Modal Usaha Laundry Koin Berapa? Yuk Cari Perhitungannya!

Konten [Tampil]
Perhitungan usaha laundry sebenarnya susah nggak sih? Terutama untuk modal usaha laudry koin.

Ngomongin usaha laundry, sebenarnya untuk perhitungan modal awalnya itu sangat beragam. Tergantu seberapa besar usaha yang akan dirintis tersebut. Apakah usaha yang langsung besar atau usaha kecil-kecilan.

Modal usaha laundry koin berapa?

Bahas tentang laundry, sebenarnya usaha satu ini sudah sangat lazim terlihat di setiap daerah yang ada di Indonesia. Tidak heran banyak orang kebanyakan lebih memilih membuka usaha satu ini. Di karenakan seperti pekerja kantoran yang jadwalnya padat pasti akan menguntungkan dengan adanya jasa laundry.

Usaha laundry sendiri sebenarnya memiliki beberapa pilihan untuk kamu yang ingin memulainya, salah satunya adalah usaha lanudry koin.

Aku yakin kamu tidak akan asing dengan bisnis laundry koin. Sekarang ini sudah ada di beberapa titik daerah dan kota yang merintis franchise laundry koin, seperti bisnis laundry koin Medan.

Kelebihan Bisnis Laundry Koin Apa Saja?

Bisnis laundry koin menjadi pilihan tepat untuk pelanggan yang membutuhkan jasa self service. Karena ada beberapa pelanggan yang mungkin tidak menyukai pakaian mereka yang disentuh orang lain, maka solusi untuk membuka usaha laudry koin ini adalah solusi yang tepat untuk kamu memulai usahanya.

Apalagi di Indonesia sendiri usaha laundry ini masih tergolong minim persaingan, karena selain butuh modal yang banyak, tentu aja ada beberapa faktor lainnya.

Nah, sebelum kita masuk ke perhitungan usaha laundry koin, sebelum itu yuk kita bahas dulu kelebihan membuka usaha laundry koin. Siapa tahu kamu jadi makin tertarik untuk memulai usahanya. Walaupun franchise laundry koin sekalipun.

1. Usaha Laundry Koin Memiliki Sedikit Pesaing

Melihat situasi dimana bisnis usaha laundry koin yang masih minim tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri buat pengusaha untuk memulai usahanya dibidang terkait. Terutama di Indonesia sendiri.

Selain karena masih minimnya pengetahuan tentang laundry koin, hingga sangat dibutuhkan adanya edukasi terkait usaha satu ini.

Tapi dilain sisi, jika kamu membuka usaha laundry koin ini kamu akan mendatangkan banyak pelanggan. Karena tidak banyaknya pesaing, sehingga peluang kamu untuk meraup untung besar sangat besar.

2. Bisnis Laundry Koin adalah Bisnis Sederhana dan Anti Ribet

Kelebihan lain yang dimiliki oleh franchise laundry koin adalah karena proses bisnisnya yang tergolong mudah, sederhana, dan anti ribet. Karena bisnis laundry koin menggunakan sistem self service sehingga dapat berjalana sendiri, sehingga kamu hanya perlu mempersiapkan dengan membeli mesin cuci dan beberapa perlengkapan kerja yang mendukung lainnya.

Yang asyiknya lagi, bisnis laundry koin ini tidak butuh banyak pegawai. Karena cukup satu atau dua orang untuk membantu dibagian operasional, bisnis usahanya sudah bisa berjalan.

3. Salah Satu Usaha Bisnis yang Bertahan Lama (Awet)

Laundry koin adalah pilihan untuk investasi dan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena walaupun keadaan perekonomian sedang tidak stabil sekalipun, jika orang-orang masih membutuhkan pakaian bersih, maka usaha laundry koin pun akan tetap dan terus dibutuhkan.

Bisnis laundry koin termasuk usaha bisnis yang tergolong tahan lama. Karena semua orang membutuhkan pakaian bersih. Disaat kebutuhan ini masih diperlukan, maka usaha laundry pun akan terus laris, tidak akan pernah usang dimakan zaman.

4. Perputaran Uang yang Cepat

Perputaran modal usaha laundry

Karena target pasar yang dibutuhkan untuk usaha laundry koin adalah orang-orang yang membutuhkan pakaian bersih dalam waktu singkat, maka proses operasionalnya pun tergolong mudah dan cepat.

Karena daya tarik dari bisnis laundry koin ini adalah proses laundrynya yang cepat tanpa harus menunggu hingga berhari-hari, maka perputarannya uangnya pun relatif cepat juga. sehingga pengusaha laundry ini akan cepat balik modal.

5. Proses Cepat, Aman, dan Minim Komplain Pelanggan

Kelemahan usaha laundry terutama pada usaha laundry kiloan adalah tertukarnya pakaian pelanggan dengan pelanggan lainnya. Hal ini tentu akan timbul komplain, namun berbeda dengan laundry koin, karena semua proses dilakukan secara self service hal ini akan meminimalisir komplain dan protes dari pelanggan.

Sistem self service pada bisnis usaha laundry koin ini membantu proses mencuci menjadi lebih cepat, singkat dan resiko tertukarnya pakaian jadi lebih kecil. Sistem ini juga akan menjadi daya tarik buat pelanggan yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi.

6. Tidak Perlu Menggaji Karyawan

Menariknya, bisnis laundry koin ini membuatmu sebagai owner tidak butuh karyawan banyak, sehingga pengeluaran untuk menggaji karyawan pun tidak dibutuhkan. 

