5 Cara Pengembangan Minat dan Bakat Anak Usia Dini

Konten [Tampil]
5 cara untuk mengetahui pengembangan minat dan bakat anak usia dini

Pengembangan minat dan bakat anak usia dini seharusnya sudah terpantau oleh kedua orang tuanya selama anak-anak di rumah. Apalagi semenjak teknologi seperti gadget sudah tidak asing lagi, bahkan maraknya penggunaan media sosial Tik Tok secara tidak langsung sudah membentuk bakat anak-anak dari usia dini.

Seperti halnya yang terjadi pada anak temanku di kantor. Anaknya yang sering kali melihat video di tiktok dan hampir membuat memori Hp nya penuh dengan rekaman anaknya yang menirukan goyangan di tiktok yang viral bahkan ikut bernyanyi membuatnya sadar akan satu hal tentang bakat sanaknya.

Sebagai orang tua tentu sangat disayangkan kalau hanya membiarkan bakat dan minat anaknya yang sudah jelas terlihat ingin seperti apa. Seperti pada anak temanku itu.

Nah karena hobinya itu, awalnya temanku itu cuek saja, menganggap kalau anaknya masih kecil dan hal biasa kalau mengikuti apa yang dilihatnya. Tapi semakin hari, temanku sadar kalau anaknya semakin aktif dengan aktivitasnya itu.

5 Cara Membantu Pengembangan Minat dan Bakat Anak Usia Dini Secara Optimal

Sebagai orang tua di saat melihat bakat yang dimiliki sebaiknya tidak membiarkan bakat dan minat tersebut berlalu. Sebagai orang kita harus peka dan berilah dukungan, apalagi kalau kegiatan yang dilakukan tersebut memberikan dampa positif bagi si anak.

Setelah melihat bakat dan minat pada anak, sebagai orang tua ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendukung aktivitas si anak, diantaranya:

1. Beri Dukungan Atas Bakat yang Dimiliki Pada Anak

Pada saat anak memiliki potensi pada kegiatan tertentu, sebagai orang tua tentu kita harus memberikan dukungan penuh pada anak. Selama bakat yang dimiliki anak tidak membawa hal buruk, dan justru memberikan perkembangan dan dampak positif kepada anak.

Karena dengan dukungan dari orang tua, anak akan memberikan yang terbaik secara maksimal dari bakat yang mereka geluti tersebut.

2. Beri Kebebasan untuk Memilih 

Biasakan anak untuk memilih apa yang diinginkan. Hal ini secara tidak langsung akan mendukung tumbuh kembang mereka dalam menggapai cita-cita dan apapun yang mereka inginkan untuk masa depannya. Tidak memaksa harus sesuai keinginan orang tua. Sebagai orang tua bisa mendukung untuk melihat bakat anak melalui tes untuk mengetahui bakat dan minat anak.

Kebebasan memilih disini tidak membiarkan anak berkembang sendiri, tentu perlu dukungan orang tua sebagai pengawas dan melihat perkembangan dari apa yang dipilih oleh anak-anak.

3. Berikan Dukungan Melalui Fasilitas

Memberikan fasilitas adalah salah satu dukungan dari orang tua atas bakat yang dimiliki si anak. Kamu bisa memberikan fasilitas berupa membiarkan anak mengikuti beberapa kegiatan les yang mendukung bakatnya.

Cara lain memberikan dukungan fasilitas melalui reward atas pencapaian si anak. Misal anak berhasil mendapatkan nilai terbaik di kelasnya, nah dari sini sebagai orang tua bisa menawarkan reward yang mereka inginkan seperti fasilitas-fasilitas yang mendukung bakat mereka.

4. Jangan Menekan Anak

Saat anak sedang di masa pengembangan minat dan bakatnya, sebagai orang tua jangan pernah menekan akan harus sesuai keinginan. Hal ini akan berdampak tidak baik anak, dan bisa berakibat anak akan merasa kurang percaya diri dan merendah.

Padahal dalam membentuk dan mengembangkan bakat anak rasa percaya dirilah yang menjadi faktor utama.

5. Melatih Ketekunan Pada Anak

Membiasakan anak terus berlatih terhadap apa yang diinginkannya. Misalnya memberikan waktu berlatih secara teratur. Dalam pengembangan bakat tentu sangat diperlukan kerja keras dan pantang menyerah jika sewaktu-waktu mengalami kegagalan.

Nah untuk lebih mendukung pengembangan minat dan bakat anak usia dini, untuk mendukung aktifitas anak-anak, sebagai orang tua kamu bisa mendaftarkan anak-anak ke Yupi's Got Talent 2022.

Kebetulan banget nih kalau Yupi Gummy lagi mengadakan event terbaik untuk mendukung pengembangan bakat dan minat seseorang. Yupi's Got Talent 2022 merupakan sebuah ajang untuk mengapresiasikan semua bakat dan talenta yang dimiliki oleh seseorang.

