Cara Mengatasi Redirect di Blogspot: Aman, Mudah, dan Cepat

Konten [Tampil]

Cara mengatasi redirect di blogspot

Cara mengatasi redirect di blogspot? Hmm.. Terasa asing tapi dekat. Iyaa nggak sih? 

Terutama buat pemula kayak aku. Mendengar tentang redirect saja sambil lalu dan abai, tetapi berbeda kalau lagi ada tugas dari kelas yang sedang diikuti, tentang apapun itu akan aku pahami secara kilat demi menuntaskan tugas kelas. Tentang Redirect ini salah satunya.

Masih lanjut dari kelas Blogger Site Audit yang aku ikuti bersama Coach Irwin, ditugas kali ini kami para peserta mendapat titah untuk membasmi semua kode 3xx (redirect) yang diperlukan dengan Screaming Frog.

Eits, jangan lupa baca pengalamanku ikutan kelas Blogger Site Audit dengan Screaming Frog yaa 😉

Apa Itu Redirect?

Katakanlah kamu sedang ingin mengakses URL blogku yang lama melalui address bar browser internet yaitu https://collection-of-books.blogspot.com/, akan tetapi URL tersebut kemudian berubah menjadi URL blogku yang baru yaitu https://pidaalandrian.com/. Nah perubahan link lama ke link yang baru inilah yang disebut sebagai redirect.

Dengan kata lain, redirect adalah pengalihan yang terjadi dari pengunjung situs dari URL sebuah website yang dimiliki ke alamat URL yang berbeda dari yang dimiliki sebelumnya. 

Selanjutnya, apakah hanya pengalihan dari URL lama ke URL baru saja yang dinamakan redirect?

Yang harus kamu ketahui adalah redirect itu sebuah kode status dari 3xx. Nah untuk kode status 3xx sendiri ada beberapa jenis kode redirect dengan arti yang berbeda.

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Kode Status 3xx Redirect?

Jika kamu sedang site audit terus ketemu sama kode 3xx dan kawan-kawan, belum tentu semua kode status 3xx punya permasalahan dan solusinya sama ya. 

Misal, kamu menemukan kode 301 dan 308, nah dua kode itu walaupun sama-sama berasal dari redirect (3xx), untuk penyelesaiannya tidak sama. Ada yang penyelesaiannya cuma hapus link lama terus ganti link baru, ada juga penyelesaiannya link yang ada dihapus dan sebagainya.

Ngomongin redirect dengan kode status 3xx, ada beberapa jenis kode status yang ternyata nggak cuma satu dan dua saja.

1. Multiple Choise - 300

Kode ini muncul disebabkan adanya beberapa versi file di server.

2. Moved Permanently - 301

Kode 301 muncul karena URL websitenya sudah diganti secara permanen dengan URL website yang baru.

3.  Found/Moved Temporary - 302

302 muncul karena link yang diminta ditemukan, tapi tidak berada di lokasi yang dimaksud. Dalam artian link yang diakses tidak ditemukan.

4. See Other - 303

5. 304

6. Temporary Redirect - 307

Status kode yang muncul karena data yang diminta sudah dipindah sementara ke URL yang berbeda. Namun, HTML-nya masih sama.

7. Permanent Redirect - 308

Link yang diminta sudah dipindah ke link yang baru secara permanen, dengan HTML-nya yang juga masih sama.

Bagaimana Cara Mengatasi Redirect di Blogspot dengan Screaming Frog?

Asyiknya bisa join di kelas-kelas site audit seperti yang sedang aku ikuti ini salah satunya adalah mendapat akses premium (ada nomor lisensi) ke Screaming Frog-nya sepuasnya. Yang artinya kamu cukup masukkan URL blog yang kamu punya kemudian biarkan Screaming Frog (si kodok) yang bekerja untuk hasilnya.

Apakah kalau tidak mempunyai nomor lisensinya si kodoknya tidak bisa di akses?

