Beragam Manfaat Teh Jamur Kombucha untuk Kesehatan

2 comments
Konten [Tampil]

 Apakah kamu merasa familiar dengan jamur kombucha?

Kombucha adalah jaringan membran jamur berbentuk bulat pipih berwarna putih yang teksturnya liat atau bersifat gelatinoid. Organisme unik ini mulai populer sejak abad 20 silam karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagian yang bermanfaat dari jamur kombucha sebenarnya bukan organisme itu sendiri, melainkan hasil fermentasi teh manis yang merupakan makanan bagi jamur tersebut.

Mengenal manfaat teh jamur kombucha

Mengenal Manfaat Kombucha, Teh yang Terbuat dari Jamur dan Bakteri

Teh manis yang dicampurkan dengan jamur kombucha akan mengalami proses fermentasi hingga menghasilkan asam asetat yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari teh jamur kombucha adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Hasil studi kesehatan yang dipublikasikan di Food Microbiology menyatakan bahwa kandungan bakteri Lactobacillus dalam jamur kombucha terbilang cukup banyak. Bakteri tersebut merupakan bakteri probiotik yang berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Kamu akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, radang usus, dan iritasi usus jika mengonsumsi teh jamur kombucha dengan takaran yang tepat.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang bermanfaat bagi kesehatan bukan hanya terkandung dalam teh hijau, melainkan juga teh jamur kombucha. Senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga risiko kelebihan berat badan dapat diminimalkan. 

Berat badan yang ideal akan membuat kamu lebih leluasa bergerak dan terhindar dari risiko beragam penyakit kronis, seperti gangguan jantung, diabetes, dan hipertensi.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah adalah salah satu faktor pencetus penyakit jantung. Kadar kolesterol tersebut rentan memicu penyumbatan pembuluh darah yang kemudian menyebabkan jantung harus bekerja keras memompa darah. Jika gangguan kesehatan tersebut terjadi terus-menerus, maka risiko penyakit jantung pun tak dapat dihindari lagi.

Namun, kamu tak perlu resah karena kadar kolesterol dalam darah bisa kembali stabil asalkan kamu konsisten menjalani pola hidup sehat. Selain itu, konsumsi teh jamur kombucha juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah sehingga efektif mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mengurangi Risiko Peradangan

Peradangan adalah gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi berbagai organ tubuh, seperti paru-paru, lambung, usus, sendi, dan lainnya. Lebih parahnya lagi, peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti gangguan jantung dan diabetes. 

Selain menjalani pola hidup sehat, risiko peradangan ternyata dapat dicegah dengan mengonsumsi teh jamur kombucha. Kandungan antioksidan polifenol yang terdapat dalam minuman teh tersebut terbukti ampuh mengurangi risiko peradangan pada tubuh.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sistem imun tubuh yang baik akan membuat kamu senantiasa sehat dan bersemangat saat beraktivitas. Hal tersebut juga dapat membantu mengurangi risiko terjangkit penyakit menular, khususnya selama musim pancaroba berlangsung. 

Mengonsumsi teh jamur kombucha berperan penting menjaga kesehatan saluran pencernaan termasuk usus. Penelitian kesehatan menyatakan bahwa usus merupakan penopang sistem imun terbesar dalam tubuh manusia. Jika kondisi usus senantiasa sehat dan bersih, kemungkinan besar imunitas tubuh akan meningkat sehingga kamu tidak akan gampang sakit.

6. Membantu Mengatasi Depresi

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Padahal, tanda-tanda depresi sangat mudah dikenali, seperti susah tidur (insomnia), sulit fokus, gelisah, dan mengalami perubahan suasana hati secara cepat. 

Konsumsi teh jamur kombucha ternyata baik untuk membantu mengatasi depresi. Kandungan teh tersebut menstimulasi produksi hormon serotonin yang membuatkamu tenang dan bahagia. Suasana hati akan berangsur-angsur membaik dan lebih stabil bila rutin mengonsumsi teh jamur kombucha.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan EGCG yang terdapat dalam teh jamur kombucha diklaim 20 kali lebih baik menangkal radikal bebas dibandingkan vitamin C. Sifat antioksidan membuat teh jamur kombucha dapat membantu menghambat penuaan dini pada kulit. 

Selain kaya EGCG, masih ada berbagai kandungan vitamin lainnya yang terdapat dalam teh jamur kombucha, antara lain vitamin B1, B2, B6, dan B12. Bahkan, kandungan probiotik dalam teh jamur kombucha juga dapat diandalkan untuk mempercepat penyembuhan radang dan iritasi kulit.

Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu bisa mendapatkan manfaat istimewa jamur kombucha dalam produk skincare barenbliss, yaitu K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm. Produk barenbliss Deep Cleansing tersebut terdiri dari dua lapisan penuh nutrisi yang mampu melelehkan makeup dan kotoran di wajah dalam waktu 15 detik.

Brand produk skincare dan makeup barenbliss

Manfaat K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm juga disempurnakan varian produk barenbliss lainnya, yaitu 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser. barenbliss Foam Cleanser adalah pembersih kaya busa pH rendah yang membersihkan secara mendalam sekaligus mempertahankan pH alami dan meningkatkan hidrasi kulit. 

Kombinasi K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm dan 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser dari barenbliss berperan sebagai double cleansing kit yang ampuh membersihkan makeup sampai tuntas. Ucapkan selamat tinggal pada sisa makeup yang membandel serta masalah kesehatan kulit wajah lainnya bila kamu sudah menggunakan rangkaian produk double cleansing kit persembahan barenbliss.

Adapun produk barenbliss kamu temukan dan beli langsung di Official Store atau melalui toko online dan offline. Melalui toko online, kamu bisa mendapatkan produk barenbliss melalui Shopee, Lazada, Tokopedia, Tiktok Store dan Sociolla. 

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi KKV, Guardian, Watson dan Transmart. Semua toko tersebut menyediakan produk barenbliss ini dengan kualitas terjamin.

Tunggu apa lagi, yuk fungsikan dengan baik manfaat teh jamur kombucha, terutama untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terawat dan sehat.

Related Posts

2 comments

  1. Aku sering lihat semacam ini di beberapa media sosial, btw kita bisa dapat kombucha itu bagaimana ya? Beli kah awalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh kombucha itu bisa dibuat sendiri juga mba, karena dibuat dari fermentasi menggunakan campuran jamur dan bakteri, dan bisa dibeli juga kok di beberapa marketplace sudah tersedia juga

      Delete

Post a Comment