Yuk Kenal Dekat dengan PAFI dan Perannya di Masyarakat

Konten [Tampil]

PAFI? Apa itu PAFI? 

Mungkin bagi sebagian kamu merasa asing dengan singakatan tersebut, bahkan merasa tidak tahu dengan apa penting dan perannya bagi masyarakat, namun berbeda dengan mereka yang berkecimpung dalam dunia farmasi tentu sudah tidak asing dengan PAFI.

Penasaran? yuk kita bahas lebih lanjut tentang apa itu PAFI dan bagaimana perannya di masyarakat.

Apa Itu PAFI?

Jadi PAFI itu adalah akronim dari Perastuan Ahli Farmasi Indonesia, yang merupakan suatu organisasi profesi ilmiah dan juga merupakan sebuha organisasi asosiasi farmasi tertua yang ada di Indonesia.

Bisa dikatakan jika PAFI ini adalah pendukung untuk tim kesehatannya masyarakat. Bayangkan saja jika ada PAFI dan perannya di tengah-tengah masyarakat, rasanya sulit dibayangkan.

Mengenal Sejarah dan Tujuan Didirikan PAFI

PAFI didirikan pertama kali oleh para ahli farmasi yang pada saat itu tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka, Yogyakarta. 

Adapun tujuan didirikan organisasi PAFI ini adalah untuk menghimpun para ahli farmasi yang saat itu jumlah yang masih sangat terbatas, dengan didasari oleh keinginan yang kuat untuk ikut serta membangun bangsa melalui keahlian yang dimiliki oleh para ahli farmasi Indonesia.

Hingga kini Para Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) disamping menjalankan tugasnya sehari-hari, juga turut serta ikut mempertinggi taraf kesejahteraan umum, khususnya dibidang kesehatan dan kefarmasian. 

Dalam mengembangkan organisasinya, PAFI membentuk Pengurus Daerah di tingkat Provinsi dan Pengurus Cabang di tingkat Kabupaten/Kota melalui mekanisme 5 (lima) Musyawarah Cabang, salah satunya adalah PAFI Kabupaten Kutai Barat.

Peran PAFI dan Kontribusinya untuk Masyarakat

Meningkatkan kompetensi merupakan salah satu peran utama PAFI di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui berbagai program seperti pendidikan dan pelatihan khusus yang terus-terusan dikembangkan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang farmasi.

Berikut beberapa peran PAFI untuk masyarakat Indonesia:

  1. Peningkatan akses dan kualitas obat
  2. Kampanye kesehatan dan edukasi kepada masyarakat
  3. Bekerjasama dengan pemerintah dan lembaga kesehatan terkait

PAFI Hadir untuk Masyarakat Kutai Barat

PAFI telah menunjukkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan profesi ahli farmasi di Indonesia dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat. Melalui berbagai program dan inisiatif, PAFI tidak hanya meningkatkan kompetensi para ahli farmasi, tetapi juga memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dengan terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, PAFI diharapkan dapat terus berkontribusi positif bagi dunia kesehatan di Indonesia.

PAFI telah menunjukkan peran yang sangat penting dalam mengembangkan profesi alhi farmasi Indonesia dan memberikan kontribusi yang sinifikan bagi masyarakatnya. 

Melalui berbagai program dan inisitif yang sudah dijalankan, PAFI tidak hanya hadir untuk meningkatkan kompetensi para ahli farmasi saja, tetapi juga ikut memastikan bahwa masyarakat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan berkualitas. 

Dengan terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman dan terus melakukan kolaborasi baik dengan PAFI pusat ataupun PAFI cabang, PAFI dharapkan dapat terus lakukan dan berkontribusi positif bagi kesehatan masyarakat terutama untuk pafikabkutaibarat.org.

Newest Older

Related Posts

Post a Comment