Book Review Hujan Punya Cerita Tentang Kita - Yoana Dianika


Judul Buku : Hujan Punya Cerita Tentang Kita
Penulis : Yoana Dianika
Penyunting : Sein Ario
Penerbit : Bukune
Jumlah Halaman : vi + 298 hlm
Terbit : Januari 2020
ISBN : 978-602-220-349-0

Blurb


Jatuh cinta kepadamu begitu menyenangkan,
Seperti meringkuk dalam selimut hangat pada malam yang hujan.
Seperti menemukan keeping terakhir puzzle yang sedang kau susun.
Cinta ini sudah berada tepat di tempat yang seharusnya,
di ruang hatimu dan hatiku.

Namun, mengapa resah justru yang merajai kita?
Padahal, katanya cinta sanggup menjaga.
Aku ingin kau tahu, diam-diam, aku selalu menitipkan harapan
yang sama ke dalam beribu-ribu rintik hujan:
aku ingin hari depanku selalu bersamamu.

Aku mencintaimu. Selalu.
Dan, mereka tak perlu tahu ….

Jangan lupa ikuti giveaway nya juga disini

Kilas Balik Cerita Hujan Punya Cerita tentang Kita

“Maksud KKN tuh supaya kita bisa membaur sama masyarakat. … Berarti, yang terpenting adalah praktiknya, bukan teorinya.” – hlm. 30
KKN (Kerja Kuliah Nyata) bagi sebagian mahasiswa mungkin akan menyenangkan. Temat baru, suasana baru, bertemu dengan orang-orang baru. Seperti apa yang diharapkan Rangga, mahasiswa FIB (Fakultas Ilmu Budaya) yang juga selebgram mempunyai keahlian fotografi. Jadi wajar-wajar saja jika Rangga sangat excited mengikuti KKN.

Berbeda dengan Kie. Mahasiswi FEB (Fakultas Ekonomi Bisnis) yang cenderung pendiam dan cangung jika bertemu dengan orang baru,, sibuk dengan kesibukannya sendiri, tidak ada teman, kurang bisa bersosialisasi dengan lingkungan baru, membuatnya was-was mengikuti KKN. Belum lagi dengan astrofobia-nya yang mungkin akan ditertawakan orang lain.

Namun apa yang ditakutkan tidak terjadi. di kelompok KKN nya dia berteman lumayan dekat dengan Krisan yang luwes, gampang akrab dengan orang lain, dan mengenalkannya dengan Rangga. Rangga yang melindunginya dari fobia-nya, Rangga yang mengenalkannya pada hujan yang selama ini menjadi ketakutannya sendiri, Rangga yang mengenalkannya pada sesuatu yang baru, yang mungkin selama ini tidak pernah terpikirkan oleh Kie. Rangga yang memperlakukannya sangat istimewa. Perasaan baru yang kerap muncul saat Kie dan Rangga sedang berdua. Perasaan yang membuatnya berdebar-debar.

Bagi Rangga, Kie cantik dalam diamnya. Walaupun pendiam dan cenderung malu-malu, Rangga selalu betah jika berduaan dengan Kie. Menangkap senyum indah Kie dengan lensa kameranya. Berbagi cerita, menikmati alam berdua, apapun asal ia selalu bisa bersama dengan Kie. Dan KKN bagi Rangga sangat indah karena mengenalkannya dengan sosok manis yang membuat hidupnya semakin semangat.

Namun bagaimana jika takdir seakan tidak merestui hubungan keduanya? Dua sosok yang sama-sama sangat mereka sayangi dan satu-satunya yang mereka miliki juga menjalin hubungan yang sama. Hingga mau tak mau mereka di tuntut untuk mengakhiri semuanya demi kebahagiaan orang yang mereka sayang.
“Senja selalu membuat rindu, di sisi lain terkesan hangat, tetapi pada saat yang sama kadang angkuh dan bisa melukai. Sama seperti cinta, kadang bikin bahagia, kadang ninggalin luka.” – hlm. 199

