Aplikasi Audiobook Storytel : Cara Baru dan Asyik Baca Buku

Konten [Tampil]

Solusi baca buku diwaktu senggang dengan aplikasi audiobook storytel

Sepertinya aplikasi audiobook yang baru-baru ini aku coba bakalan aku rekomendasikan ke teman-teman bookstagram dan lainnya dehh. Gimana nggak coba, ini jadi cara baruku untuk membaca buku yang akhir-akhir ini sedang kambuh reading slump-nya.

Aku tuh lagi malas megang bukunya, tapi kalau baca buku online seperti buku Game of Thrones yang nggak pernah bikin bosan yaa masih tetap lanjut. Walaupun jarang di update review novel-nya 😂

Nah kamu pernah dong pasti mengalami saat dimana kita sebagai pembaca lagi malas banget megang buku, apalagi baca. Nah dengan adanya aplikasi audiobook Indonesia ini seakan menjawab masalah buat mereka pembaca yang lagi pengen baca buku tertentu seperti buku Sapiens tapi mager banget buat megang bukunya.

Dengan satu masalah yang malas megang buku itu, aplikasi audiobook hadir membantu kamu agar hobimu yang suka baca itu tetap jalan dan aktif.

Apa Itu Audiobook?

Audiobook adalah sebuah buku yang dibacakan oleh seseorang. Sama seperti kita yang sedang mendengarkan rekaman suara. Bedanya disini kamu  mendengar seseorang (suara rekaman) sedang membacakan isi novel atau buku tertentu buat kamu melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi yang baru-baru ini aku coba dan ternyata bikin nagih. Yang bikin suasana baru saat menikmati bacaan dengan cara yang asyik ya cuma melalui aplikasi audiobook Storytel Indonesia. Bisa didengar kapan pun, di manapun, dan lagi ngapain saja. 

Yuk  Kenalan dengan Storytel Aplikasi Audiobook Indonesia

Storytel hadir dengan layanan streaming audiobook yang memberikan warna baru dan pengalaman membaca buku melalui audiobook modern, yang menghubungkan setiap pembaca dengan kesejahteraan, kreativitas, dan perspektif yang lebih luas.

Dengan berlangganan kita bisa mengakses lebih dari 150.000 dengan berbagai genre baik itu yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris sekalipun bisa diakses tanpa batas.

Seru kan, kapan lagi coba bisa dengerin cerita berasa lagi di dongengin. Kalau mau tidur, auto langsung merem melek itu dua mata 😂

Saat aku search beberapa novel, ternyata pengisi suaranya (narator) adalah mereka-mereka yang tidak asing lagi, seperti Dian Sastrowardoyo, Fedi Nuril, Adinia Wirasti, dan Chicco Jerikho. Ahh bayangkan saja mendengar suara mereka dari dekat gini berasa lagi mendengar suara mereka lansung dari via telepon.

Mau nyari buku favorit dan best seller? Ada. Karena aplikasi Storytel sudah bermitra dengan beberapa penerbit besar di Indonesia. Jadi buat kamu-kamu yang ingin menikmati buku best seller Indonesia dengan cara baru bisa langsung search judul bukunya. 

Yang sudah kelihatan di aku waktu lagi nyari-nyari buku buat didengerin, ada bukunya Ika Natassa, Asma Nadia, Ahmad Fuadi, hingga Dee Lestari dan lain-lain dan masih banyak lagi penulis-penulis dari buku best seller lainnya yang juga sudah tersedia dan siap kita dengarkan sambil duduk santai dan mengerjakan perkerjaan lainnya.

5 Fitur yang Bisa Kamu Akses Jika Berlangganan Storytel

Kenalan dengan fitur layanan streaming Storytel aplikasi audiobook free

Karena ini kali pertamanya aku membaca buku online dengan cara mendengarkan, jadi suasanan dan feel bacanya memang terasa berbeda di aku. Karena sudah terbiasa membaca, tapi begitu coba aplikasi ini "kok ya jadi lebih seru dan asyik".

Selain mendapatkan pengalaman baca buku Hunger games dengan cara baru, setelah berlangganan kita akan mendapatkan fitur-fitur layanan yang sangat membantu, sekaligus bisa mengontrol bacaan kita juga loh.

1. Rak Buku

Dibagian ini kamu bisa menyimpan buku-buku yang ingin didengar, jadi setelah disimpan, kalau sewaktu--waktu pengen dengar lagi ya langsung ke rak bukunya saja. Tidak perlu lagi untuk searching judul bukunya dan lain-lain.

