Hoala & Koala, Belajar Asyik dengan Lagu Animasi Anak Indonesia

23 comments
Konten [Tampil]

Hoala & Koala, Lagu animasi anak indonesia

Halo teman-teman, sudah tahu tentang Hoala & Koala belum? Itu loh dua karakter musikal fiktif yang berperan dalam video lagu animasi anak Indonesia yang sekarang ini mereka berdua lagi hype banget loh.

Nah ngomongin lagu anak Indonesia nih? Coba deh kasih tahu aku lagu anak-anak yang sekarang ini lagi banyak digemari anak-anak tuh lagu yan g seperti apa dan penyanyinya siapa?

Atau si kecilnya teman-teman kalau di rumah seringnya dengerin musik lebih sering muterin lagu apa atau kalau lagi nonton Youtube seringnya mereka nonton video apa? 

Sadar satu hal nggak?

Bahwa lagu anak-anak khususnya di Indonesia semakin nggak terlihat dan jarang kita dengar. Contoh faktanya nih, di acara audisi pencarian bakat anak-anak. 

Mirisnya di audisi mereka lebih memilih menyanyikan lagu-lagu orang dewasa dengan lirik yang nggak sesuai dengan usianya mereka sendiri. Terkadang bahkan ada beberapa komentar penonton yang menyayangkan hal ini.

Gimana tidak, lagu anak-anak yang dulunya sangat mudah ditemui dan didengar tapi kini perlahan seakan menghilang. Yang lahir pada tahun 90-an pasti tahu dong seperti Meisy, Tasya, Joshua dan lain-lain. Lagu-lagu mereka ini pada masanya sangat banyak digemari. Tapi kini, sudah jarang terdengar.

Ponaanku sendiri nih, kalau ditanyain lagu favorit, dia langsung jawab Walker, duhh iyaaa dia sering dengerinnya itu. Makanya miris banget. Aku yang denger pas awalnya cuma bisa melongo dan terdiam. Kalah saing akunya.

Nah gara-gara kejadian itulah aku atas inisiatif sendiri mencari tahu lagu anak-anak yang bisa menyelamatkan dan menarik perhatian ponaanku supaya bisa kembali ke selera usianya.

Ketemu nggak? Ketemu, cuma ada banyak lagu anak-anak memang yang aku jumpai seperti di youtube. Hanya saja beberapa lagu tersebut liriknya nggak terlalu cocok untuk didengar oleh anak-anak karena liriknya yang kurang mendidik dan dari lagunya itu terkesan hanya ingin menghibur pendengarnya saja.

Belum menyerah, aku terus mencari hingga bertemulah aku sama video animasi yang berjudul Hoala & Koala yang ternyata berbahasa Indonesia juga. Aku tes coba perlihatkan dan dengarkan ke ponaanku videonya, dan dia langsung suka. Karena selain lagunya berbahasa Indonesia, dia tertarik karena video dan karakternya juga. Jadi berasa seperti nonton film kartun katanya.

Yuk kenalan lebih dekat dengan Hoala & Koala.

Apa itu Hoala & Koala?

Hoala & Koala adalah dua karakter fiktif yang berkonstribusi di dunia musik anak Indonesia. Dimana mereka berdua ini sejak diluncurkan pada tahun 2020 lalu sudah banyak menyumbangkan banyak lagu anak Indonesia baru yang kekinian agar anak-anak dapat belajar sekaligus menikmati lagu-lagunya yang pasti sudah dikemas dengan kualitas baik sehingga dapat menarik perhatian anak-anak.

Mereka ini (Hoala & Koala) adalah dua sahabat yang sangat  gemar menyanyi, sehingga mereka akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya untuk anak-anak Indonesia.

Hoala & Koala juga cocok dijadikan teman bermain baru buat anak-anak Indonesia karena menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini bertujuan agar bahasa Indonesia tidak akan luntur ditengah maraknya penggunaan bahasa asing dihampir segala aspek kehidupan sehari-hari.

Kenapa harus bermain dengan Hoala & Koala?

Coba deh teman-teman dengerin satu saja lagunya Hoala & Koala ini. Aku yakin pasti ketagihan dan sayang kalau anak-anak di rumah nggak dikenalkan dengan lagu anak satu ini. 

Kenapa?

Karena banyak sekali keistimewaan dan manfaat yang aku yakin teman-teman di rumah belum pernah menemukan hal yang serupa yang seperti ada pada lagu anak Hoala & Koala.

1. Mempunyai lebih dari satu aliran musik

Karena banyaknya musisi Internasional membuat Hoala & Koala memiliki lebih dari satu instrumen dengan keunikan yang berbeda. Tak hanya satu genre children pop, namun juga terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop hingga etnik. 