Tetap bisa dong. Hanya saja URL yang di crawl sama si kodok terbatas. Seperti yang sudah aku coba untuk blogku. Tidak menggunakan lisensi hasil crawl-nya terbatas, hanya sekitar 500 link saja, sedangkan saat aku crawl menggunakan lisensi hasil yang di crawl adalah lebih dari 5000-an. sangat jauh sekali bukan.

1. Download dan Install Aplikasi Screaming Frog

Sangat disarankan menggunakan laptop dengan Windows 64bit ya. Karena untuk Windows 32bit belum bisa diakses. 

Setelahnya masukkan kode lisensi dibagian Licence pada menu bagian atas Screaming Frog. Pilih Enter Licence.

Kemudian Screaming Frog siap digunakan untuk blogger site audit.

2. Periksa Berbagai Kode Error yang Dibutuhkan Melalui Fitur Overview di Screaming Frog

Jangan lupa untuk masukkan URL blogmu yang ingin di crawl kemudian klik start, maka hasil crawl akan berlangsung tergantung seberapa banyak link yang kamu punya dan kecepatan jaringan juga harus diperhatikan ya. 

Setelah hasil crawl suah mencapai 100%, saat kamu beralih ke bagian Overview. Di sana kamu akan melihat berbagai macam kode dan semua kebutuhan untuk kamu site audit blogmu. 

Berhubung kita kali ini akan membahas tentang kode status 3xx, maka kamu scroll terus bagian overviewnya hingga muncul "Response Codes". Pada bagian inilah jumlah 3xx akan kelihatan dan siap dibasmi.

3. Cara Mengatasi Redirect di Blogspot dengan Screaming Frog

Di gambar berikut akan terlihat bagian overview yang aku kotakin warna merah. Karena di bagian Overview aku pilih "Redirect (3xx)", maka dibagian yang aku kotakin warna biru disitu kamu bisa melihat di bagian "Response Codes" ada beberapa Address muncul dari berbagai jenis status kode redirect (3xx) yang terlihat dari mulai 301, 302 dan sebagainya.

Cara mengatasi redirect 3xx dengan Screaming Frog

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kode-kode tersebut adalah pilih dan klik salah satu link yang ada dibagian kotak berwarna biru, kemudian perhatikan bagian Inlink dan Outlink.

Oke, biar nggak makin pusing dan muntah karena efek lihat hasil crawl link yang dilakukan Screaming Frog akan aku kasih contoh cara mengatasi redirect 3xx-nya ya.

- Cara Mengatasi Redirect 301

Cara mengatasi redirect 301 di blogspot

JavaScript atau yang sering disingkat dengan JS ini adalah bahasanya pemograman. Kalau peletakan kodenya yang hanya sekadar tanda titik atau satu huruf saja bisa error bablas semuanya. 

Jadi kalau kamu dan aku nggak paham-paham amat tentang perkodean yang ada di dalam JS ini jangan coba-coba. Kecuali memang ada petunjuknya, bisalah dicoba. Hitung-hitung buat belajar juga kan.

Nah ngomongin JS, ternyata di blogku juga ada ini masalah redirect 301 yang harus diperbaiki terkait JavaScript.

Cara perbaikannya:

1. Perhatikan Bagian Inlink

Buka dulu halaman sitemap blog-nya. Kemudian klik bagian Inlink yang ada di Screaming Frog, perhatikan from link errornya dari mana. Ternyata punyaku error-nya ada di  Sitemap blog. Buka halaman sitemap blognya, kemudian cek dan perhatikan link from dan To-nya apakah sudah sesuai. Jika sesuai abaikan, lanjut klik bagian Outlink.

2. Perhatikan Bagian Outlink

Ternyata dibagian outlink, ada link To-nya yang tidak sesuai. Jadi yang harus kamu lakukan adalah fokus saja dibagian outlink. Ganti link yang sama seperti yang ada di from-nya pada sitemap blog dengan link yang ada dibagian To.

Bagaimana? Sudah mulai hoyong dan sakit kepala? Good. Itu tandanya kamu sudah mulai smart 😂😂

Oiya, pengingat buat kamu. Untuk redirect 301 ini kebetulan yang aku kasih contoh adalah error yang terjadi karena JS di Sitemap. Selain JS, ada juga 301 karena pengalihan link secara permanet. 

Hal itu bisa saja terjadi karena dulunya blogku yang masih blogspot.com kemudian berubah jadi (dot)com. Makanya terjadinya redirect (pengalihan) URL secara permanen.

Jika muncul karena redirect ini gampang saja cara perbaikannya. Kamu hanya perlu fokus di bagian Inlink-nya saja dan perhatikan bagian To dan Anchor Text-nya (kamu bisa geser ke bagian kanan.

Setelah masuk ke bagian postingannya, carilah anchor text yang dimaksud kemudian perbaiki dengan link baru. Selesai. Jika anchor text tidak ada, maka kamu harus mengeceknya dibagian HTML postingan. Nanti kamu ctrl +F saja link To-nya, setelah ketemu hapus deh. Mudahkan? 😉

- Cara Mengatasi Redirect 302 di Blogspot

Untuk status kode 302 kamu bisa memperbaikinya hanya dengan melihat bagian inlink-nya saja dan pada bagian anchor text-nya saja. 

Misal seperti pada gambar, pada form linknya menuju ke artikel Eternal Flame. Nah, ternyata di dalam artikel Eternal Flame ada satu internal link (link yang ada di To) yang masih URL blogspot lama blogku. Jadi ketika orang klik link tersebut, linknya ada, tapi halaman yang dituju tidak akan langsung terbuka ke halaman yang dimaksud.

Yang harus kamu lakukan, tinggal ganti saja URL lama (blogspot) ke URL baru dan jangan lupa aktifkan tombol HTTPS di bagian settingnya juga yaa.

Cara mengatasi redirect 302 di blogspot

Kesimpulan

Intinya sih untuk melakukan perbaikan kode redirect 3xx dengan Screaming Frog yang harus kamu lakukan adalah pahami dulu permasalahannya, kemudian teliti, dan fokus jangan lupa. Karena jika kamu tidak melakukan itu, yakinlah sampai muntah, sakit kepala sekalipun masalah nggak akan selesai-selesai.

Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan site audit juga? Yuk coba deh praktekkan. Kalau ada yang nggak kamu paham boleh tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah ya. Nanti aku bantu jawab kalau akunya bisa dan paham 😊

Sebenarnya sih setelah aku tau cara mengatasi redirect di blogspot ini ternyata mudah-mudah saja sih, cuma ya itu kuncinya kita harus paham dan fokus. Maka masalah pun cepat selesainya. So, manteman jangan lupa doakan aku dan timku agar bisa lolos hingga tahap akhir yaa, terimakasih. Semoga postingan ini bermanfaat.

Related Posts

41 comments

  1. Saya dulu pernah redirect salah satu postingan di blog saya, Mbak. Hanya caranya tidak seperti ini. Makanya mau buru-buru saya cek, apakah masih bisa dan relevan. kalau ternyata rusak, akan saya coba dengan cara di atas.
    Terima kasih sharingnya, Mbak Pida.

    ReplyDelete
  2. wah bahasa pengkodean gini memang sangat di perlukan dalam membangun blog yang sehat, ijin nyimak kak sam bil aplikasikan di blog

    ReplyDelete
  3. Rumit juga ya caranya. Harus telaten satu per satu menelusuri sumbernya. Kuncinya memang "jangan panik", terus mengikuti rambu-rambu seperti yang sudah dijelaskan diatas. MAkasih ya kak...

    ReplyDelete
  4. Pahami masalahnya, teliti, fokus dan jangan lupa. Noted. ini kalau pakai lisensi bisa nemu 5000 crawl keren . Banyak PR kalau audit blog ya. Semangat Kakak.
    Pengin coba cara atasi redirect blog juga saya jadinya!

    ReplyDelete
  5. Udah coba dan awalnya mikir kok ribet ya, tapi pas dilakuin ya gak terlalu ribet si. Lumayan bisa mengurangi masalah biar gak jadi penyakit blog.

