Kontainer Peti Kemas Jenis & Fungsinya Perlu Kamu Tahu

1 comment
Konten [Tampil]
Jenis dan fungsi yang harus diketahui tentang kontainer peti kemas

Kebutuhan akan jasa angkut barang dalam jumlah besar memang semakin meningkat belakangan ini. Termasuk penggunaan container peti kemas yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari bidang pelayaran, perdagangan ataupun transportasi. Dengan memanfaatkan pengangkut inilah, teman-teman akan mendapatkan banyak keuntungan. 

Sebab kontainer mampu melindungi isi atau muatan selama berada di perjalanan yang Panjang. Peti kemas sendiri didesain agar dapat memastikan bahwa produk konsumen datang dengan bentuk masih utuh dan tidak ada kecacatan. Itulah mengapa keberadaannya memang semakin banyak dicari terutama di dalam bidang perdagangan. 

Jenis-jenis Kontainer Peti Kemas

Jika teman-teman tertarik dan ingin menggunakan jenis kontainer untuk layanan pengangkutan barang, maka harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Sebab setiap produk atau muatan dimana akan dikirimkan ternyata membutuhkan tipe container yang berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing. 

Adapun unit dari peti tersebut juga sanat bervariasi mulai dari dimensi, bahan, struktur, konstruksi dan masih ada banyak lagi.

Adapun berbagai jenis kontainer kemas yang akan digunakan juga wajib memenuhi syarat atas jenis pengiriman kargo. Sampai disini, konsumen pastinya penasaran apa sajakah jenis-jenis container tersebut bukan? Jika demikian, simak penjelasan berikut ya!

1. Dry Storage Container 

Adapun tipe pertama adalah dry storage kontainer dimana juga dikenal dengan purpose container. Ini adalah tipe paling umum yang digunakan dengan berbagai macam pilihan dimensi yang sudah distandarisasi oleh pihak ISO. Sesuai dengan namanya, container ini sangat cocok digunakan buat muatan jenis kering. 

Desainnya sendiri sepenuhnya tertutup, dilindungi dan tahan terhadap berbagai macam unsur cuaca ataupun perubahan suhu. Dilengkapi dengan atap, dinding samping sekaligus lantai yang kaku. Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh alat tersebut adalah mempunyai adaptasi seperti flexi-tank ataupun liner-bags

2. Open Top 

Masih ada kontainer kemas berikutnya yakni open top dimana mempunyai atap convertible yang dapat dihilangkan sesuai kebutuhan. Layanan ini sangat cocok buat jenis kargo yang lebih tinggi dan tidak mudah dimuat melalui pintu. Penggunaannya biasanya dimanfaatkan buat mesin tinggi ataupun produk berat besar lainnya. 

Sangat cocok buat muatan dengan penanganan yang hanya dapat dilakukan dengan cara diderek ataupun digulir di jembatan. Selain itu teman-teman juga akan menemukan adanya cincin dimana dipasang buat rel sisi atas dan bawah serta sudut posting buat pengamanan dari container tersebut.

3. Flat Rack 

Flat rack container mempunyai sisi yang bisa dilipat dan membuat rak secara datar. Dindingnya juga cukup stabil sehingga memungkinkan pengamanan kargo jauh lebih baik. Jenis peti kemas kontainer ini sangat cocok buat barang dengan ukuran besar seperti mesin berat, gulungan besar, kendaraan di trek ataupun bahan konstruksi. 

Karena kemampuan dindingnya yang dapat dilipat itulah ternyata menjadi nilai plus tersendiri. Sebab akan memberikan kemudahan dalam proses pemasukan muatan nantinya. 

4. Tunner Container

Masih ada lagi jenis kontainer yang biasanya digunakan yakni tunnel kontainer ini dimana menyediakan dua pintu di bagian ujungnya. Dengan adanya dua pintu ini di kedua ujungnya itulah akan berguna untuk membuat proses pemuatan jauh lebih cepat. 

5. Open Side Storage 

Terakhir adalah open side storage dimana menyediakan pintu yang dapat berubah menjadi sisi dimana benar-benar terbuka. Dengan cara inilah ruang buat memasukkan barang ke dalamnya jauh lebih luas sekaligus lapang. Keberadaannya sendiri mempunyai kemiripan dengan general purpose sekilas. 

Menggunakan layanan kontainer ini akan memberikan banyak keuntungan bagi para konsumen agar muatan yang dikirim bisa sampai ke tempat tujuan. Jika teman-teman ingin menemukan kontainer peti kemas yang tepat, maka dapat mengandalkan hagajaya.com sekarang juga.

Related Posts

1 comment

Post a Comment