Book Review Hujan Punya Cerita tentang Kita - Yoana Dianika


Dari awal menerima buku ini dari abang kurir, jujur aku nggak berekspektasi apa-apa. Biasa saja. Tapi setelah selesai baca kurang dari 10 jam aku cuma bisa bilang buku ini terlalu W.O.W dengan cover yang manis yang ‘sangat’ mencerminkan alur ceritanya. Dan untuk buku ini aku berharap TOLONG kalian jangan men-judge karena covernya (bukan berarti kovernya jelek, bukan, tapi ntahlah aku kurang cocok dengan pilihan warnanya mungkin). Karena buku ini lebih dari biasa saja. Kisah yang terlalu manis dan syahdu di antara suara merdu hujan yang akan mengiringi kisah mereka beserta syair-syair puisi yang menyejukkan kalbu pembaca.

Menggunakan alur maju (sedikit flashback pada masa lalu Krisan yang mengejutkan buatku) membuat buku ini terasa nyata dan sangat mudah untuk pembaca memainkan dan membayangkan gambaran/imajinasi yang serupa saat sedang membaca. terutama suasana saat sedang KKN. Terasa nyata sekali. Hampir 99% gambaran tentang KKN nya sama dengan apa yang pernah dulu aku lakukan saat KKN juga. Dari mulai mengantar mahasiswa ke Kecamatan-Desa, penempatan tempat tinggalnya, menyusun proker, menjalankan semua rutinitas yang ada dan berbaur dengan masyarakatnya juga. Dan suasana alamnya yang sejuk yang sangat berbeda dengan suasana di Kota-kota besar juga ada disinggung di dalam buku ini. dan tentu saja dengan gaya bahasa penulis yang lugas dan santai tidak membuat buku ini bosan dan jenuh malah sebaliknya, kita akan semakin dibuat penasaran dengan alur ceritanya. Juga interaksi antara tokoh-tokohnya yang asyik, dan manis apalagi saat bagian Kie dan Rangga, siap-siap deh bakalan baper, hahahaha. Antara narasi dan dialonya juga pas, tidak menimbulkan tanda tanya atau kernyitan di dahi bagi pembaca J karena ada catatan kakinya. Dan juga di setiap awal bab baru kita akan disuguhi dengan syair-syair puisi dari tokohnya, nggak hanya di awal, ada beberapa di dalam bab akan diselipkan puisi-puisi manis yang menambah kesan nuansa syahu di setiap lembarannya yang tentu saja mendukung jalan cerita. Dan juga plot twist-nya yang sangat-sangat ‘keterlaluan’, bukan aku yang berlebihan tapi memang begitu adanya.


Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga serba tahu kita bisa menyelami perasaan masing-maisng tokohnya dengan baik. Kita bisa memahami bagaimana seorang Kie yang pendiam yang tiba-tiba didekati oleh Rangga yang blak-blakkan, yang juga adalah seorang selebgram dengan kata-kata manisnya membuatnya malu-malu dan canggung. Perhatian-perhatian kecil yang diberikan Rangga kepada Kie terasa natural sekali, tidak ada yang dilebih-lebihkan (karena sifat dan kelakuan Rangga pun sudah dijelaskan dari awal, jadi nggak aneh dan janggal). Manisnya pas, hanya hati-hati saja kalau hati kalian akan lumer karena kelakuan Rangga yang keterlaluan manisnya itu. Krisan yang ternyata diam-diam menyukai sang sahabat, dan perasaan kalahnya saat didahului. Azar yang sering salah tingkah kalau dipuji, memiliki perasaan lebih kepada Kie yang harus selalu mengalah ketika melihat kedekatan Kie dan Rangga. Semuanya terangkum dengan baik. Dengan gaya bahasa penulis yang mudah dipahami, dengan pilihan diksi yang tepat membuat kita pembaca tidak terkesan buru-buru saat meneyelesaikan buku ini. Aku suka bawaan santai saat membaca buku ini dan juga suasana syahdunya.

Dengan konflik cerita lebih ke perasaan bathin para tokohnya, membuat kita hanyut dan ikut ngerasain dengan apa yang dirasakan oleh para tokohnya. Perasaan senang, kesal, cemburu, sedih, sayang, pokoknya semua. Aku juga ikut ngerasain gimana perasaan emosional keduanya (Rangga-Kie), terutama saat puncak konflik menuju ending. bener-bener perasaan aku tuh kayak di campur-aduk, emosi, ikutan kesal, ikut sedih dan ngerasa kalah dengan keadaan Rangga dan Kie yang tidak ada pilihan untuk mereka pilih, seakan mereka memang sudah ditakdirkan seperti itu. Dibagian ini tuh kayak penulis meluapkan semua emosinya saat menulis, tidak ada cela, tidak ada yang janggal, semuanya terasa pas.

Untuk karakter-karakter tokohnya penulis mendeskripsikannya dengan sangat baik dan detail. Seperti Azar, Krisan, Rangga, dan Kie bawaan mereka dalam cerita sangat kuat dan terasa nyata. Dengan tokoh-tokoh pendukung yang mempunyai peran masing-masing yang pas sesuai porsinya. Untuk karakter favoritku tentu saja Rangga <3 gimana ya gambarin sosoknya ini. Kalau dari deskripsi si Rangga ini, dia ini nggak ganteng-ganteng kali kok, manis lebih tepatnya, dan bawaannya yang supel dan mudah berbaur dengan orang baru membuat dia disukai banyak orang, ramah juga fans-fansnya, berkaca mata (matanya minus loh), Rangga ini terkenal karena keahlian memotret, terus karena dari mulutnya itu loh selalu keluar kata-kata yang buat siapapun yang dengar bakal meleleh, apalagi postingan IG nya memang syair-syair puitis yang manis yang akan di like oleh ribuan pengikutnya yang disertai dengan foto-foto yang sangat mencerminkan perasaannya.

Perkembangan karakter tokohnya pun dari awal hingga akhir sangat baik. Apapun yang ingin disampaikan penulis melalui karakter-karakter tokohnya tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Sesuai judulnya ‘Hujan Punya Cerita Tentang Kita’, memang benar adanya. Karena disetiap hujan turun ada kisah yang menyimpan banyak kenangan di dalam buku ini.

Membaca buku ini kita bisa menambah ilmu baru juga, seperti tentang Astrofobia yang dialami Kie, dimana seseorang takut akan suara petir saat hujan turun. Pluviophile yang di juluki buat Rangga karena kecintaannya terhadap hujan. Tentang asal usul pelangi dan hujan juga ada dibahas didalamnya.

Melalui buku ini juga kita banyak mendapatkan pesan-pesan moral kehidupan yang bisa dipetik, yang bisa kita renungkan untuk hidup kita sehari-hari. Seperti tentang cinta, menerima, mengikhlaskan, perubahan karena takdir, arti dari sebuah kehidupan yang sebenarnya, dan tentang arti rumah dari setiap orang. Dan masih banyak lagi hal-hal positif yang akan kita dapatkan dalam buku ini selain kisah romance-nya tentu saja. Dari dari Azar, kita belajar untuh sabar dan ikhlas. Sosok Azar disini patut diapresiasi.

Untuk endingnya yang paling akhir kok aku ngerasa itu nggak wajar. Disaat kehilangan, apa bisa si ayah bisa menerima kehadiran yang pasti sangat mengingatkannya dengan kenangan yang teah pergi (?). Dan juga kehilangan yang sangat kebetulan sekali, seakan penulis memang sudah mengaturnya seperti itu demi ending yang diharapkannya. Dan lagi bagi Kie sendiri. 