Cara simpannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengklik icon love lalu buku akan terseimpan di dalam rak buku dengan sendirinya.

2. Target Cerita

Untuk fitur target cerita akan kamu dapatkan dibagian profil. Sebagai pencinta dan hobi baca buku, punya target baca merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bukan. 

Nah di aplikasi streaming audio ini memiliki fitur untuk mengatur target bacaan kita. Disini kamu bisa mengatur jangka waktu bacaan dan mengatur mau berapa banyak buku yang ingin di dengar untuk satu bulan (misalnya).

3. Search 

Layanan untuk kamu bisa mencari referensi judul buku yang sedang ingin didengar. Untuk pencariannya pun bisa di search dari kategori buku yang paling best seller atau Top, judul buku,  penulis bukunya, hingga dari siapa naratornya juga bisa di search dibagian ini.

Nanti kamu tinggal ketik saja judul bukunya, misalnya judul buku Selamat Tinggal, klik enter langsung deh muncul buku yang dicari.

4. Kecepatan Narasi (playbook custom)

Bagian kecepatan narasi bisa kamu pilih dibagian bukunya dibawah durasi waktu bukunya. Disini kamu bisa memilih kecepatan narator dalam bercerita apakah ingin dalam versi lambat atau cepat. 

Kalau playbook custom-nya aku, aku pada kecepatan sedang di 1.0x . Nah untuk pilihan kecepatan ini, aku rasa naratornya nggak terlalu cepat dan nggak terlalu lambat juga. Buatku sih pas.

5. Sleep Timer

Buat yang ingin mendengar sambil tiduran, sleep timer ini bisa diatur terlebih dahulu. Mengantisipasi jika sewaktu-waktu tanpa sadar kita ketiduran, sedangkan audiobook yang sedang kita dengar sedang aktif.

Dengan mengaktifkannya kita bisa mengatur durasi waktu berapa lamanya. Misal sampai habis 1 bab, atau 30 menit dan sebagainya sesuai kebutuhan.

6. Pilihan Download

Buat yang ingin menghemat kuota internetnya, kamu bisa mendownload bukunya saja. Nanti jika ingin mendengarnya lagi tinggal diputar saja tanpa harus ada sambungan wifi dan kuota. Karena sudah di download sebelumnya, jdi bisa di dengar secara offline.

Cara Menggunakan Layanan Streaming Audiobook Storytel

Cara menggunakan layanan streaming aplikasi audiobook indonesia Storytel

Seperti aplikasi pada umumnya, langkah pertama adalah mendaftarkan akun dengan menggunakan email, dilanjut dengan tahap selanjutnya sesuai petunjuk. Kemudian diberi pilihan untuk mengakses gratis selama 7 hari gratis.

Hanya di Storytel yang harga layanannya sangat terjangkau sebesar Rp. 39.000/bulan dan kamu bisa mengakses ebook-ebooknya secara bebas dengan cukup sekali bayar perbulannya. Bayangkan dengan kita membeli buku fisik, harga satuannya saja sudah melebihi harga langganan dari aplikasi baca dan mendengar buku satu ini.

Yang menarik, sebelum kamu berlangganan, kamu akan diberikan akses audiobook free selama 7 hari khusus untuk pengguna baru.

Pilihan untuk pengguna;

Manfaat Membaca Buku dengan Audiobook Storytel VS Baca Buku Fisik

Yang sudah mencoba layanan streaming audio untuk buku-buku pilihan yang ada di aplikasi ini pasti sudah bisa merasakan perbedaannya. Mendengar vs membaca.

Ada banyak sekali rekomendasi buku dengan suara naratornya yang bikin syahdu saat mendengarnya. Seperti buku Harry Potter audiobook. Kapan lagi kan bisa membaca bukunya dengan cara mendengar.

1. Baca Buku Bisa Dimana Saja dan Kapan pun

Tipe pembaca yang seperti aku kalau lai diperjalanan seperti kendaraan umum, terkadang kalau membaca buku fisik bikin sakit kepala karena bau kendaraan yang nggak nyaman. 

Namun kalau membaca dengan versi mendengar ini tentu saja sangat membantu. Dengan kondisi tutup mata sekalipun aku tetap bisa menikmati bacaan buku karyanya Ika Natassa yang berjudul Divortiare, misalnya.

