Pentingnya HTTPS dan Sertifikat SSL Gratis pada Website

Konten [Tampil]

Pentingnya HTTPS server dan sertifikat SSL gratis

Untuk kamu yang mau membuat sebuah blog wajib tahu dan pentingnya ada HTTPS dan sertfiikat SSL gratis ini pada website atau blog kamu loh.

Nggak hanya yang berplatform blogspot saja, pengguna wordpress pun juga harus tahu manfaat penting adanya HTTPS dan sertifikat SSL ini. 

Pernah nggak sih kamu perhatikan dibagian sudut kiri atas pada halaman websitemu atau pada URL blogmu ada lambang "gembok" yang terkunci? Nah itulah tandanya kalau HTTPS pada blogmu sudah diaktifkan. Seperti halnya sebuah gembok yang terkunci, apapun yang ada dibalik kunci tersebut akan aman, terlindungi.

Bbegitupun jika blogmu sudah diaktifkan HTTPS-nya maka data-data penting akan terjaga keamanannya, dengan kata lain HTTPS ini adalah protokol sebuah website atau blog untuk meningkatkan keamanannya terjamin dan terlindungi.

Sebelum aku bahas lebih lanjut tentang bagaimana fungsi dan manfaatnya pada blog, yuk kita bahas dulu tentang dua hal penting yang harus kamu ketahui di saat kamu sudah mempunyai blog.

Apa Itu HTTPS?

Siapapun yang mengakses internet pasti mengharapkan sebuah keamanan bukan, begitu pun pemilik dari sebuah website. Berharap informasi-informasi pribadinya tidak bocor serta terlindungi dari para hecker yang ingin melakukan sesuatu hal yang buruk pada website yang kita miliki.

HTTPS adalah atau yang disebut dengan HTTPS Secure merupakan satu bagian dari sebuah keamanan website yang memiliki tugas melindungi apapun saat terjadinya proses komunikasi dalam jaringan internet.

HTTPS sendiri merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Sebuah website jika sudah terpasang protokol keamanan ini akan memiliki URL domain https:// di awalnya. Seperti blog aku ini https://www.pidaalandrian.com/ yang artinya blog aku sudah mempunyai protokol keamanan dan lambang gemboknya pun sudah terkunci.

Cara kerja HTTPS dan sertifikat SSL gratis

Jika HTTPS-nya tidak diaktifkan, maka pada bagian gembok itu akan muncul tanda seru warning dengan tulisan "not secure".

Bagaimana Cara Kerja HTTPS?

Cara kerja HTTPS menggunakan protokol yang sudah dienkripsi di server untuk semua jenis komunikasi. Adapun protokolnya disebut juga sebagai Transport Layer Security (TLS).

Karena HTTPS hanyalah sebuah protokol, tetapi ketika sesudah dipasangkan dengan keamanan lapisan transport maka protokolnya akan terekripsi dengan menggunakan sistem keamanan melalui dua kunci yang berbeda, diantaranya:

1. Private Key

Sebagai private key dimana artinya kunci yang dikendalikan dan disimpan oleh pemilik situs website yang bersifat private. Private key bekerja pada web server yang digunakan untuk mendeskripsi informasi yang dienkripsi oleh public key.

2. Public Key

Public Key tersedia untuk semua orang, jika sewaktu-waktu orang ingin membuka halaman website tertentu dengan server sudah dengan cara yang aman.

Agar kunci-kunci terjamin, kamu bisa menggunakan sertifikat SSL gratis yang berfungsi untuk menyimpan kunci yang dibuat acak baik itu yang private maupun public di web servernya kamu. 

Adapun sertifikat SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada ebuah website, maka URL website akan berubah menjadi HTTPS. Yang bertujuan agar mendapatkan pengamanan pada saat pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Saat browser telah terhubung dengan HTTPS server, maka server akan menjawab dengan sertifikat SSL. Kemudian server akan memeriksa apakah sertifikat tersbeut valid. Jika tidak valid, maka pengguna browser akan mendapatkan peringatan dan notifikasi dilayar browser bahwa ada masalah keamanan pada website.

Biasanya masalah keamanan ini akan muncul dilayar dengan dua pilihan, apakah pengguna browser ingin tetap melanjutkan mengakses halaman tersebut dengan resiko peringatan keamanan, atau meninggalkan halaman yang sedang diakses tersebut.

Manfaat Menggunakan HTTPS pada Website

Jika kamu perhatikan, hampir di semua laman URL yang kamu akses pasti hampir rata-rata sudah terhubung dengan HTTPS dan sudah diaktifkan loh. Sepenting itu juga untuk memasang protokol keamanan pada website-nya kamu.

Adapun manfaat menggunakan HTTPS pada sebuah website, diantaranya adalah 

1. Lebih dipercaya oleh pengunjung dan pengguna web browser

Sebuah website yang sudah menggunakan HTTPS ibaratnya seperti sebuah restoran atau produk yang sudah memiliki logo halal dari BPOM. Dimana hal ini akan semakin menyakinkan kosumennya bahwa mereka akan terlindungi dan aman dari makanan atau produk yang tidak halal.

2. Keamanan website lebih terjamin, baik untuk pengguna dan pemilik website

Dengan mengaktifkan HTTPS server ini akan menjaga komunikasi dan interaksi online agar tetap aman dari orang-orang hecker yang ingin mengintip dan mengambil data-data pribadimu.

Misal, pada saat kamu sedang mengisi formulir untuk login ke sebuah akun, maka username dan passwordmu tidak dapat dicuri jika HTTPS server sudah diaktifkan.

3. Autentikasi website

Autentikasi adalah verifikasi dari validitas seseorang atau mesin pada saat proses komunikasi antara pengguna dengan website.

Ibaratnya seperti pada saat kamu sedang memesan ojek online di aplikasi gojek, kamu tidak akan mau naik ke kendaraan yang tidak sama dengan apa yang ditampilkan pada layar aplikasimu kan., seperti data kendaraan BL yang tidak sama. 

Nah disinilah peran penting sertifikat SSL gratis berperan  dalam mengaktifkan HTTP server-nya untuk proses verifikasi eksternal oleh web server dari pihak ketiga yang terpercaya.

Kesimpulan

Sudah terlihat bukan, kalau pentingnya HTTPS sebagai protokol keamanan yang harus ada pada semua jenis website, baik yang personal, e-commerce, dan website bisnis sekalipun. 

Dengan kamu menggunakan HTTPS, kamu telah memberikan koneksi yang aman dan dapat dipercaya kepada pengunjung websitemu dan meyakinkan mereka bahwa komunikasi mereka antar website yang sedang diakses adalah melalui server yang terpercaya.

Selain itu ada yang tidak kalah penting dari server yang aman, yaitu penyimpanan data melalui hosting. Agar data-data yang ada pada websitemu tersimpan aman kamu bisa memanfaatkan layanan hosting di domainesia. 

Ada banyak pilihan paket hosting termurah yang ditawarkan, yang bisa menjamin untuk pengelolaan data websitemu.

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, bahwa kunci utama terwujudnya sebuah website yang aman selain dengan diaktifkannya HTTPS server, penggunaan sertifikat SSL gratis, juga ada pada layanan hosting untuk penyimpanan data-data file penting yang ada pada websitemu.

Related Posts

Post a Comment