Ada berbagai pilihan kategori yang bisa dipilih di event ini, diantaranya ada menyanyi, modelling, menari dan apapun bakat yang bisa anak-anak tunjukkan dalam ajang bergensi ini. Karena dengan Yupi, siapapun bisa menjadi bintang.

Untuk tata cara pendaftarannya, kamu bisa mendaftarkan diri atau anak-anak yang memiliki bakat minat ke website resminya Yupi Gummy. Tapi sebelum mendaftar, sebaiknya terlebih dahulu kamu harus membeli produk Yupi Spesial Edition untuk mendaftarkan kode uniknya.

Kode unik yang harus dibeli untuk mengikuti event dari Yupi's Got Talent 2022

Untuk mendapatkan kode uniknya kamu bisa membeli di marketplace Shoppe dan Tokopedia ya.

Gimana?

Sebagai orang tua yang memiliki anak dengan bakat yang sangat disayangkan kalau dibiarkan saja, tidak ada salahnya untuk mendukung mereka dengan mengikuti event dari Yupi's Got Talent 2022 ini.

Oiya sebagai informasi tambahan, event dari Yupi's Got Talent 2022 ini juga bisa dikuti oleh orang dewasa loh. Jadi nggak hanya anak-anak saja yang bisa mengikuti untuk pengembangan minat dan bakat anak usia dini, tapi orang dewasa juga bisa loh. Jadi tunggu apalagi, selamat mencoba ya, semoga sukses.

Related Posts

14 comments

  1. Pengembangan minat dan bakat pada anak memang perlu dukungan ya. Dan betul tidak boleh di paksa juga.

    ReplyDelete
  2. Kadang, ketika menemukan bakat anak, orangtua jadi tergoda untuk terus-menerus mendorong si anak agar bisa menjadi "bintang" ya. Padahal ada sisi lain yang perlu dijadikan pertimbangan, terutama dari sisi si anak sendiri. Hmm. walau mendukung penuh anak, orangtua rupanya perlu mengerem diri juga agar nggak berlebihan dan membuat si kecil merasa terpaksa.

    ReplyDelete
  3. Seru ya kalau kita tahu bakat dan minat anak, apalagi ada anjang kompetisinya kayak Yupis Got Talent ini, anak jadi bisa berprestasi juga atau setidaknya punya pengalaman yang menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Memang sih tiap anak tuh udah dibekali bakat dari sejak lahir. Cuma orang tua emang harus beri dukungan dan fasilitas. Untung nih ada Yupi's Got Talentu bisa banget jadi wadah mengembangkan bakat anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Kalau bakatnya menyanyi gitu fasilitasnya apa ya mbak? Dilesin nyanyi gitu kah?

    ReplyDelete
  6. Kalau sudah ketemu bakat anak, jadi mempermudah untuk mengembangkannya ya. Apalagi sudah ada Yupi's Got Talent, jadi lebih melatih pengembangan bakat anak

    ReplyDelete
  7. Menemukan dan mengembangkan bakat anak memang PR yang cukup sulit. Tapi semoga dengan mencoba mengikuti kompetisi2 contohnya Yupi's Got Talent bisa menjadi langkah awal

    ReplyDelete
  8. Wah Yupi Got Talent ini cocok banget ya sebagai media untuk bisa mengembangka n bakat dan plus memberikan dia dukungan juga. Yang penting jangan dipaksa yaa dan terus diberi semangattt

    ReplyDelete
  9. karena semua anak pasti punya bakat masing-masing ya, kalau bisa diasah sejak dini wah bakal lebih berkembang nih kalau bisa sesuai bakatnya

    ReplyDelete
  10. bagus ya acaranya, semoga dengan adanya prpgram ini memfasilitasi bakat anak-anak yang terpendam selama ini

    ReplyDelete
  11. Mengembangkan bakat sejak dini memang penting yah, apalagi jika didukung dengan media yg mumpuni seperti Yupi

    ReplyDelete
  12. Ada nggak sih mbak cara cepat menemukan bakat di usia anak masih kecil gitu, secara kadang bakat rerlmbat pas usah gede dan datangnya pas butuh duit hadeh....coba kan datengnya lebih cepat kan lumayan memperpendek waktu

    ReplyDelete
  13. anak kalau udah kelihatan punya bakat emang sayang banget kalo dibiarin gitu aja. sebagai orangtua emang udah seharusnya sih mendukung, dengan ikutan yupi;s got talent 2022 nih salah satunya

    ReplyDelete
  14. Seneng ya sekarang makin banyak ajang pencarian bakat yang bisa membantu ortu menemukan bakat2 terpendam anak. Btw, ini yang tertarik ikut Yupi's Got Talent kok malah emaknya bukan anaknya ya wkwk.

    ReplyDelete

Post a Comment