2. Ukuran File Bukunya yang Tidak Memakan Banyak Tempat

download audio book indonesia

Cuma bermodal gadget android, aku bisa membawa buku apa saja hanya dalam gengaman tangan. Tidak perlu membawa tas dengan isian banyak buku. Dengan Storytel masalah membawa tas dengan kapasitas berat tidak akan ada lagi.

Mau baca buku apapun, tinggal klik dan scroll dilayar hp doang. Perjalanan lancar dan tidak membosankan jadi makin asyik kalau ditemani novel fiksi Negeri Lima Menara karyanya Ahmad Fuadi.

3. Banyak Pilihan Kategori Buku

Pendengar layanan streaming audio ini bebas menikmati 19 genre buku dengan banyak pilihan hingga 500.000 judul buku yang tersedia, baik itu buku-buku self development, novel fiksi maupun non fiksi juga tersedia di dalamnya yang bisa di akses kapan saja dan di mana saja.

Seperti buku-buku yang selalu menjadi incaran banyak pembaca sampai sekarang, ada bacaan luar dengan judul buku seperti Dilan. Membaca buku dengan cara mendengar rasanya lebih asyik tentunya.

4. Ada Bookmark

Solusi buat kamu yang sedang membaca kemudian berhenti di tengah-tengah pada saat mendengar sebuah buku, jangan takut akan kehilangan batas bacaan terkahir. Karena memiliki  fitur bookmark untuk dijadikan pembatas sampai mana bacaan terakhir yang kamu dengar.

Seperti halnya membaca buku fisik ketika memanfaatkan sebuah bookmark. Jika sewaktu-waktu ingin mendengarnya kembali, kita langsung dilanjutkan pada akhir bacaan sebelumnya.

5. Tersedia Mode Anak

Yang menarik diaplikasi ini terdapat layanan khusus mendengar bacaan buku untuk kategori anak-anak. Jadi buat orang tua tidak perlu khawatir kalau anak mengaksesnya secara mandiri, jika kamu sudah mengaktifkan fitur mode anak.

Karena di mode anak ini, buku-buku yang tersedia hanya untuk buku anak-anak saja. Buku-buku yang buka untuk anak-anak tidak akan bisa diakses jika mode anak ini sedang diaktifkan.

6. Menghemat Pengeluaran Biaya Buku

Berapa sih biasanya yang kamu keluarkan khusus untuk keperluan membeli bukumu dan kelaurga?

Selama menggunakan Storytel Alhamdulillah untuk bulan ini aku belum mengeluarkan sepeserpun untuk membeli buku. Karena beberapa buku yang aku incar ternyata sudah ada di aplikasi jadi lumayan bisa menghemat dan uangnya bisa aku alokasikan ke hal lainnya.

7. Solusi Mata Sehat

Dengan mendengar ebook kamu bisa mengurangi durasi saat menatap dan melihat layar hp lebih lama. Karena pancarindera yang digunakan hanya pendengaran saja. 

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang akan didapat jika kamu memanfaatkan layanan streaming mendengar audio melalui aplikasi satu ini. Selain terutama bisa menghemat biaya pengeluaran untuk buku, juga bisa mengurangi rasa sakit pada mata karena terkena cahaya Hp yang terlalu lama.

Cara Baru dan Asyik Baca Novel Mariposa di Storytel

Baca asyik novel Mariposa di Storytel

Jadi dua hari ini aku sedang mendengar novel Mariposa. Ituloh novel yang sudah pernah difilmkan juga yang dulunya berasal dari salah satu platform online yang sempat bikin heboh itu.

Nah buku ini jadi salah satu buku wishlist-ku yang belum terbeli juga sampai sekarang. Dan karena di Storytel ada, jadi aku cukup mendengarnya disini saja. Nggak perlu nunggu lama.

Dan kalian tahu, sensasi mendengar dan membaca sangat terasa berbeda sekali. Apalagi disaat interaksi Acha dan Ikbal. 

Sosok Acha yang ekspresif dan ceria, sedangkan Ikbal yang cool, cuek berhasil membuatku betah mendengarnya. Apalagi cara naratornya bercerita dari setiap intonasinya, emosi dan keceriaannya berhasil membuatku betah menamatkan cerita novel Mariposa ini dalam satu hari saja. 

Siap untuk menikmati bacaan buku dalam versi baru seperti aku?

