Pasar Kripto Solusi Aset Digital Investasi Jangka Panjang

Konten [Tampil]
pasar kripto pilihan untuk aset digital cryptocurrency

Pernah mendengar tentang seluk beluk pasar kripto dan sejenisnya? Atau mungkin mata uang kripto?

Cryptocurrency atau uang kripto adalah mata uang yang sedang populer dikalangan orang-orang yang menggemari investasi dan semacamnya. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, ada banyak sekali jenis uang kripto yang beredar.

Cryptocurrency sendiri berasal dari dua kata yakni Cryptography yang mempunyai arti sebagai kode rahasia dan Currency yang berarti mata uang. 

Secara tidak langsung, uang kripto memiliki arti yaitu sebuah mata uang virtual (mata uang digital) yang di dalamnya dilindungi oleh sandi-sandi kode rahasia yang cukup rumit yang berfungsi melindungi dan menjaga keamanan. 

Dengan mata uang kripto, investasi yang dijalankan menjadi semakin mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Selain melakukan investasi dengan menggunakan emas dan saham, investasi melalui aset digital pun sedang menjadi tren saat ini.

Ada banyak jenis mata uang digital yang dijadikan sebagai aset digital yang semakin populer dan dikenal banyak orang yang dijadikan sebagai instrumen investasi, salah satunya adalah Koin XRP.

Mengenal Aset Kripto, Koin XRP

Koin XRP atau yang sering disebut sebagai Ripple adalah salah satu aset kripto yang menjadi banyak incaran oleh para investor. Karena dari sisi market cap, XRP dinilai memiliki andil besar. 

Ripple sejatinya merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memiliki tujuan untuk menyediakan selain menjadi bagain dari aset digital juga sebagai tempat layanan yang efisien untuk sebuah pembayaran lintas batas antar industri keuangan.

Dengan cara kerjanya menghilangkan perantara untuk mengurangi biaya dan waktu transaksi. Adapun layanan pembayaran dan fasilitas lainnya yang terdapat pada XRP ripple ini adalah dengan menggunakan coin XRP.

Secara teknis Ripple merupakan sebuah platform pembayaran dan XRP-nya merupakan aset digital yang bekerja secara independen yang terpisah dari Ripple. Jadi, bisa dikatakan bahwa XRP memiliki peran sebagai jembatan antara berbagai mata uang yang ditransfer pada jaringan yang menggunakan Ripple sekaligus yang bertindak sebagai sumber likuiditas.

Tujuan adanya XRP ini memiliki kegunaan yang berbeda dengan Bitcoin. Kalau Bitcoin dikembangkan sebagai mata uang digital untuk membayar barang dan jasa, berbeda dengan Ripple, yang diciptakan untuk sebuah bank dan jaringan pembayaran sebagai pelunasan pembayaran, sistem transfer uang dan pertukaran mata uang.

Hal ini tentu XRP memiliki fungsi dan manfaat yang memudahkan siapa saja yang ingin berinvestasi pada aset digital.

Dengan XRP Chart kamu bisa melakukan transfer aset secara langsung secara real-time yang menawarkan berbagai alternatif seperti dikenakan biaya lebih murah, lebih transparan dan sangat aman.

Dilihat dari perkembangan Coinmarketcap.com, XRP terpantau memiliki market cap terbesar kelima. Karena mencapai hingga US$ 46,97 miliar. Hal ini terjadi jika dilihat dari segi likuiditasnya, karena menjadi yang paling likuid di antara aset-aset kripto digital lainnya yang sudah beredar.

Hal ini diperkuat dengan tanggapan dari Chief Executive Officer Triv.Id, Gabriel rey yang menjelaskan bahwa, XRP saat ini populer tidak hanya secara global saja, tapi di market crypto Indonesia pun. Karena di Indonesia peminat XRP sangat besar dan menjadi altcoin terbesar. Setidaknya survey ini berdasarkan data dari Triv.

Walaupun dari sisi aset kripto, XRP kurang menarik minat untuk dijadikan pilihan karena dianggap kurang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Namun berbeda jika penggunaan XRP digunakan sebagai perantara untuk transfer bank. Karena memiliki stabilitas harga yang sulit dijaga, membuat XRP kurang dimintai untuk investasi jangka panjang.

Apalagi ke depannya pergerakan harga pada XRP akan ditentukan oleh keputusan US Securities and Exchange Commision (SEC).

Nah itu dia peran XRP atau yang sering disebut dengan Ripple yang ada dalam kegiatan aset digital crypto. Buat kamu yang masih bingung dengan sistem kerjanya XRP (Ripple), ada kabar baik niih, karena di Indodax mempunyai kanal khusus yang mengedukasi terkait XRP ini yaitu Indodax Academy.

Indodax Academy sendiri dibentuk sebagai wadah untuk belajar. Setelah kamu belajar dan paham tentang XRP, kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax. Transaksinya sendiri bisa dilakukan baik itu melalui website resminya atau dari mobile Apps yang merupakan bagian dari Indonesia Bitcoin and Crypto Exhange. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment