Mengenal Fungsi Fiber Optik untuk Menghindari Bahaya

Konten [Tampil]

Mengenal fungsi kabel fiber optik

Tahukah kamu apa dan bagaimana fungsi fiber optik yang sebenarnya?

Menilik dari berita yang sedang viral belakangan ini tentang seorang yang celaka karena kabel fiber optik di jalanan membuat aku pribadi jadi was-was dan beberapa hari belakangan malah jadi lebih memperhatikan kabel-kabel yang ada di sekitar jalan.

Berbeda dengan kota Batam yang pengelolaan kabel-kabel disepanjang jalannya ditanam di bawah tanah, di selain kota Batam mau nggak mau sebagai pengguna jalan kita memang harus lebih berhati-hati dan tidak ada salahnya untuk memperhatikan area sekitar demi menghindari bahaya yang tidak kita inginkan. Seperti halnya Sultan salah satu korban dari kabel fiber optik yang terjadi baru-baru ini.

Ngomongin tentang fiber optik, mungkin bagi kamu yang bukan berkecimpung dibidang teknologi akan kebingungan tentang apa dan seperti apa sih bentukan kabel dan bagaimana fungsi fiber optik yang sebenarnya agar ke depannya kamu tidak menganggap sepele bahaya kabel-kabel yang ada seperti di sepanjang jalan.

Apa Itu Fiber Optik?

Pengertian fiber optik adalah berasal dari jenis kabel yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal menjadi sebuah cahaya dan kemudian mengalirkannya dari satu titik ke titik yang lain. 

Adapun komponen fiber optik terdiri dari serat kaca yang sangat tipis dan plastik yang sangat halus, bahkan lebih halus dari sehelai rambut manusia. Kabel fiber optik ini berbeda dari jenis kabel biasanya yang hanya memakai bahan dari tembaga.

Sudah kebayang dong gimana efek bahayanya dan bagaimana kabel yang melintas dan membuat sosok Sultan terbaring lemah dengan berbagai alat medis yang melekat di tubuhnya untuk menopang hidupnya.

Fungsi Fiber Optik

Kabel fiber optik memiliki fungsi sama dengan jenis kabel lainnya, sama-sama untuk menghubungkan koneksi antar komputer dalam lingkup jaringan tertentu.

Yang menjadi pembedanya hanya terletak pada kecepatan akses serta kemampuan transfer data yang lebih cepat dibanding kabel lainnya. Nah, karena banyaknya kelebihan inilah membuat kabel fiber optik dibandrol dengan harga lebih mahal.

Nggak heran yang menggunakan kabel satu ini pun adalah perusahaan-perusahaan skala besar pengembang WI-FI. Karena apa yang mereka butuhkan yaitu lebih cepat dan stabil ada pada jaringan fiber optik ini.

Cara Kerja Fiber Optik

Kabel fiber optik tidak mengalirkan listrik namun cahaya. Listrik yang diperoleh akan dikonversikan menjadi sebuah sinyal cahaya yang kemudian dialirkan pada komputer yang terhubung dalam suatu jaringan dengan skala besar. Karena itulah banyak kabel fiber optik digunakan pada wilayah dengan banyak gangguan elektromagnetik.

Cara kerja fiber optik berbeda dengan kabel Coaxial dan Twisted yang panjangnya kabel menjadi penghambat, namun pada fiber optik tidak berlaku demikia. Karena komponen fiber optik di dalamnya terbuat dari serat kaca murni, sehingga dapat mentransmisikan data secara terus menerus tanpa menghiraukan panjangnya kabel yang digunakan.

Kesimpulan

Pada saat instalasi jaringan kamu akan menemukan beberapa kabel fiber optik di dalamnya. Meskipun harganya lumayan tinggi, karena memiliki sejuta manfaat dan kelebihan serta keuntungan yang diperoleh pengguna, nggak heran kalau fiber optik ini masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan wifi terutama.

Nah, buat kamu yang pengguna jalan pasti tahu dong kalau di jalan-jalan tuh pasti ada nih kabel-kabel serupa yang untuk menunjang kecepatan jaringan wifi. Kalau yang masangnya rapi dan teratur sesuai SOP-nya insya Allah aman. Gimana kalau sebaliknya?

Yang penting dimana pun kamu berada tetap harus hati-hati dan perhatikan jalan yaa dan semoga tidak ada Sultan lainnya yang menjadi korban dari kabel fiber optik yang ada di bahu jalan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment