagi dilengkapi pula dengan fitur unggulan lainnya yang dibutuhkan para pelaku usaha

    ReplyDelete
  13. wah jadi mempermudah banget urusan keuangan kasir ya kak, dengan aplikasi point of sale semua jadi simple dan terorganisir dengan baik

    ReplyDelete
  14. Buat yang punya bisnis online cocok banget nih pakai aplikasi kasir I reap biar lebih memudahkan dalam mengelola keuangan

    ReplyDelete
  15. Zaman sekarang mau berbisnis makin banyak kemudahannya ya. Ada aplikasi2 kasir yang bisa dimanfaatkan supaya bisa bahus manajemen keuangan usahanya. Dari mulai gratis sampai berbayar dengan fitur lengkap pun ada TFS infonya.

    ReplyDelete
  16. Saat ini aplikasi POS menjadi sebuah kebutuhan penting bagi pelaku usaha
    agar urusan transaksi keuangan semakin efisien ya

    ReplyDelete
  17. Wahh aplikasi point of sale ini membantu banget buat kerapian finansial dan margin usaha kita, ya mbak. Semoga makin banyak pelaku umkm yang terbantu dengan adanya aplikasi ini.

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang ya, semua serba mudah, praktis, dan banyak yang gratis. Basisnya aplikasi ini bikin siapa pun bisa mengurusi hal-hal yang berbau pembukuan, akuntansi, dan juga perkasiran. Padahal dulu, ini tuh hal yang sulit dan ribet. Kudu pada tahu nih yang punya usaha dengan aplikaso POS ini.

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata aplikasi kasir itu ada banyak ya mba. Saya baru kenalan sama iReap POS aja soalnya. Jadi penasaran mau kepoin yang lainnya

    ReplyDelete

Post a Comment