Tempat Wisata Sabang Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi

Konten [Tampil]

Tempat wisata Sabang yang kamu kunjungiSiapa sih yang tidak tertarik berkunjung ke tempat wisata Sabang? Pulau yang terletak di paling Utara Indonesia ini memiliki pesona alam yang sangat memanjakan mata para wisatawan yang datang untuk menikmati hari-harinya selama di pulau Sabang.

Walaupun tergolong kota dengan kepulauan, untuk berkeliling di kota Sabang tidak perlu memakan waktu yang lama, cukup dengan kurang lebih 30 menitan perjalanan darat kamu sudah bisa mengelilingi kota Sabang. Kecuali jika kamu ingin bepergian ke tempat-tempat wisata alamnya lumayan memakan waktu karena lokasinya yang berjauhan.

Jangan khawatir karena fasilitasnya yang kurang, justru sebaliknya. Di Sabang semua pelayanan seperti penginapan Sabang dan villa, resto-resto denga sajian makanan khas lautnya, masjid megah, pelabuhan internasional, hingga rumah sakit sudah tersedia, jadi siapapun yang ingin berwisata ke kota Sabang jangan takut dengan akses yang terbatas.

Apalagi sekarang sudah banyak sekali orang-orang yang berlalu-lalang ke Sabang hingga tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Hal itu terlihat dari penginapan-penginapannya yang selalui dipenuhi oleh wisatawan baik itu dari lokal bahkan hingga mancanegara juga ada.

Nah ngomongin Sabang, todak sah rasanya kalau tidak menyebutkan beberapa tempat wisatanya yang sudah menarik para wisatawan dari bertahun tahun lalu yang keindahan alamnya semakin hari semakin mempesona terutama keindahan pantai Sabang.

3 Tempat Wisata Sabang yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika kamu belum pernah mengunjungi kota Sabang, kota satu ini harus dan wajib kamu masukkan dalam wishlist kota yang wajib kunjungi yaa. 

Untuk bisa sampai ke kota Sabang atau dikenal dengan pulau Weh kamu harus menyeberang dengan kapal pelayaran yang sudah disediakan di pelabuhan Ulee Lheue kota Banda Aceh. Untuk kapalnya sendiri ada dua jenis, yaitu kapal Express Bahari dan kapal Fery.

Untuk kamu yang menikmati hari liburmu di Sabang nggak perlu waktu lama, cukup 2-3 hari kamu sudah bisa mengunjungi semua tempat destinasi tempat wisata Sabang.

Berikut beberapa destinasi tempat wisata Sabang yang wajib ada dalam wishlist-nya kamu;

1. Pantai Iboih

Di pantai Iboih ini tempat para wisatawan yang menggemari kegiatan snorkeling, diving atau hanya sekadar ingin bermain laut. 

Di pantai Iboih ini kamu akan mendapatkan banyak sekali lereng-lereng bukit yang menghadap ke arah pantai, dan untuk mencapai ke tepi pantai pun sudah ada banyak sekali pelayanan akomodasi yang ditawarkan sehingga sangat memudahkan pengunjung yang hanya sekadar ingin bermain air atau ingin menikmati kegiatan di dalam laut yang tentu saja ada pendamping dari tenaga ahlinya.

Pantai Iboih memiliki pasir putih dengan kejernihan air laut yang biru, sehingga saat kamu meakukan snorkeling kamu bisa bermain dengan ikan warna-warni yang disekitarnya dikelilingi oleh hutan tropis yang indah.

Kegiatan dan aktifitas yang bisa kamu lakukan di pantai Iboih diantaranya;

  • Menyelam scuba diving
  • Snorkeling di taman laut
  •  Menikmati masakan Seafood
  • Berbelanja souvenir
  • Berjalan santai dari Teupin Layeu hingga Yulia Bungalow
  • Menikmati pemandangan bawah laut dari Boat kaca
  • Berenang di pantai Teupin Layeu 
  • Bersantai di kamar penginapan dengan pemandangan laut langsung
  • Melihat langsung matahari terbit
  • Berjemur di tepi pantai menikmati angin sejuk

2. Tugu Nol Kilometer Sabang Indonesia

Tugu nol kilometer merupakan monumen yang menandakan titik 0 kilometer Indonesia yang menjadi daya tarik sekaligus menjadi ikonnya kota Sabang (pulaua Weh). Tugu 0 kilometer ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika kamu sedang berada di kota Sabang.

Hal ini untuk membuktikan bahwa kamu sudah pernah mengunjungi dan mendatangi pulau paling Barat Indonesia, yang nantinya juga akan dibuktikan dengan sertifikat dengan nama kamu tertulis di dalamnya bahwa kamu benar sudah berkunjung ke nol kilometer Indonesia.

Tugu Nol Kilometer ini seharusnya terletak di Pulau Rondo, karena terletak di pulau paling luar Barat Indonesia yang berbatasan langsung dengan Nikobar,India. Tapi sayangnya untuk aksesnya yang tidak memungkinkan, maka tugu ini dibuat diujung paling utara Pulau Weh.

Tugu Nol Kilometer Indonesia diresmikan pada tanggal 9 September 1997, dan telah dilakukan renovasi yang selesai pada tahun 2017 membuat bangunan monumen tugu jadi semakin menarik dan instagramable.

Dari monumen tugu ini kamu juga bisa melihat langsung suasana dimana Samudera Hindia bertemu di Barat dan Laut Andaman di Timur dan ditemani dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus sehingga membuat tempat destinasinya menjadi sejuk.

Bangunan monumen nol kilometer ini memiliki warna cat putih dengan ketinggian sekitar 43,6 meter. Dengan bentuk desainnya seperti angka nol dan dipuncaknya terdapat patung Garuda, beserta dua lingkaran seperti angka nol dan di dua sisi angka anka terdapat rencong yaitu belati khasnya Aceh.

Adapun tujuan dibangunnya monumen ini adalah untuk menunjukkan penanda geografis yang unik.

3. Goa Sarang Sabang - Goa Eksotis 

Goa Sarang Sabang ini terkenal dengan Goa eksotis dengan panorama dan wisata petualang yang sangat menantang bagi wisatawan. 

Terletak di pinggir laut yang terdiri empat mulut gua dengan view-nya yang luar biasa dna menkajubkan. Goa Sarang ini terletak 23 kilometer dari pusat kota Sabang tepatnya di Gamping Iboih, Kecamatan Sukakarya yang berada di kaki tebing yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Untuk menuju ke Goa ini pun, kamu harus menuruni sebuah bukit dan menyelusuri jalur menuju ke bawah yang membuat kamu harus berhati-hati saat melewati jalur ini.

Kesimpulan

Gimana? Sudha siap untuk melancong dan menikmati wkatu liburmu dengan mengunjungi tempat wisata Sabang? 

Itu dia tiga lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di kota Sabang. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata andalannya kota Sabang seperti Pantai Sabang, Penginapan Sabang yang berhadapan langsung dengan pantai juga merupakan daya tarik dari tempat wisata Sabang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

1 comment

  1. wishlist bisa explore Aceh dan sekitarnya termasuk ke pulau paling ujung di Sumatra ini
    keindahan alamnya bagus banget, airnya biru cantik, sukak

    ReplyDelete

Post a Comment