    ReplyDelete
  6. Redirect blogspot tuh semacam broken link yang bikin spam score nya tinggi?
    Install ah. Broken link saya banyak

    ReplyDelete
  7. Aku ini termasuk blogger yang gaptek tetapi mau belajar, he...he...he...terkadang kalau blog bermasalah langsung panik. Thanks ya pembahasannya bermanfaat untuk saya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  8. Saya engga selesai-selesai nih masih belum beres bersihin 301.Gara-gara seenaknya ilangin www di menu pengaturan, ubah semua deh link artikelnya.

    ReplyDelete
  9. Saya masih harus belajar tentang kode-kode ini. Tetapi, kalau memang performa blog semakin bagus harus rajin beberes. Biar semakin banyak pengunjung ke blog

    ReplyDelete
  10. Kalau dipikir-pikir, site audit memang penting ya. Kita nggak akan ngeh sama error yang ada di blog kalau nggak melakukannya. Urusan redirect juga gitu. Kalau redirectnya dari blog sendiri ke blog sendiri muncul saat audit blog kok kayak pingin bercanda sama google yang crawling gitu. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Toss saya juga sudah pakai ini
    Bikin mudah
    Meski masih banyak 3xx yang sudah dibersihkan eh ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, testimoni kak Amma begini.. Aku jadi makin jiper.
      Tapi kudu dilakukan agar blog sehat dan bisa maksimal kerjanya. Sedih banget kalau pas artikel job, terus ada kode-kode begini..

      Delete
  12. Lihat 3xx aja dah banyak sekali ya jenisnya, paling lama memetakan satu persatau buat memperbaiki, butuh kesabaran, apalagi kalau pada posisi yang sulit

    ReplyDelete
  13. Kalau menggunakan Screaming Frog gini, masalah redirect blog 301 dan 302 langsung ketauan dan dapat diperbaiki langsung ya. Blog jadi sehat kembali. Semangat bebenah blog kita2.

    ReplyDelete
  14. Perawatan blog memang membutuhkan ilmu salah satunya memahami redirect. Saat teknis terjadi biasanya menghubungi penyedia domain atau hosting.

    ReplyDelete
  15. Wah jenisnya banyak juga ya 3xx ini. Aku sendiri baru belajar atasi yang 301 dan 302 nih mbak pakai screaming frog juga

    ReplyDelete
  16. Aku masih awam banget dengan istilah redirect di blogspot, tapi masih mau baca dan belajar banyak. Mau coba belajar juga tentang screaming fog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget kak..
      Alhamdulillah kak Pid menuliskan cara-caranya yang mudah dipahami, sehingga memandu aku yang belum paham mengenai redirect link.

      Delete
  17. Iya mbak ternyata solusinya beda-beda ya walaupun kode errornya 3XX. Jadi tahu deh sekarang cara memperbaiki error redirect di blog.
    Dulu aku gak ngerti apa itu screaming frog.

    ReplyDelete
  18. Hahaha, sampai muntah dan sakit kepala, ya, Mba. Iya, mudah, sih, sebenarnya. Kalau udah paham di awal, apa yang perlu diperbaiki, plus caranya juga. Kalau saya termasuk agak lama mencerna, Mba. Syukurlah, akhirnya bisa juga.

    ReplyDelete
  19. Wahhh seneng banget bisa punya creaming frog untuk audit blog biar performa makin mantap dan berkualitas. jadi penasaran juga pengen coba... upsss lupa aku ngga punya lisensinya hahaha

    ReplyDelete
  20. Jadi nambah pengetahuan nih tentang ridirect. Terkadang suka nemuin kasus begini saat blog walking ke akun teman-teman yang pakai blogspot.

    ReplyDelete
  21. Belajar JS itu emang seru mbak, kita seolah menjadi seorang programmer ya. Harus utak atik kode script, dan itu harus benar. Salah tanda satu aja akan berakibat fatal. Ternyata ada banyak cara ga mengatasi redirect di blogspot, saya baru tahu dan memang harus diketahui oleh blogger ya, nambah ilmu deh. Semangat mbak semoga ilmunya makin bertambah.