Overall,aku sangat  menyukai buku ini. semuanya, dari alur, pembawaan karakter tokoh-tokohnya, konflik-nya, semuanya pokoknya. Dan sepertinya aku akan menobatkan buku ini menjadi buku favoritku lagi di tahun ini <3 rekomend banget buat kamu yang penyuka cerita romance ringan dengan dibaluri bumbu syair-syair puitis didalamnya.
“Yang namanya jodoh, sejauh apa pun laut memisahkan, maka bakalan balik. Yang namanya nggak jodoh, sedekat apa pun jaraknya, ya tetap nggak bisa bersatu …” – hlm. 292

R A T I N G  4.5 🌟

Related Posts

14 comments

  1. Hai, Pida. Jujur ya, awalnya aku juga mikir kalau ceritanya bakalan seperti covernya yang biasa. Mungkin bener si, covernya sedikit kurang menarik. Kemarin lihat giveaway buku ini juga sama sekali belum tergerak buat ikutan. Tapi ini aku nggak Perez ya. Pas kamu meyakinkan kalau novel ini rekomen buat dibaca karena ceritanya lebih wow. Aku jadi yakin buat ikutan giveaway buku ini. Ya semoga dapat kesempatan buat buktikan apa buku ini memang wow even covernya yang sedikit kurang menarik. Hehe

    IG: hanatfutuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      Untuk buku ini memang gitu kak, aku aja awalnya nggak berharap lebih sihh, tapi yaa lumayan terkejut dgn alur cerita terutama di endingnya sihh, dan benar jgn men-judge kovernya :)
      Good Luck kak..

      Delete
  2. Bagus ya Pi,, Aku penasaran sama yang membuat mereka tidak bisa bersama. Kok bisa sich sama2 suka tapi sama2 mau berkorban untuk yang mereka sayang. Memang siapa sich?

    @juliant_luber

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah..
      Good luck yaa, semoga bisa menuntaskan rasa penasarannya dgn 'siapa' mereka2 itu :D

      Delete
  3. Yaaak selamat kak pi telah berhasil membuat saya makin penasaran dengan novel Hujan Punya Cerita Tentang Kita. Reviewnya kak pi to the point banget, aku suka. Dan aku suka banget sama novel yang banyak quotes di dalamnya. Ig : Oktavianindyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh :)
      Good luck yaa, semoga berjodoh dgn bukunya ;)

      Delete
  4. Many people say, don't judge a book by its cover, right? Nah itu yang sedang saya terapkan sekarang. Kalo diliat-liat, covernya biasa aja. But, saya yakin isinya pasti luar biasa. Seperti yang kamu review di atas 'Melalui buku ini juga kita banyak mendapatkan pesan-pesan moral kehidupan yang bisa dipetik, yang bisa kita renungkan untuk hidup kita sehari-hari'. Semoga anak saya dapat memetik pesan moral yang ada di buku ini jika saya menang hehe.

    @asmiyetii_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak bener bangett.
      Khusus utk buku dgn kover yg sederhana ini, jgn men-judge kovernya :)
      Good luck ya kak ;)

      Delete
  5. Aku takut suara petir, tapi masih menikmati hujannya. Rasanya lega banget setiap turun hujan. Bener, hujan emang sering terkait dg proses perenungan. Hihi. Soal cinta, hidup, dan semua hal manis dan pahit yang ada dalam hidup. Aku pengin bisa baca buku ini. Mungkin aku harus baca untuk mengikhlaskan satu hal menyakitkan yg baru saja datang dan membuat aku ada di titik terensah. Terlepas dari itu, aku emang suka bacahihi. Akun ig:Keza236_queen

    ReplyDelete
  6. Aku takut suara petir, tapi masih menikmati hujannya. Rasanya lega banget setiap turun hujan. Bener, hujan emang sering terkait dg proses perenungan. Hihi. Soal cinta, hidup, dan semua hal manis dan pahit yang ada dalam hidup. Aku pengin bisa baca buku ini. Mungkin aku harus baca untuk mengikhlaskan satu hal menyakitkan yg baru saja datang dan membuat aku ada di titik terensah. Terlepas dari itu, aku emang suka bacahihi. Akun ig:Keza236_queen

    ReplyDelete
  7. Aku belum baca versi lama. Makanya pas ada versi baru ini penasaran banget, apalagi setelah baca review dari beberapa akun reviewer, makin aja pengen kenalan sama Rangga dan kisah mereka ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama..
      Aku juga belum baca versi lamanya, katanya sih utk endingnya berbeda dgn yg versi baru..
      Good luck yaa ;)

      Delete

Post a Comment

Follow by Email