Cara Membuat Blog Pribadi Gratis, Mudah, dan Anti Rribet

Konten [Tampil]

Ada banyak cara membuat blog pribadi secara gratis. Tinggal kamunya saja mau membuat blog pribadimu di platform apa dan di mana. Itu saja.

Ada banyak alasan dibalik seseorang membuat sebuah blog, diantaranya untuk membuat tugas dari guru di sekolah atau kampus, ada yang hanya sekadar menyalurkan hobinya yang suka menulis, dan ada juga karena memang mau mendapatkan cuan dari blog.

Jelas bukan, kalau mempunyai ada banyak hal-hal lainnya yang bisa kamu dapatkan jika membuat blog.

Persiapan cara membuat blog pribadi


Apa Itu Blog?

Blog adalah sebuah wadah atau tempat yang berisi konten-konten tertentu atau brita-berita yang kana kamu kunjungi jia sedang mencari sesuatu di Google.

Pernah lihat hasil penelusuran web yang berakhiran blogspot dan wordpress? Itulah salah satu bentuk blog atau sebuah website.

Dengan memiliki blog, kita bisa menulis apapun sesuka hati. Mau nulis tentang resep, liburan, pokoknya apapun deh bisa ditulis jika kamu mempunyai blog.

Apa Beda Blog dan Website?

Kalau menurutku sih, blog dan website itu sama. Sama-sama memiliki isi konten yang ditulis oleh setiap pemiliknya. Letak perbedaannya hanya di alamat blog atau websitenya saja.

Kalau blog itu akan memiliki alamat yang diakhirannya ada blogspot(dot)com. Nah berbeda dengan website sudah memiliki domain tersendiri, seperti (dot)com dan kawan-kawannya.

Cara Membuat Blog Gratis, Kurang dari Satu Jam Selesai

Banyak tempat layanan yang bisa ditentukan untuk memulai sebuah blog. Seperti aku misalnya yang memilih platform blogspot untuk memulai membuat blog dengan mudah. Eits, bukan selain blogspot nggak mudah ya, hampir semua platform mudah-mudah saja kok. Asal kitanya mau belajar, akan ada masanya semua akan mudah dilakukan.

Hal yang harus dieprhatikan sebelum membuat blog adalah

1. Tentukan Tema atau Ide Blog

Misal seperti aku yang dulunya awal mula membuat blog karena suka mereview buku, jadi isi konten-konten blog aku dulunya adalah ya seputar review buku. Tapi semakin kesini keinginan menulisku nggak hanya pada buku lagi, karena itulah sekarang ide atau tema blogku sudah campuran alias lifstyle. Apapun akan aku tulis dan bahas di blogku yang penting membuatku happy.

Kamu suka traveling? Maka buatlah blog yang berisikan tulisan-tulisan tentang liburan dan perjalananmu. Atau mau buat blog gado-gado seperti yang dalam satu blog semua bahasan ada? Lanjutkan, nggak apa-apa.

2. Memilih Nama Blog

Saat memilih nama blog sebaiknya dipikirkan secara baik-baik dan matang ya. Karena setelah kamu mempunyai satu nama untuk blogmu, nantinya pasti akan kamu kenalkan di media sosial, dengan kata lain kamu psti akan melakukan branding dengan nama blog itu.

Untuk nama blog, kamu bisa menggunakan namamu sendiri, nama samaran, atau nama blog yang sesuai dengan ide blogmu. Misalnya, blogmu tentang masak-masak, coba deh pikirkan satu nama yang kira-kira cocok dengan ide blogmu, bisa seperti resepdapur misalnya dan sebagainya.

3. Membeli Domain

Setelah memutuskan ingin membuat konten apa di blogmu dan sudah selesai memilih dengan pas nama blog, kini saatnya kamu memilih domain blog.

Domain sebuah blog adalah untuk memperlihatkan bahwa blogmu sebuah website profesional. Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, sebuah website akan terlihat profesional jika mempunyai domain. 

Untuk domain sendiri ada banyak pilihannya. 

Membeli domain berbeda dengan membuat blog secara gratis ya. Dengan kamu yakin untuk membeli domain, berarti kamu sudah siap untuk menjadi seorang bloger profesional dan siap pula dengan semua printilan pengeluaran untuk proses pembelian domain.

Domain tidak ada yang gratis ya, namun untuk pilihan murah dan mahal ada. Kalau gratis ada juga sih, tai yang blogspot.com dan wordpress dan beberapa pilihan dari platform lainnya.

4. Membeli dan Memiliki Hosting

Beruntungnya membuat blog di blogspot, kita tidak perlu memikirkan hosting dan printilan yang mengikutinya. Karena blogspot dibawah Google, hanya saja jika sewaktu-waktu Google ntah kemana, ya siap nggak siap pengguna blogspot harus siap dengan segala kondisinya, hehehe

Untuk pengguna wordpress jika sudah membeli domain, hosting juga akan menyertai.

Apa Itu Hosting?

Ibarat rumah, hosting adalah tanah dengan ukuran tertentu untuk mendirikan sebuah bangunan. Nah bangunan yang dimaksud disini adalah sebuah website/blog. Dengan kata lain, hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data dalam bentuk tulisan, gambar, video yang ada dalam sebuah website.

Jangan khawatir buat kamu dengan biaya terbatas, karena di DomaiNesia banyak menyediakan paket hosting murah bayar bulanan. Jadi pengeluaran kamu untuk bayar hosting nggak perlu keseringan elus-elus dompet. Apalagi sekarang ini di DomaiNesia juga sedang memberikan diskon buat pembelian hosting.

Nah, menariknya jika kamu membeli hosting di DomaiNesia, kamu akan mendapatkan Bandwidth Unlimited. Mau kamu membeli hosting yang mahal dan murah sekalipun, untuk bandwith-nya tetap akan mendapatkan yang unlimited.

Ngomong-ngomong tentang bandwidth pada hosting, bandwidth merupakan batasan transfer yang ada pada sebuah hosting. Jika penyedia hosting memiliki bandwidth-nya sebesar 100 Gb perbulan, maka batasan transfer baik yang download ataupun upload adalah sama-sama 100 Gb.

Jika lebih dari 100 Gb, maka sebuah website tidak akan bisa di akses. Sekalipun bisa diakses, websitenya akan sangat lambat sekali saat dibuka dan dikunjungi oleh pengunjungnya.

Kesimpulan

Mudah bukan membuat blog?

Yuk tunggu apalagi, segera buat blogmu dan isikan dengan apa yang kamu sukai. Apalagi kan sekarang sudah banyak banget yang mulai mengalihkan profesinya menjadi seorang bloger dan percaya nggak percaya, ada banyak orang diluaran sana yang rela resign dari pekerjaannya hanya beralih menjadi bloger profesional dengan penghasilan yang bikin gigit jari.

Ada banyak sekali tutorial yang menyediakan cara membuat blog pribadi secara mudah dan cepat, bahkan kurang dari satu jam selesai dan bisa langsung di eksekusi. Yang penting kamu sudah menyiapkan semua printilan yang sudah aku sebutkan dipostingan ini ya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment