Cara Software Akuntansi Membantu Siklus Akuntansi Bisnis

Konten [Tampil]
Software akuntansi adalah solusi tepat untuk perusahaan

Di dalam sebuah bisnis, baik itu yang menghasilkan produk maupun jasa, mengelola catatan keuangan dan akuntansi adalah bagian penting. Hal ini karena tanpa adanya catatan keuangan dan akuntansi yang baik, bisnis akan mengalami masalah operasional karena kurangnya biaya sehingga bisa berujung pada kebangkrutan.

Oleh karena itu penting bagi seluruh perusahaan harus memperhatikan siklus akuntansi yang terjadi pada tubuh bisnis mereka. Pekerjaan ini pun sebenarnya tidaklah rumit saat ini, mengingat sekarang sudah ada banyak pilihan untuk software akuntansi.

Lantas, sebenarnya apa itu siklus akuntansi dan bagaimana cara software akuntansi membantu proses tersebut?

Apa Itu Siklus Akuntansi?

Siklus akuntansi merujuk pada serangkaian langkah atau proses yang terjadi secara berulang dalam kegiatan akuntansi suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan utama dari siklus akuntansi adalah untuk merekam, mengelompokkan, meringkas, dan menyajikan informasi keuangan secara sistematis dan akurat.

Proses siklus ini biasanya dilakukan dalam periode akuntansi, yang dapat berupa bulanan, triwulanan, atau tahunan, tergantung pada kebutuhan dan kebijakan perusahaan.

Bagaimana Cara Software Akuntansi Membantu Siklus Akuntansi Bisnis?

Memperhatikan siklus akuntansi adalah hal yang penting dalam pencatatan keuangan bisnis perusahaan. Software akuntansi sangat membantu dalam memperlancar dan meningkatkan efisiensi siklus akuntansi bisnis. 

Berikut adalah beberapa cara di mana software akuntansi dapat membantu dalam setiap langkah siklus akuntansi bisnis:

1. Identifikasi Transaksi

Software akuntansi dapat membantu dalam mengidentifikasi dan merekam transaksi keuangan secara otomatis. Misalnya, saat penjualan dilakukan melalui sistem POS (Point of Sale), data penjualan akan langsung tercatat dalam software akuntansi.

2. Jurnal Umum

Dengan menggunakan software akuntansi, kamu dapat melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum dengan mudah dan cepat. Data transaksi akan tercatat dengan akurat, mengurangi risiko kesalahan manusia dalam proses pencatatan.

3. Jurnal Penyesuaian

Fitur untuk melakukan penyesuaian otomatis juga sudah tersedia di dalam software ini. Misalnya menentukan depresiasi aset atau mengakui pendapatan yang masih harus diterima. Tentu ini akan sangat memudahkan kamu dalam menyusun jurnal penyesuaian.

4. Buku Besar

Pembuatan buku besar pun bisa lebih mudah. Hal ini karena perangkat lunak akuntansi menghasilkan buku besar secara real-time berdasarkan data yang telah tercatat. Hal ini dapat  memudahkan pemilik bisnis dan manajer dalam melacak saldo rekening secara akurat dan up-to-date.

5. Neraca Saldo

Dengan kemampuannya, software akuntansi dapat menghitung saldo dengan cepat. Tidak hanya cepat, tapi hitungannya pun tepat dan akurat. Sehingga memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu.

6. Penyesuaian Neraca Saldo

Software akuntansi adalah memungkinkan melakukan pemantauan secara real-time atas penyesuaian neraca saldo, memastikan bahwa keseimbangan aset, kewajiban, dan ekuitas dapat terjaga dengan baik.

7. Laporan Keuangan

Software akuntansi juga dapat menghasilkan laporan keuangan dengan mudah dan cepat, termasuk laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Laporan-laporan ini dapat dihasilkan sesuai dengan kebutuhan manajemen, pemilik, atau pihak eksternal.

8. Penutupan Buku

Menggunakan software akuntansi dapat memudahkan kamu untuk melakukan penutupan sementara rekening pendapatan dan biaya secara otomatis. Selain itu perangkat software akuntansi juga akan memindahkan hasilnya menjadi ekuitas pemilik.

software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi dalam Siklus Akuntansi

Tentunya terdapat beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan saat menggunakan software akuntansi dalam siklus akuntansi bisnis meliputi, diantaranya adalah 

  • Mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pencatatan transaksi dan perhitungan.
  • Mempercepat proses akuntansi dan penyusunan laporan keuangan.
  • Menyediakan data keuangan yang lebih akurat dan real-time.
  • Meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi tugas-tugas akuntansi.
  • Membantu pengambilan keputusan berdasarkan informasi keuangan yang terkini.
  • Memudahkan akses dan pembagian informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Jadi, itulah yang perlu kamu ketahui mengenai siklus akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat menghemat waktu dan usaha dalam proses akuntansi, sehingga dapat lebih fokus pada kegiatan inti bisnis dan pengambilan keputusan strategis.

Nah, tunggu apalagi, yuk segera manfaatkan software akuntansi untuk membantu siklus pelaporan dalam perusahaan dan bisnismu. Semoga bermanfaat 😉

Related Posts

Post a Comment