7+ Tips Kehamilan Sehat : Aman Sampai Melahirkan

Konten [Tampil]

Mencari referensi yang berhubungan dengan tips kehamilan sehat memang sangat penting sekali bukan. Tidak hanya diperuntukkan buat mereka yang sedang hamil saja, tapi juga buat mereka yang belum dan akan atau bahkan yang sedang melakukan program hamil sekalipun tidak ada salahnya buat persiapan.

Tips kehamilan sehat untuk calon ibu dan jani yang ada di dalam kandungan

Kehamilan sendiri merupakan sebuah anugrah spesial yang menjadi momen penting bagi seorang wanita. Walaupun sebuah kehamilan adalah sebuah anugrah dan ungkapan rasa syukur yang dialami oleh kaum wanita, tak jarang selama masa kehamilan masih ada yang mengeluhkan ini itu karena bentuk dari rasa sakit yang kerap terjadi pada ibu hamil.

Makanya itu kehamilan sehat sangat diperlukan buat kesehatan si calon ibu sendiri. Nggak hanya pada ibu hamil saja sebenarnya, untuk janin yang ada di dalam kandungan pun akan berdampak lebih baik karena nutrisi dan perlindungan yang diberikan oleh ibu hamil selama masa kehamilan berlangsung.

Seperti Apa Sih Kehamilan Sehat?

Sebagai tanda apakah seorang ibu hamil sedang mengalami kehamilan sehat atau tidak, bisa langsung melakukan pengecekan dengan dokter kandungan atau bisa juga kenali tanda-tandanya secara mandiri yang pasti akan ada dirasakan selama masa kehamilan.

  1. Mual dan muntah
  2. Tidak menyukai makanan tertentu dan bau-bauan
  3. Seringnya buang air kecil
  4. Nyeri dibagian payudara
  5. Mudah lelah
  6. Kontraksi pada perut
  7. Mood swing
Walaupun ada beberapa calon ibu yang juga tidak mengalami satu dari beberapa tanda-tanda kehamilan sehat di atas, bukan berarti kondisi si ibu hamil tidak sehat ya. Justru ada beberapa juga yang malah calon ibunya tidak mengalami tanda-tanda atau gejala dari tujuh poin di atas tapi kondisi kehamilannya sehat-sehat saja.

Balik lagi, ini semua tergantung kondisi si ibunya yang sehat-sehat tapi tetap aman karena tidak mengalami hal tersebut bukannya lebih bagus kan ya. Jadinya nggak banyak mengeluh dan gampang stres juga.

Nah, supaya ibu-ibu hamil diluaran sana tidak terlalu banyak mengeluh karena sakit, atau pegal dan keram, nggak ada salahnya loh untuk mempersiapkan dan mencari tahu bagaimana sih cara agar sewaktu hamil badan tetap fit, aktifitas lancar, si janin dalam perut juga aman dan nyaman?

Salah satunya adalah dengan menerapkan beberapa tips saat hamil yang bisa diterapkan di rumah dan dibantu oleh suami maupun keluarga terdekat sebagai support sistemnya.

8 Tips Kehamilan Sehat yang Efektif untuk Ibu Hamil dan Bayi di Dalam Kandungan

Pentingnya seorang ibu hamil menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat adalah karena apapun yang menjadi asupan si ibu akan berhubungan sama bayi di dalam kandungan. Makanya dari itu sangat penting sekali seorang ibu hamil menjaga kesehatannya selama 9 bulan selama masa kehamilan.

Menjaga ibu hamil tetap sehat sebenarnya pun gampang-gampang susah sih, apalagi kalau mood ibu hamilnya lagi di kondisi yang nggak bisa diatur, pasti akan butuh kesabaran yang ekstra banget. 

Namun tidak ada salahnya juga suami atau keluarga terdekat membantunya agar tetap dalam ruang lingkup kesehatan yang bagus demi si ibu dan calon anaknya. Nah salah satunya dengan cara menerapkan tips kehamilan secara perlahan-lahan kepada ibu hamil.

Tips hamil sehat sampai melahirkan yang efektif

1. Makan Makanan Bergizi

Dengan menerapkan pola makan sehat akan berpengaruh baik kepada bayi yang ada dalam kandungan. Untuk itu menjaga setiap asupan dan godaan ingin makanan yang tidak sehat sebaiknya ditahan dulu ya agar selama masa kehamilan alon ibu tidak gampang sters dan tetap selalu sehat dan bayi dalam kandungan tidak rewel.