Sehingga anak-anak aku yakin mampu dan mudah untuk mencerna dengan sendirinya secara cepat dan tepat. Jadi jangan takut kalau anak-anak bakalan cepat bosan yaa, karena hal itu aku yakin nggak akan terjadi.

2. Berbentuk video animasi 3D

Divisualisasikan dalam bentuk video animasi 3D, sehingga hal ini tentu saja sangat menarik perhatian anak-anak karena tingkah lucu dari karakter-karakter pemerannya. Dan Hoala & Koala ini juga bisa dan cocok untuk ditonton oleh anak-anak dari usia bayi hingga sekolah dasar.

Kenapa mereka harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter-karakter di dalam video Hoala & Koala ini nantinya tidak akan lekang oleh waktu, dan teman-teman tidak perlu khawatir bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

Karena lagu-lagu di Hoala & Koala yang berbobot kemudian dikombinasikan dengan video animasi 3D dan hal ini akan memberikan warna baru pada dunia hiburan tanah air.

3. Ada banyak karakter lainnya selain Hoala & Koala

Karakter tokoh di video animasi Hoala & Koala

Di dalam video animasi yang menambah daya tarik anak-anak adalah terdapat lebih dari dua karakter tokoh yang tidak hanya ada Hoala dan Koala saja, tapi ada karakter lainnya seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, Rubin, Lincul, Burhan, Bu Aya, Serigili, Om Pong, dan Om Bre.

Dengan banyaknya variasi karakter tokoh dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan di Hoala & Koala ini tidak hanya dapat menghibur anak-anak saja, namun juga dapat menghibur para orang tua yang mendampingi dan menemani anaknya menonton.

4. Ada banyak pilihan lagu dan bisa ditonton dimana saja

Keseruan lain jika anak-anak di rumah menonton video dan didengarkan lagu-lagu-nya Hoala & Koala adalah karena ada banyaknya pilihan lagu yang bisa dipilih secara mandiri oleh anak. Karena Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak.

Video Hoala & Koala sendiri bisa ditonton langsung dan didengar di Youtube, Spotify, hingga itunes. Jadi anak-anak tinggal memilih lagu mana yang ingin diputar karena semuanya sudah tersedia dibeberapa platform tersebut. 

Nonton Hoala & Koala di Youtube

5. Bisa bermain sambil belajar

Bersama Hoala & Koala selain bisa menonton dan mendengar lagu-lagunya, anak-anak juga bisa belajar sambil bermain bersama. Karena video yang ditayangkan tidak hanya sekadar lagu saja, tapi juga dengan lirik yang membangun dan memotivasi anak untuk membentuk karakter yang lebih baik dan mendidik.

Hoala Koala, bukan lagu anak Indonesia biasa

Bersama Hoala & Koala, pembuatnya ingin membuktikan bahwa tidak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik dan garapannya yang juga sederhana. Tapi bersama Hoala & Koala ini kualitas yang dibuat tidak setengah-setengah, karena kualitas video yang dibuat dan ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Hal ini terlihat dari seluruh musiknya yang digarap dengan serius dan matang. Dan banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musikya. 

Istimewanya alat musik yang digunakan adalah alat musik yang tidak lazim untuk digunakan pada lagu anak-anak, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa hingga instrumen musik indonesia seperti gamelam dan angklung.

Sudah terlihat bukan kalau lagu anak indonesia Hoala Koala adalah lagu-lagu anak yang tidak biasa dan wajib dikenalkan pada anak-anak di rumah.

Yuk, ajak si kecilmu bermain asyik bersama Hoala & Koala

Setelah membaca pengalamanku mengenalkan ponaan kecilku dengan Hoala & Koala, yakin nih masih belum mau ngenalin dengan si kecil di rumah?

Ada banyak sekali manfaat yang didapat bersama Hoala & Koala. Tidak hanya bernyanyi tapi juga bisa belajar asyik bersama-sama di rumah bersama si kecil.

Mengikuti nyanyiannya, melihat tontonan yang mendidik sehingga perlahan bisa membantu karakter anak di rumah lebih terarah karena video animasi dari Hoala Koala mengajarkan anak tentang banyak hal. Seperti menyimpan mainan setelah bermain, makan tidak berserakan. Hal tersebut akan teman-teman temukan pada lirik lagu-lagunya Hoala Koala.

Kehadiran Hoala Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak yang tidak hanya sepenggal lirikan biasa saja, tapi juga menyimpan banyak arti positif dan kebaikan untuk mengajari anak tentang kehidupan sehari-hari. Serta dapat menaikkan level terhadap pandangan umum atas lagu anak indonesia.

Tunggu apa lagi, yuk ajak anak-anak untuk bernyanyi sambil belajar asyik bersama Hoala Koala dan teman-temannya.

Related Posts

23 comments

  1. Karakternya lucu-lucu. Lagunya juga bagus2 bisa membangun karakter anak-anak. Memang lagu itu salah satu belajar yang cepet nyanthol buat anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja orang tua jadi betah juga mendengarkan lagu-lagunya. Ikutan belajar juga dengan anak. Hehehe

      Delete
    2. Setujuuuu..
      Emak-emaknya aja sukaa, apalagi anak-anaknya yaa..
      Suaranya juga banguuss, pas banget nih buat nemenin anak belajar sambil dengerin lagu-lagunya Hoala & Koala

      Delete
  2. Keren, pada dasarnya anak2 suka berdendang dan menyanyi. Bisa menjadi sarana belajar anak yang efektif

    ReplyDelete
  3. Lucu juga ya kak animasi Hoala dan Koala. Adanya animasi ini, sangat membantu orang tua ketika masih belajar di rumah.

    ReplyDelete
  4. Senang banget nonton yutubnya sekarang gak hanya permainan atau film kartun tapi bisa mengenal banyak lagu anak Indonesia juga ya.
    Anak saya sudah menonton Hoala & Koala ini juga dong ...

    ReplyDelete
  5. Seneng rasanya ada lagu-lagu anak yang bisa jadi referensi di tengah-tengah industri musik yang tidak ramah untuk diperdengarkan pada anak-anak kita

    ReplyDelete
  6. Ponakanku juga harus dikenalkan dengan karakter animasi 3D Hoala dan Koala ini agar mengetahui lagu anak-anak sesuai umurnya. Makasih info menariknya mba.

    ReplyDelete
  7. Hoala Koala bagaikan angin segar di tengah suasana Indonesia yang memasuki pandemi dengan segala keterbatasan anak-anak bergaul dengan anak lain seusianya.
    Dengan memberikan tontonan yang edukatif, semoga pendidikan karakter anak tetap bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  8. Hoala koala acara pas buat anak ditengah lagi jarang banget acara anak skr..menarik juga ceritanya, anak2 pasti suka...

    ReplyDelete
  9. Saya baru tahu nih...
    Wah, kudu cari

    ReplyDelete
  10. Rekomendasi yang sangat membantu nih buat ponakan ku jugaaa.. bermain sambil belajar. Jadi ga bakal bosann

    ReplyDelete
  11. Biasa lagu anak² cuma pop. Ini dikenalin jaz, swing, selain pop. Anak² jadi belajar dan mengenal genre musik. Jadi ngebayangin lagu Lihat Kebunku versi jaz.

    ReplyDelete
  12. Wuah.. Kereen. Baru tau tentang Hoala dan Koala. Bisa ngasih alternatif lagu anak-anak nih buta para ponakanku..

    ReplyDelete
  13. Bener banget, semakin kesini semakin susah nyari lagu anak-anak. Syukur ada Hoala dan Koala, keren banget. Ntar ah buat cucu... 😄ketahuan tuanya nih

    ReplyDelete
  14. hadirnya hoala koala ini menjadi angin segar untuk anak-anak indonesia yaa. akhirnya ada juga lagu anak yang selama ini menghilang

    ReplyDelete
  15. Ada lagu-lagu yang ditampilkan sesuai usia anak-anak jadi lega ya. Bisa jadi rekomen ponakan daku ini

    ReplyDelete
  16. Hmm rasanya aku kurang setuju dengan jumlah lagu anak Indonesia yang berkurang. Saat ini malah mulai banyak bermunculan, walau kebanyakan sepaket dengan serial animasi seperti Nussa atau Riko. Ada pula Ba Li Ta. Lalu, Hoala Koala pun jadi salah satu di antaranya yang bisa banget mengajak anak-anak berimajinasi jauh. Ada episode minum susu dari Hoala Koala nih yang anak balitaku suka.

    ReplyDelete
  17. seneng deh ada Hoala dan Koala, jadi anak-anak punya lagu yang sesuai sama usia mereka dan tentunya ada selipan edukasi juga kan biasanya tuh di dalam lagu anak-anak tuh

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah aku jugaa udah subscibe doong. Syukurlah ada yg perhatian sama lagu2 anak indonesia

    ReplyDelete
  19. Aku jadi mau langsung cus deh karena ini marketnya bagus buat anak-anak ya, mba. Sekarang susah cari lagu rekomend

    ReplyDelete
  20. bagus banget lho hoala koala ini kualitas musiknya bersaing dengan lagu-lagu anak internasional

    ReplyDelete
  21. aku yang sudah dewasa malah lebih suka lagu anak-anak karena pembawaan lebih ceria dan bikin semangat setiap hari :D

    ReplyDelete

Post a Comment