4 Aplikasi Baca Ebook Gratis, Cepat Update Buku Baru

Konten [Tampil]

Aplikasi baca ebook gratis, cepat update buku baru

Akhirnya bisa update juga tentang aplikasi baca ebook gratis yang dari dulu selalu aku manfaatin. Lumayankan, bacaan baru dapat, uang pun tersimpan rapi di dalam kantong. Karena yaa walaupun punya hobi baca belum tentu harus mengeluarkan uang banyak kan. Ada banyak cara dan alternatif lain untuk itu semua 😂

Sejak mulai aktif ngeblog dan menulis review dari buku-buku yang selesai aku baca, awal tahun 2016 aku mulai berlangganan sama yang namanya ebook. Disaat teman-teman lain memilih membeli buku karena takut efek samping dari si ebook, aku masih setia dengan bacaan ebook gratis sampai sekarang, hehhe

Bukan karena nggak takut efeknya, takutlah. Ya berdoa saja semoga nggak kenapa-kenapa dan nggak ada efek apa-apa juga buat mata terutama.

Aplikasi Baca Ebook Gratis

Kenapa aku lebih memilih baca ebook, karena ku orangnya lebih suka dan banyak megang hp. Nah dari pada aku bukanya berita-berita dan informasi yang nggak ada manfaatnya mendingan aku alihkan ke baca buku saja kan. Ini sih alasan aku dulu banget dan kedua biar hemat pengeluaran aja sih.

Oke biar nggak lama-lama, kira-kira aplikasi baca ebook gratis apa saja yang sudah jadi langganan aku dari jaman mulai menekuni hobi baca buku lagi.

1. Baca Wattpad

Wattpad jadi aplikasi pertama yang mengenalkanku sama bacaan-bacaan gratis yang untuk kualitasnya nggak kalah bagus juga sama buku yang sudah terbit. Mungkin situasi dengan versi sekarang itu lebih dominan sama cerita yang plus-plusnya yaa, wkwkwk

Kalau dulu itu nyari cerita yang nggak ada plus banyak banget tapi sekarang uda susah dapatnya. Makanya aku lebih suka suasana yang dulu ketimbang sekarang. Bukan berarti aku sok suci sih, tapi kasihan saja buat anak-anak dibawah umur yang belum diperbolehkan buat baca cerita yang ginian.

Nah balik lagi ke kualitasnya, asal kita nyari dan dapat cerita yang pas pasti bakalan dapat yang berkualias kok. Caranya, kan ada banyak tu rekomendasi cerita yang sudah dirangkum, nah teman-teman yang lagi cari cerita-cerita yang oke bisa memanfaatkan cara ini. Biasa juga disertakan dengan review singkatnya juga kok, jadi kita bisa tahu bakalan tertarik atau nggak.

Apalagi sekarang inikan sudah ada cerita yang berbayarnya juga kan. Kalau mau tetap gratis masih banyak kok.

2. Ipusnas

Aplikasi satu ini aku kenalnya setelah aplikasi serupa yaitu IJak. Waktu itu dapat info kalau di Ipusnas bukunya lebih lengkap lagi ketimbang yang IJak, jadilah berpindah dan Alhamdulillah sampai sekarang masih manfaatin disini sih kalau ada buku-buku yang diincar dan kebetulan nggak dibeli tapi pengen dibaca.

Yang aku suka sama Ipusnas ini adalah koleksi buku-bukunya. Minimal buku terbarunya itu bakalan ada kalau sudah satu tahun berjalan. Misal nih, buku A terbit di tahun 2019 nah di Ipusnas bakal ready di tahun 2021. 

Jadi kan nggak lama-lama amat yaa. Aku suka Ipusnas karena ini. Sudah gratis dapat baca buku-buku yang lumayan barulah ya.

Nah batas pinjamannya sendiri pas awal aku langganan hanya sekitaran 3 hari, tapi pas pandemi kemarin jatah pinjamannya jadi 5 hari.

3. Baca Ebook Online Gratis di IJakarta

Nggak berbeda jauh dengan Ipusnas, pustaka digital milik Kota Jakarta ini juga memiliki apliaksinya sendiri. Untuk tampilannya sendiri hampir sama dengan tampilan Ipusnas dan pustaka digital lainnya. 

Hanya yang berbeda kalau di Ipusnas untuk buku-buku barunya cepat terupdate, berbeda dengan Ijak yang butuh waktu yang lumayan lama. 

Aku pribadi untuk IJak sudah jarang pakai, karena sekarang ini lebih banyak manfaatin yang di Ipusnas-nya.

4. Baca Buku Online Gratis Gramedia Digital

Aplikasi satu ini siapa sih yang nggak tahu. Walaupun aku sudah tahu lama, tapi untuk langganannya baru banget awal tahun 2021 ini. Iyaa baru setengah tahunan gitu. Itu karena aku waktu itu aku nggak tahu untuk cara patungan harga yang paket premiumnya gimana, ditambah temen-temenku nggak ada yang suka baca, ya sudah deh dibiarkan saja. Cuma bisa mandang buku-bukunya doang tanpa bisa baca.

Alhamdulillah ditahun ini ketemu sama group patungan, walaupun domisili kami jauh-jauh cuma kenal dan tahu nama via online saja tapi kepercayaan nomor satu. Dan berkat group ini juga bisa baca buku sepuasnya di Gramedia Digital ini.

Jadi tiap bulan selalu berlangganan? Nggak juga. Kadang kalau lagi nggak berlangganan ya altiernatif lain bacanya ya di aplikasi pustaka yang sudah aku sebutkan sebelumnya itu. Banyak jalan menuju roma kalau untuk nuntasin dan manjain hobiku yang satu ini.

Pilihan Aplikasi Buat Baca Buku Gratis

Walaupun sekarang ini sudah banyak banget pilihan buat baca ebook gratis, tapi aku tetap setia sama beberapa aplikasi ini sih. Sudah nyaman aja. Pernah nyoba pakai yang lain tapi kok yaa nggak sreg, nggak betah. Ya balik lagi ke selera masing-masing pembaca aja sih ya. Setiap orang kan punya caranya sendiri buat suka sama aplikasi tertentu.

Buat aku sendiri 4 aplikasi ini memang wajib banget ada di hp aku. Walaupun nantinya ganti hp tetap aplikasi ini ada sebagai cadangan.

Nah plusnya lagi ke empat aplikasi baca ebook gratis ini bisa dibaca offline juga loh. Jadi biasanya aku idupin paket cuma untuk pas unduh/download-nya doang, tapi untuk bacanya aku seringnya matiin paket. Biar pas lagi baca baterai smartphone-nya nggak cepat lowbat. Asyik dan mudah bukan buat manjain hobi baca tanpa ngeluarin uang banyak.

Related Posts

4 comments

  1. Saya pakai aplikasi wattpad dan ipusnas. Sisanya saya biasa baca novel online di blog terjemahan. Kalo hobi baca sih, bisa di mana aja, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuls mba, yang penting ada niat buat baca sama usaha yaa, heheheh

      Delete
  2. solusi nih buat yang lebih suka baca lewat digital, jadi bervariasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep betul banget.
      [ilihan bacaan jadi beragam, nggak perlu nunggu bukunya dibeli dulu. Karena kalau dari digital gini langsung bisa baca buku yang diinginkan, hehehe

      Delete

Post a Comment

Follow by Email