2. Minum Vitamin

Walaupun ibu sudah menjaga pola makannya, minum vitamin selama masa kehamilan juga sangat dianjurkan ya. Karena salah satunya adalah untuk mendukung dalam menjalani pola hidup sehat demi terwujudnya kehamilan sehat.

Selain hidup sehat bisa di dapat melalui makanan sehari-hari, dengan dukungan meminum vitamin akan membantu memenuhi sekaligus memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

3. Olahraga Rutin

Bukan berarti karena dalam kondisi hamil, olahraga dilarang, justru sebaliknya. Selama masa kehamilan olahraga rutin justru sangat baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, mengurangi stres saat hamil, hingga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Yakin masih nggak mau olahraga walaupun dalam keadaan hamil sekalipun?

Untuk durasi waktu kamu bisa melakukannya 30 menit setiap harinya. Adapun jenis olahraga ringa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil seperti jalan santai (waktu pagi hari lebih bagus), berenang, bahkan yoga sekalipun, dan senam yang dikhususkan untuk ibu-ibu hamil.

4. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Pertambahan berat badan menunjukkan adanya kebaikan dari status gizi yang dimiliki oleh ibu hamil dan perkembangan janin yang bagus di dalam kandungan. Untuk itu pertahankan atau naikkan berat badan normal yang disarankan untuk ibu hamil.

5. Banyak Konsumsi Air Putih

Dengan banyak mengonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan ibu hamil agar asupan cairan dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahin untuk dapat diterima oleh janin dan sekaligus untuk meningkatkan sistem imun.

6. Tidur Cukup

Karena selama hamil rasa ngantuk sering datangnya di waktu siang hari, jadinya di waktu malam malah jadinya nggak bisa tidur. Karena masalah ini akan berakibat pada kurangnya jam tidur.

Solusinya adalah di saat kamu merasa ngantuk, kapan pun itu, maka segerahlah untuk tidur. Dengan kamu sering-sering tidur maka jam tidurnya akan terpenuhi hingan akan berdampak baik untuk masa kehamilan sehat.

7. Hindari Stres Berlebih

Alasan lain kenapa dibutuhkan waktu tidur yang cukup adalah untuk menghindari stres dan banyak pikiran pada ibu hamil. Jika si ibu sedang stres maka hal ini tidak akan baik pada kondisi janin dalam kandungan.

Untuk itu cari tahu, dan keluarkan uneg-uneg dengan cara bercerita dengan suami, teman dan keluarga terdekat untuk menghilangkan stres.

8. Memeriksa Kesehatan Secara Rutin

cara mengetahui janin sehat tanpa usg

Ini poin yang paling penting dan harus sangat menjadi perhatian. Karena walaupun ibu hamil sudah melakukan 7 poin dari tips kehamilan sehat di atas, tapi tidak dibarengi dengan periksa rutin kesehatan ke dokter maka kehamilan sehat yang akan di dapat kurang maksimal.

Setidaknya lakukan pengecekan rutin pada bayi yang ada dalam kandungan beserta kondisi kesehatan si ibu dengan berkunjung ke Kliniki Kehamilan Sehat dengan pelayanan berkualitas.

Tips Hamil Sehat Sampai Melahirkan Bersama Klinik Kehamilan Sehat

Kamu sedang ingin melakukan program hamil sehat dan ingin melakukan persalinan normal? Ingin mendapatkan kondisi hamil dalam keadaan kehamilan sehat yang baik bukan hanya untuk calon ibu tapi calon bayi yang di dalam kandungan? Dan hal-hal lainnya yang berkaitan sama kehamilan sehat?

Kamu bisa langsung mengunjungi Klinik Kehamilan Sehat.

Kenapa?

Karena Klinik Kehamilan Sehat adalah pilihan dan solusi partner yang pas buat kamu dan terbaik selama masa kehamilan hingga proses persalinan berlangsung.

Klinik ini didirikan oleh Bapak Agus Jatmika Soegiarto, yang kini sudah berbadan hukum dengan nama PT. Kehamilan Sehat Sejahtera. Mulai beroperasi pada tahun 2016, klinik ini memiliki tagline yang sangat menarik dan sangat cocok dengan kaum ibu yang menginginkan masa kehamilan yang sehat.

Klinik Berkualitas Rumah Sakit untuk Lakukan Persalinan Normal.

