Kalender Masa Subur Wanita, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Konten [Tampil]
Perhitungan kalender masa subur wanita

Seberapa perlu sih kalender masa subur wanita? Apakah kamu termasuk tipe yang selalu mencatat setiap kali mengalami haid? 

Ternyata pencatatan setiap datangnya haid ini ada gunanya, lho. Pencatatan akan berguna untuk mengetahui kapan masa subur kamu akan dimulai. Mengetahui kapan masa subur tiba tentunya akan memudahkan kamu dan pasangan saat sedang berencana untuk memiliki momongan. 

Namun, sebagian orang pasti mengalami siklus haid yang berbeda dan tidak teratur. Karena kondisi inilah bisa membuat masa subur seorang wanita tidak dapat diperhitungkan dengan pasti. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter secara gratis via online loh. Karena dengan konsultasi secara online bersama pakarnya, kamu juga bisa menghemat waktu sekaligus biayanya 😊

Berbicara tentang masa subur dan pencatatan siklus haid, tahukah kamu bahwa saat ini sudah tersedia kalkulator yang dapat memprediksi dengan mudah kapan masa subur dan kapan siklus haidnya kamu selanjutnya? Teknologi untuk menghitung masa subur ini dinamakan dengan kalender masa subur.

Penasaran seperti apa itu kalender masa subur wanita dan cara mengetahuinya? Yuk simak ulasannya sampai akhir yaa 😉

Cara menggunakan kalkulator masa subur wanita

Dengan menggunakan kalkulator masa subur wanita ini, kamu akan lebih mudah mengetahui kapan masa subur itu terjadi. Tidak hanya itu, kamu juga akan dapat mengetahui kapan siklus menstruasi selanjutnya. 

Salah satu kalkulator masa subur wanita yang sangat mudah digunakan adalah kalkulator masa subur dari klikdokter. 

Saat kamu sedang menggunakan kalkulator masa subur tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi nama dan juga tanggal waktu haid dari 3 siklus yang terakhir. Jika kamu lupa mencatatnya, kamu bisa menunggu siklus haid selanjutnya dan bisa memulai mencatat tanggalnya. 

Setelah mengisi semua kebutuhan data yang diperlukan, selanjutnya kamu akan segera mendapatkan hasil dari perhitungan masa subur ini nantinya di kalender masa subur tersebut. 

Hasil yang tertera pun akan berupa kalender bulanan yang berisikan prediksi tanggal masa subur dan siklus haid selanjutnya. Setelahnya kamu akan mudah memahaminya karena pada kalender tersebut terdapat beberapa simbol seperti tetesan darah yang berarti siklus haidnya kamu. Ada juga simbol bunga berwarna biru dan merah muda yang menjadi tanda dari durasi masa suburnya kamu. 

Mengapa pada masa subur tersebut ditandai dengan bunga berwarna biru dan merah muda? 

Hal ini dikarenakan kalender pada klikdokter bisa memprediksi jenis kelamin calon anak yang diperkirakan akan terjadi jika kamu berhubungan seksual dengan pasangan pada tanggal tersebut. 

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan tips-tips untuk meningkatkan potensi jenis kelamin anak yang kamu dan pasanganmu inginkan. Menarik bukan?

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Bagi kamu yang ingin segera mendapatkan momongan, harus memperhatikan hal-hal berikut ini untuk menjaga kesuburannya;

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol sudah jelas sangat memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya pada kesuburan wanita. Saat sedang masa ovulasi, kamu sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi alkohol jenis apapun agar tidak mengganggu proses ovulasi. 

Seringkali orang-orang juga tidak menyadari awal dari tanda-tanda kehamilan. Jika mengkonsumsi alkohol pada masa tersebut, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran. 

Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan sejauh mana batas aman alkohol untuk wanita yang sedang merencanakan atau yang sedang hamil, namun sebaiknya untuk  berjaga-jaga agar tidak mengkonsumsinya sama sekali. 

2. Kafein

Sebenarnya, efek kafein terhadap kesuburan hingga saat ini masih menjadi perbincangan dan perdebatan para ahli. Namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan pada wanita dapat menyebabkan wanita sulit untuk hamil. Hal ini juga tidak baik bagi kamu yang sedang melakukan program bayi tabung. 

Lebih dari itu, konsumsi kafein yang berlebihan pun tidak memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk itu jagalah asupan kafein hariannya kamu agar tidak menjadi bahaya bagi tubuhmu kelak. 

3. Berat badan

Berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang mengatur siklus menstruasi. Entah kamu sedang mengalami kelebihan berat badan ataupun terlalu kurus, keduanya dapat berefek buruk bagi tingkat kesuburan. 

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas biasanya memiliki risiko mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome). PCOS sendiri merupakan kondisi di mana hormon androgen dalam tubuh wanita lebih banyak. Ini tentu saja dapat mempengaruhi masa subur pada wanita.

4. Merokok

Merokok dapat menyebabkan timbul efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu infertilitas pada wanita. Infertilitas ini merupakan gangguan kesuburan yang akhirnya membuat kamu akan kesulitan untuk mendapat keturunan. 

Selain itu, merokok juga dapat mengganggu perkembangan janin. Sehingga merokok sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. 

5. Usia 

Pada usia 50-an, wanita akan memasuki masa menopause. Masa ini adalah masa di mana wanita tidak dapat memproduksi sel telur. Tidak adanya produksi sel telur ini tentunya membuat wanita tidak bisa hamil. Beberapa ahli mengatakan wanita akan mengalami penurunan produksi sel telur pada usia di atas 35 tahun. 

6. Olahraga yang Terlalu Berat

Olahraga memang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, apabila kamu berolahraga terlalu berat, maka akan terjadi gangguan pada siklus haid. Siklus haid yang terganggu tentu saja dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesuburan.

Selain faktor-faktor yang sudah aku sebutkan di atas, tentu masih ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Ada baiknya jika kamu sedang berencana untuk mendapatkan momongan, sebaiknya hindari keenam faktor yang dapat membuat peluang hamil menjadi kecil. 

Tentu saja larangan ini tidak hanya diperuntukkan pada wanita saja, masalah kesuburan juga dapat dialami oleh laki-laki. Untuk itu sebaiknya kamu dan pasangan mulai mengubah gaya hidup dan kebiasaan untuk menjadi lebih baik dan sehat. Selain baik untuk kesehatan, gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan lebih besar.

Jika segala upaya sudah dilakukan dan kamu tak kunjung juga dikaruniai keturunan, kamu bisa konsultasikan hal tersebut ke dokter. Selain itu kamu dan pasangan juga bisa melakukan tes kesuburan agar mengetahui apa yang menjadi penyebab kondisi tersebut bisa terjadi. Oleh karena itulah menghitung kalender masa subur wanita sangat diperlukan. 

Related Posts

Post a Comment