Usaha Ternak Modal 5 Juta Terbaik Pemula Untung Banyak

Konten [Tampil]
Usaha ternak modal 5 juta raup untung sebanyak-banyaknya
Hewan ternak apa sih yang cocok dijadikan usaha ternak modal 5 juta? Memangnya ada?

Ya tentu ada dong. Sebenarnya untuk besaran modal memulai usaha ternak dengan jenis hewan apapun tergantung sebagai pemiliki modal ini usaha yang besar atau hanya sekadar kecil-kecilan yang sesuai budget yang dimiliki.

Dengan modal kurang dari 5 juta pun pasti akan bisa mendirikan usaha ternak, asalkan pemilik usaha bekerja keras dan betul-betul memperhatikan segala sesuatunya yang berkaitan sama usahanya tersebut.

Nah, di postingan kali ini aku akan membahas usaha ternak modal 5 juta yaitu ternak itik atau bebek. 

Kenapa bebek? 

Karena menurutku usaha bebek ini tergolong mudah dan cara budidaya bebek pun tidak terlalu ribet dan gampang sekali. Apalagi kalau lingkungan sekitar usahanya mendukung, terutama di daerah pedesaan atau perkampungan yang masih ada kawasan rerumputannya.

Persiapan Awal dan Mudah untuk Pemula Cara Budidaya Bebek

Bisnis ternak bebek selain bisa mendatangkan keuntungan dari usahanya, ternyata merupakan usaha bisnis yang akan berkelanjutan. melihat dari kebutuhan bebek yang tidak akan terputus, apalagi kalau sudah mendapat langganan ke restoran-restoran yang menyajikan berbagai menu dari bebek.

Ngomongin usaha ternak bebek, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk memulai bisnis ternak bebek ini untuk agar usaha bisnis yang dijalankan akan berakhir dengan baik dan mendatangkan banyak keuntungan.

Baca juga :

Apa saja persiapan awal untuk pemula agar cara budidaya bebek berjalan dengan lancar?

1. Membuat Konsep Usaha

Tujuan dari cara membuat konsep bisnis adalah untuk melihat dan seperti apa tujuan dari bisnis ternak bebek yang akan kamu rintis nantinya. Apakah akan menjual daging bebeknya saja atau tulur bebeknya saja atau bahkan dua-duanya sekaligus?

Dengan kamu sudah menetukan dua konsep utama ini nantinya kamu bisa fokus saat menjalankan usahanya. 

2. Membuat Kandang Bebek

Persiapan lainnya adalah membuat kandang untuk bebek. Untuk ukuran kandangnya kamu hanya perlu menyesuaikan seberapa banyak bebek yang nantinya akan kamu pelihara. 

Dengan usaha ternak modal 5 juta tentu saja jumlah bebek yang akan dipelihara nantinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga, jadi untuk kandangnya bisa kamu siapkan sesuai jumlah ekor bebek yang akan dipelihara.

3. Memilih Bibit Bebek Peking dan Bibit Bebek Petelur

Memilih bibit bebek peking dan bibit bebek petelur


Setelah kandang disiapkan, kini saatnya memilih bibit itik petelur. Memilih bibit bebek ada banyak yang harus diperhatikan, terutama umur si bibit bebeknya, kesehatannya, dan seberapa banyak bibit yang kamu perlukan. Jangan lupa sesuaikan dengan ukuran kandang yang sudah disiapkan sebelumnya ya. Supaya tidak overload.

4. Siapkan Pakannya

Untuk menunjang pertumbuhannya kamu harus memperhatikan pakannya. Siapkan pakan yag berkualitas, mengandung protein, energi dan mineral agar tumbuh kembangnya bebek lebih baik dan terhindar dari penyakit ternak.

Untuk harga pakan bebek petelur ini pun beragam, jadi harus kamu sesuaikan saja dengan bisnis modal 5 juta yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

5. Perawatan Bebek

Selain harus menyediakan makanan bebek agar cepat besar, kamu juga harus memperhatikan perawatannya. Seperti kebersihan kandangnya agar terhindar dari penyakit dan lakukan pengecekan secara rutin untuk melihat kondisi bebek di kandang.