Klinik ini sudah melayani pasien lebih dari 200.000 pasien dengan beragam pelayanan yang tersedia. Tidak heran bukan, dengan jumlah cabang klinik yang dimiliki mencapai 15 cabang, ke depannya jumlah pasien klinik ini akan terus bertambah seiring ibu-ibu hami membutuhkan kehamilan sehat. 

Pelayanan Klinik Kehamilan Sehat

Menariknya di Klinik KS kamu bisa melakukan berbagai macam pelayanan medis dengan dukungan dan bantuan dari tenaga ahli medis yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya masing-masing, hinga konsultasi terkait kondisi masa kehamilan sekalipun. 

Nah untuk pelayanan yang akan kamu dapatkan di klinik ini diantaranya adalah:

  1. Persalinan normal dengan standar rumah sakit
  2. Program kehamilan
  3. Pemeriksaan kehamilan lengkap, hingga obat dan vitamin
  4. Senam hamil dengan instruktur profesional
  5. Farmasi dan Cek Laboratorium
  6. Poli anak
  7. Pemasangan IUD yang tepat dan aman untuk program KB

Kenapa Kamu Harus Memilih PT. Kehamilan Sehat Sejahtera?

Selain ada banyak pilihan pelayanan yang tersedia, terdapat beberapa alasan yang membuatmu harus dan wajib berkunjung dan berkonsultasi langsung dengan tenaga medis yang ada pada Klinik Kehamilan Sehat, diantaranya:

  1. Memiliki harga lebih rendah dengan pelayanan setara kualitas rumah sakit
  2. Pelayanan yang diberikan setara dengan rumah sakit, termasuk di dalamnya mengikuti semua standar prosedur yang ada seperti di rumah sakit
  3. Memiliki tenaga medis tersertifikasi dan berpengalaman dengan SOP tepat
  4. Transparan dan kejujuran adalah hal yang paling utama yang akan diberikan kepada setiap pasien
  5. Lebih mengutamakan proses persalinan normal yang lebih baik demi mendapatkan pemulihan yang lebih cepat dan masa kehamilan yang lebih sehat untuk calon ibu dan calon bayi yang ada di dalam kandungan 

Dimana lagi kamu bisa melakukan pengecekan rutin dengan harga yang kompetitif dengan pelayanan yang setara dengan rumah sakit tentu klinik KS ini menjadi daya tarik banyak orang. Apalagi yang rumahnya berdekatan dengan ke 15 cabangnya, bisa deh kamu buktikan bagaimana pelayanan berkualitas yang dimaksud ditagline-nya.

Tips Agar Janin Sehat dan Sempurna dan Terhindar dari Stunting

Dengan kamu melakukan persiapan dan periksa kandungan secara rutin dan konsul langsung dengan para ahli, hal ini agar kehamilan sehat yang akan kamu dapatkan secara sempurna dan bayi yang dilahirkan nantinya pun diharapkan tidak stunting.

Stunting sendiri adalah dimana kondisi bayi yang dilahirkan mengalami masalah pada gizi secara kronis. Yang bisa disebabkan karena asupan gizi yang di dapat selama masa kehamilan si ibu yang kurang baik.

Ada nggak sih cara untuk menghindari agar bayi tidak mengalami stunting?

Tentu ada dong. Caranya dengan memperhatikan setiap asupan ibu hamil secara berkala, memerika kandungan secara rutin ke dokter, ibu hamil mendapatkan edukasi dini terkait tips kehamilan sehat demi kebaikan calon bayi dan kondisi si ibunya, dan masih ada banyak lagi salah satunya adalah dengan cara berkunjung ke Klinik Kehamilan Sehat terdekat di kotamu untuk mendapatkan tips agar janin sehat dan sempurna.

Kesimpulan

Menjalani kehamilan sehat tentu saja harus dilakukan dari awal masa kehamilan agar janin yang dilahirkan sehat tidak berkurang satu apapun dan ibunya pun akan terus dalam kondisi sehat sampai melahirkan hingga waktu meng-ASI-hi.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan para ibu untuk kesehatan saat kehamilan, Klinik KS juga hadir melayani para ibu di berbagai kota yang ada di Indonesia untuk membantu memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi sebelum, saat dan sesudah melahirkan.

Buat para ibu yang sedang dalam masa kehamilan jangan lupa untuk terapin tips kehamilan sehat ya. Nah selain itu kamu juga bisa kunjungi langsung nih website resminya Klinik Kesehatan Sehat-nya untuk mengetahui informasi lengkap seputar tips kehamilan sehat dan jangan lupa ikuti akun Instagramnya juga @kehamilansehat

Related Posts

Post a Comment