Sundance Film Festival: Asia 2021 Berlangsung Virtual. Kuy!

2 comments
Konten [Tampil]

Adakah teman-teman yang ikut mendaftarkan diri ke festival film yang akan tayang besok? Yep apalagi kalau bukan festival film Sundance Film Festival: Asia 2021 yang aku yakin sudah banyak sekali penikmat dan pembuat film yang menunggu acara satu ini dan nggak sabar ingin bergabung dan mendaftarkan dirinya untuk melihat kemeriahan acaranya secara virtual.

Yep, teman-teman nggak salah baca kok. Festival filmnya akan diselenggarakan secara virtual ditahun ini. Menilik dari pandemi yang belum usai pihak penyelenggara akan melangsungkan acara festivalnya mulai tanggal 23-26 September 2021.

Apa Itu Sundance Film Festival: Asia 2021?

Buat teman-teman yang hanya penikmat film alias penonton nggak heran kalau masih ada yang asing dengan festival satu ini. Berbeda dengan mereka yang berkecimpung di dunia perfilman, festival satu ini rasanya sayang banget kalau dilewatkan begitu saja oleh mereka. Karena ada banyak sekali rangkaian acara yang akan dihadirkan di Sundance festival film ini.

Sundance Film Festival: Asia 2021

Sundance Film Festival: Asia 2021 adalah kolaborasi antara Sundance Institute, IDN Media, dan XRM Media. Atas inisiatif dari Sundance Institute, sekaligus penyelenggara Sundance Festival Film, yaitu festival film terbesar di Amerika Serikat yang setiap tahunnya selalu dilaksanakan sejak tahun 1981.

Acara festival film ini sendiri mempunyai tujuan untuk mendukung dan menghubungkan komunitas film Indonesia independen di Asia. Beragam film garapan independen nantinya akan dipromosi dan dipersembahkan di ajang Sundance Film Festival: Asia 2021. 

Nggak hanya itu film independen Indonesia pun tidak mau ketinggalan mereka juga berkesempatan untuk menyuguhkan kepada audiens global melalui festival ini dan akan ada banyak program-program acara lainnya di festival ini seperti labs, grant funding, serta proyek spesial yang ditawarkan untuk mendukung komunitas film independen Indonesia.

Banyaknya program acara di Sundance Film Festival: Asia 2021

Selain bisa menemukan talenta-talenta baru dari berbagai komunitas film independen Indonesia, melalui festival film ini juga akan ada banyak sekali pilihan-pilihan program yang sayang sekali kalau dilewatkan.

Seperti akan ditayangkan dan dipersembahkan delapan film pilihan yang telah dikurasi oleh tim program Sundance Film Festival, bersama dengan XRM Media dan IDN Media. 

Di festival ini juga nantinya akan ada program diksusi panel yang akan dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari berbagai komunitas film baik dari yang lokal maupun dari internasional.

Yang lebih asyiknya lagi, sesi diskusi ini akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) serta Sundance Collab yang diharapkan nantinya dapat membuka lebih banyak lagi topik dan wawasan baru yang akan dibahas terkait industri perfilman khususnya di Indonesia.

Juga di festival film ini akan berlangsung pengumuman Best Short Flm Jury Award  For The Short Film Competition dan Intensive Workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara.

Khusus ditayangkan untuk Audiens Indonesia

Hanya untuk Indonesia yuk bergabung dan persiapkan semua keperluan untuk pendaftaran digitalnya yang akan tersedia mulai besok, tanggal 15 September 2021. Yang segala kebutuhan pendaftarannya bisa teman-teman dapatkan dan beli secara resmi di website-nya langsung di http://sundancefilmfestivalasia.org/

Harapan Mereka untuk Sundance Film Festival: Asia 2021 

Karena banyaknya yang berharap dan menanti dengan semangat untuk festival film yang akan di adakan tidak lama lagi ini, tentu saja beberapa tokoh yang berada dibalik suksesnya acara  yang berharap acara ini akan memberikan kontribusi yang positif bagi mereka yang berkecimpung di dalam komunitas film independen dan sebagainya.

Seperti ungkapan semangat dari Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, "Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan."

William Utomo, selaku COO IDN Media juga menambahkan, "Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Yang selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudia menghubungkan mereka kepada para pakar di Industri perfilman."

Melihat harapan dan tujuan dari diselenggarakannya acara dari Sundance Film Festival: Asia 2021 ini tentu saja aku berharap acara ini bisa membawa kesuksesan nggak hanya dari acara festivalnya saja, tapi memberi semangat untuk mereka yang ingin berkecimpung di bidang perfilman indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang rangkaian acara Sundance Film Festival: Asia 2021 ini teman-teman bisa langsung mengunjungi website resminya atau Instagram resminya di @sundanceffasia 

Related Posts

2 comments

  1. Walau saya menyukai menonton film, tapi jarang banget dapat informasi soal festival-festival film. Padahal ketika melihat beberapa poster film, disitu suka banyak tulisan soal prestasi film pernah ikut di beberapa festival

    Semoga dengan adanya festival begini, bisa mendorong para sineas film untuk berkarya lebih baik, dan menemukan hal-hal baru dalam memproduksi film, terutama untuk pegiat film di negeri sendiri, Indonesia.

    Saat ini banyak masyarakat merindukan tontonan yang ramah, seru, dan berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Moga sukses ya kak acaranya, moga bisa jadi pendorong semangat para sineas muda

    ReplyDelete

Post a Comment