Nah, jika alokasi dana untuk menggaji karyawan tidak dibutuhkan, maka bisa kamu alihkan untuk biaya lain, seperti membeli deterjen, pewangi pakaian, atau plastik dibutuhkan untuk membungkus hasil cucian.

Cara Menghitung Modal Usaha Laundry Koin

Bisnis usaha laundry koin adalah usaha yang tidak lekang oleh zaman

Setelah kita bahas kelebihan-kelebihan yang menjadi alasan kenapa kamu harus dan memilih usaha laundry koin dibanding yang kiloan, sekarang saatnya kita mulai menghitung berapa biaya modal usaha laundry koin yang harus kamu persiapkan.

Oiya untuk perhitungan modal usaha laundry koin disini adalah beberapa item yang menjadi kebutuhan utama yang dibutuhkan sebelum memulai usaha laundry koin ya.

1. Mesin Cuci Koin

Untuk harga mesin laundry koin ini tentu sangat bervariasi, Tergantung kondisi merk, untuk kapasitas berapa, dan berapa mesin cuci yang akan kamu butuhkan.

Karena mesin cuci ini adalah poin utama sebelum memulai usaha laundry koin, tentu kamu harus benar-benar mencari tahu terlebih dahulu harga-harganya. Dan karena usaha laundry ini adalah usaha jangka waktu panjang, aku saranin kamu membeli mesinnya dengan kualitas yang bagus.

Untuk berapa total mesin cuci yang dibutuhkan, ini tergantu pemiliknya. Tapi dari beberapa yang aku perhatikan, untuk usaha laundry koin pemula minimal harus memiliki 3 mesin cuci koin. Dan untuk harga satu mesin cucinya berkisar antara 30-50 juta permesinnya.

2. Timbangan Laundry Digital

Setelah mesin cuci, kamu harus membeli timbangan laundry. Jika tidak ada timbangan, bagaimana caranya kamu bisa menentukan harga paket laundry koin untuk pelanggan yang datang.

Saran aku sebaiknya untuk timbangan lebih baik pilihlah timbangan laundry digital saja. Untuk harga timbangan digital murah juga ada kok. 

3. Deterjen Laundry yang Wangi

Poin penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah saat memilih deterjen. Salah satu orang-orang lebih memilih menggunakan jasa laundry adalah karena pilihan deterjen laundry yang wangi. Makanya itu kamu bisa mempertimbangkan hal ini agar orang-orang lebih memilih pergi ke laundry self service terdekat ketimbang ke jasa usaha laundry kiloan.

Tidak hanya deterjen laundry yang wangi saja yang harus kamu masukkan untuk perhitungan usaha laundry koin, tapi juga parfum laundry paling wangi, dan sabun cuci laudnry yang bagus dengan pilihan harga sabun cuci laundry yang bervariasi.

4. Biaya Sewa Tempat Usaha, Air, dan Listrik

Terakhir yang harus kamu perhitungkan dalam modal usaha laundry koin adalah biaya sewa tempat usaha, air dan listrik yang menjadi kebutuhan utama.

Untuk sewa tempat, biasanya tergantung situasi, letaknya yang strategsi atau tidak. Karena semakin strategis letak sebuah usaha, maka harga sewa gedung atau tempat usahanya pun akan semakin tinggi, begitu pun sebaliknya.

Untuk biaya listrik dan air bisa kamu kondisikan dengan tergantung dari banyaknya pelanggan yang menggunakan jasa laundry koin terdekat yang mereka datangi. Karena semakin laris bisnis usaha laundry mu maka biaya listrik dan air akan tinggi, dan hal ini nantinya tentu saja akan tertutupi dengan untung yang didapat yang semakin besar.

Kesimpulan

Apakah hanya itu saja modal usaha laundry koin yang akan dibutuhkan dan harus dipersiapkan nantinya? Tentu saja tidak. Yang aku sebutkan di atas itu hanya beberapa kebutuhan pokok penting yang harus kamu persiapakn terlebih dahulu. Selain itu tentu saja masih ada banyak lagi kebutuhan dan persiapan yang harus kamu masukkan dalam rincian biaya modal usaha laundry koin.

Seperti biaya dadakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dana yang mendesak, biaya service mesin cuci laundry, dan kenaikan biaya sewa atau tarif listrik secara mendadak, dan biaya lain-lain.

Demikianlah gambaran singkat tentang mengenai bisnis laundry koin beserta rincial modal yang harus kamu persiapkan yang mungkin akan berguna untukmu sebagai referensi.

Modal usaha laundry koin merupakan modal yang relatif kecil dibanding dengan kamu memulai usaha laundry kiloan, sehingga membuat usaha laundry ini sangat menjanjikan. Proses yang cepat dan aman tentu menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh usaha laundry ini. Bukan hal yang mustahil  juga jika sewaktu-waktu keuntungan yang di dapat lebih besar.

Bagaimana?

Apakah kamu sudah mulai tertari untuk memulai usaha laundry koin? Yuk persiapkan terus kebutuhan awal berupa modal usaha laundry koin untuk mematangkan kamu memulai usaha bisnisnya.

Related Posts

2 comments

  1. Usaha Laundry prospek dan banyak pilihan juga ya. Kalau ada koinnya nggak perlu dijaga dan hanya maintenance aja, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak..
      Dan koinnya nggak perlu ditukar lagi ke mbak-mbaknya Indomaret lagi hehehe

      Delete

Post a Comment