6. Menghitung Anggaran untuk Usaha Bisnis Modal 5 Juta

Untuk menghitung anggaran bisnis modal 5 juta kamu bisa mulai menghitungnya dengan biaya membuat kandangnya. Untuk bisnis modal 5 juta untuk jumlah bebeknya bisa kamu upayakan sebanyak 100/50 ekor dengan kisaran harga Rp.7.500/ekornya.

Biaya pakannya, vitamin dan beberapa biaya perawatan lainnya yang diperlukan juga biaya operasional dan biaya cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan.

7. Menjalin Kerjasama

Persiapan terakhir adalah kamu harus mempunyai mitra saat menjalankan bisnis ternak bebek. Tujuannya agar kamu memiliki supplier untuk membantu kelancaran usaha bisnismu. Terutama ke restauran atau warung-warung yang pasti mereka akan selalu butuh bebek untuk menu mereka dan juga telur bebek.

Baca juga :

Keuntungan Bisnis Ternak Bebek yang Mendatangkan Banyak Untung

Ada banyak alasan kenapa orang-orang di desa lebih memilih bisnis ternak bebek ketimbang ternak yang lainnya, selain karena bebek bisa dipelihara untuk petelur, juga bisa berbisnis dari segi dagingnya yang banyak dibutuhkan orang hingga kapan pun seanjang waktu.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih bisnis ternak bebek dengan usaha ternak modal 5 juta kamu bisa memulai usahanya tanpa harus memikirkan banyak modal dan lainnya, terutama buat kamu yang berdomisili di daerah pedesaan.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis bebek ternak

1. Permintaan Bebek Tinggi Setiap Harinya

Untungnya kalau bisnis ternak bebek adalah salah satunya permintaan bebek yang selalu tinggi, nggak cuma dagingnya saja, tapi bagian telurnya juga. Apalagi kalau kamu sudah menjalin ekrjasama dengan beberapa restauran dan warung-warung permintaan untuk bebeknya akan semakin tinggi.

2. Cara Peliharanya Tidak Ribet

Memelihara bebek termasuk gampang dan mudah banget. Apalagi kalau kamu tinggal di dekat sungai atau daerah dekat perairan dan rerumputan akan sedikit mengurangi biaya pakannya. Karena selain menyukai alam bebas, bebek juga terkadang makan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar kandangnya.

Apalagi untuk bebek yang bertelur, mereka cuma bertelur di waktu dini hari atau pagi hari, jadi kamu hanya sibuk di waktu pagi hari saja, selain itu kamu bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

 3.  Minim Resiko Kerugian

Karena bebek termasuk ternak yang tidak mudah terjangkit penyakit karena kekebalan tubuhnya yang lebih kuat dari pada Ayam dan jarang suka berkelahi atar sesamanya sehingga menimimalisir terjangkit penyakit.  

4. Bagian Tubuh Bebek Semua Bisa Dimanfaatkan

Untungnya bisnis ternak bebek adalah semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan tanpa terkecuali. Termasuk bagian kotorannya yang bisa dijadikan pupuk kandang, bagian bulunya bisa dijadikan pembersih debu, dan bagian daging dan telurnya yang sudah jelas bisa dikonsumsi.

5. Harga Telur yang Stabil

Karena harga telurnya lebih stabil jadi kamu bisa memperkirakan keuntungan yang di dapat dan lebih jelas.

6. Jadi Bisnis Usaha Bercabang

Kenapa aku bilang bercanag? Karena selain bisa menjual daging bebek dan telur bebek, kamu juga bisa berbisnis telur asin sekaligus. Jadi telur yang dihasilkna oleh bebek sebagian bisa kamu jual ke supplier, sebagian lagi bisa kamu alihkan ke bisnis telur asin. Mendatangkan banyak bisnis dan untung bukan 😉

Yuk, Usaha Ternak Modal 5 Juta

Sudah yakin dong untuk memulai bisnis usaha ternak modal 5 juta doang? Nggak pakai ribet, mudah dijalaninya juga, nggak bikin kewalahan, yang asyiknya bisa dijalankan bersama keluarga, dan bisa bisnisnya bisa dijalankan dekat rumah.

Dengan bisnis ternak bebek kamu hanya perlu memikirkan modal untuk perawatan, membeli pakan, dan perlengkapan selama memelihara bebeknya, plus kandangnya. Selain itu, kamu hanya perlu memeliharanya. Semudah itu. Tunggu apa lagi, yuk mulai usaha ternak modal 5 juta dengan bebek.

Related Posts

Post a Comment