Yuk download segera aplikasinya dan nikmati berbagai bacaan buku dengan cara mendengarkan dengan ditemani suara-suara narator yang membuat waktu bacaanmu jadi lebih asyik dan seru dan terasa lebih hidup bersama aplikasi audiobook Storytel Indonesia.

Related Posts

19 comments

  1. keren nih perkembangan dubia digital, baca buku makin mudah, bisa dimana saja dan tak membutuhkan ruang banyaksaat nyimpan

    ReplyDelete
  2. Wadow...500 judul buku? Bingung ga tuh milihnya? Temen-temen pada review Storytel, jadi pengen instal nih. Ada buku yang aku tuh engga kelar-kelar bacanya. Kan kalau dibacain bisa sambil ngapain gitu...

    ReplyDelete
  3. Aku udah download dong dan lagi asyik menikmati audiobook dari aplikasi Storytel ini. Pilihan bukunya banyak banget apalagi banyak buku best seller juga

    ReplyDelete
  4. Senengnya itu di Storytel bisa nyimak buku bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris, sekalian belajar tata bahasa juga

    ReplyDelete
  5. Kalau saya sebenarnya bukan malas pegang bukunya. Justru saya suka dengan aroma buku hihihi
    Tapi mulai gak banyak waktu untuk membaca karena aktivitas sehari-hari di rumah. Untunglah ada aplikasi Storytel, jadi bisa tetap menikmati buku sambil melakukan aktivitas lainnya.

    ReplyDelete
  6. Cocok banget buat malam-malam ini, saat mata sudah capek membaca.

    ReplyDelete
  7. Iyayah, aku juga lagi pengen beli buku, tapi malas baca. Huhuu..jadi keinginan tinggi gak sejalan dengan kemauan membaca. Kalo sudah diadopsi sampai rumah tuh rasanya "Oh uda punya.. ntar aja deh bacanya, kan gak kemana-mana ini."

    Sedih sih yaa..
    Dengan langganan aplikasi audiobook Storytel, maka membeli buku bisa dibatasi terlebih dahulu dan mengetahui isi buku dengan cara mendengarkan. Apalagi kini Storytel bekerjasama dengan Gramedia Digital. Makin mantull..

    ReplyDelete
  8. Iya pernah mengalami malas pegang buku apalagi kalo halamannya cukup tebal wkwkw. Storytel jadi solusi biar tetap bisa menikmati buku kapan aja dan di mana saja

    ReplyDelete
  9. Saya juga install aplikasi Storytel ini mbak.. Sangat membantu menambah bacaan. Bikin me time maksimal.

    ReplyDelete
  10. Seneng ya bisa dengerin buku lewat Storytel. Apalagi bukunya berkualitas

    ReplyDelete
  11. Aak, aku juga pengguna Storytel sih kak. Dan emang seru gitu ya mendengarkan buku jadi bisa sambil rebahan santai waktu puasa, eh sambil berimajinasi positif

    ReplyDelete
  12. asyik banget bisa baca buku, eh dengerin dibacain buku, Ini kayak zaman dulu dengerin sandiwara radio. Tapi ini tentu lebih modern ya.

    ReplyDelete
  13. Kalau susah tidur, pakai earphone trus buka aplikasi Storytel dan dengarkan buku favorit dibacakan. :)

    ReplyDelete
  14. Ikutan happy ada Storytel jadi ngga memble bisa bacain anak buku heheh si ibu juga jadi bisa baca buku juga meski sambil masakk :))

    ReplyDelete
  15. Awalnya aku pakai gratisan alias free day trial
    Setelah mendengarkan buku favorit eh aku ketagihan, langganan deh

    ReplyDelete
  16. seneng ya, berasa didongengin :) cocok deh buat me time bisa santai gak males lg baca buku hehe

    ReplyDelete
  17. Asik banget ya ada fitur rak buku. Berasa punya perpustakaan sendiri. Otw nyobain aaahhh.

    ReplyDelete
  18. seneng nig, di dapur bisa dengerin naratornya yang suaranya empuk banget ya, tidak gabut lagi kalau lagi nguprek di dapur hahaha

    ReplyDelete
  19. Nyetrika jadi semangat sejak ada Storytel. Dulu biasanya kalau nyetrika aku sambi nonton drakor, tapi jadi lama, karena malah fokus ke drakornya, wkwk.

    ReplyDelete

Post a Comment