    ReplyDelete
  22. Ah benar, kuncinya pahami dengan teliti dulu apa permasalahannya ya.. Baru kita bisa menyelesaikannya dengan tenang.. Karna tiap case pasri beda juga cara mengatasiny ya..

    ReplyDelete
  23. Kelas blogger site audit banyak faedahnya ya

    Belajar uprek2 blog juga
    Keren maksimal 👌

    ReplyDelete
  24. wah menarik juga yaa ngoprek blog pakai screaming frog ini, kayanya blog aku juga harus banyak yang diutak-atik nih biar makin mantap, cobain ah tips ngatasin redirectnya ini

    ReplyDelete
  25. Paham, sabar, dan teliti saat pengecekan link dengan screaming frog ini ya, sehingga tepat sasaran dan bisa ke redirect dengan baik

    ReplyDelete
  26. ada banyak macam akar masalahnyanya ya ternyata, bisa dikatakan redirect, cari tahu dulu baru atasi masalahnya. Kalau soal begini harus ada teman diskusi deh mbak, so far berguna banget tipsnya

    ReplyDelete
  27. Nah ini nih memang sebaiknya kalau pindah domain di-redirect biar gak lamannya ketemu error ya.
    Sayangnya masih ada yang membiarkan, efeknya buat blog lain kebaya brokenlink hehe.
    Memperbaiki performa blog penting banget emang yaa

    ReplyDelete
  28. Nambah ilmu perblogingan lagi nih, terimakasih banyak informasinya, jadi kepengen ngecek sendiri, biar praktek langsung, untung pake Screaming Frog ya, cepet jadinya

    ReplyDelete
  29. Jenisnya banyak ya redirect itu dan semuanya bisa diperbaiki. Perlu diaudit nih blog saya juga. Harus download screaming frog dulu deh kayanya

    ReplyDelete
  30. waw jadi banyak juga ya istilah redirect, ada berapa macam tuh. baru tahu aku hehehe. terimakasih kak artikelnya menarik, aku yang blogger pemula ini ikut nyimak

    ReplyDelete
  31. Sampe 307 erornya.. Banyak bgtt ya, aku cuma 302 aja sih

    ReplyDelete
  32. Jadi penasaran punyaku ada berapa erornya nih wkwk, lengkap banget kak ulasannyaa, tengkyuuu <3

    ReplyDelete
  33. Lengkap nih penjelasannya. Aku yang juga blognya pakai blogspot jadi bisa nerapin ilmu auditnya. Meski nggak bisa pakai screaming frog yang berlisensi sih sayangnya...

    ReplyDelete
  34. Pengen banget belajar Screaming frog tapi apa daya belum memungkinkan untuk saat ini. Bersyukur ada artikel seperti ini. Jadi punya gambaran tentang redirec dengan Screaming frog

    ReplyDelete
  35. ternyata kita sebagai blogger harus tahu banyak hal ya, mbak. Nggak hanya sekedar menulis saja. Seperti redirect ini, ternyata jadi masalah juga di blig kita dan harus dibenerin

    ReplyDelete
  36. jadi pengen site audit juga nih pakai si kodok ini. biar ketahuan kurangnya di mana dan bisa langsung dibenahi

    ReplyDelete
  37. Waktu redirect sih oke2 aja mbak, eh oas audit ternyata bikin puyeng juga, kebetulan kemarin punyaku nggak terrlalu banyak mbak. Bisa dikejar lah

    ReplyDelete
  38. Ternyata bisa juga di blogspot yaaaa..aku mau rekomendasikan ke temen2 yg pake blogspot aahh 😍😍 makasi mba Pida

    ReplyDelete
  39. Dulu tahunya brokenlink aja yang perlu diperbaiki, setelah ikut kelas site audit inj baru tahu ternyata ada juga link redirect yang bermasalah dan harus diatasi. Dan cara ceknya emang paling mudah n praktis pake screaming frog ya

    ReplyDelete

Post a Comment