Kulineran Seru di Deretan Pasar Solo Hingga Borong Batik

Konten [Tampil]
Kuliner dan belanja oleh-oleh di pasar Solo

Solo jadi salah satu destinasi seru yang bisa kamu jelajahi jika pilih Jawa Tengah untuk jalan-jalan. Selain terkenal karena wisata budayanya, kota Solo juga menyimpan segudang potensi wisata. Salah satunya adalah dari segi wisata belanja. 

Wilayah yang juga disebut sebagai Surakarta ini ternyata menyimpan deretan pasar dengan banyaknya aneka barang yang ditawarkan.

Jika kamu ingin menjelajahi Solo, kereta api menjadi pilihan tepat transportasi yang nyaman dan murah yang bisa wajib dicoba.  Apalagi jika kamu pesan tiketnya di Traveloka, kamu bisa mendapatkan harga yang paling murah. 

Tertarik? Jangan lupa pesan tiket kereta api harga terbaik di sini saat kamu sedang berada di Solo dan ingin menjelajahi kota Solo ya. 

Deretan Pasar di Solo, Bisa Borong Batik sampai Kulineran Seru

Nah, buat kamu yang pengin cuci mata di pasar Solo, berikut beberapa list pasar di Solo yang bisa kamu jelajahi jika ingin berencana datang.

1. Pasar Klewer Solo

Beralamat di Jl. DR Radjiman No. 5A, Gajahan, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta, pasar Klewer Solo merupakan pasar terpopuler di Solo yang menyuguhkan banyak pilihan batik. Baik itu eceran sampai dengan grosir. Koleksi batiknya pun sangat lengkap, tidak hanya baju saja. Ada tas, sandal, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Pasar ini sudah diresmikan sejak tahun 1942 oleh Presiden Soeharto dan sekarang masih berdiri kokoh dan aktif beroperasi. Pembelinya pun datang dari berbagai pelosok negeri, termasuk para reseller batik. Jika tidak ingin membeli batik, di pasar Klewen Solo ini kamu bisa mengambil foto-foto yang estetik.

2. Pasar Gede Hardjonagoro

Jika bosan ke Pasar Klewer, kamu bisa coba main ke Pasar Gede Hardjonagoro. Meski menawarkan banyak hal, tempat belanja satu ini memang paling cocok untuk kulineran. Banyak tempat makan enak dan populer di sini.

Pasar yang beralamat di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta ini memeiliki beberapa contoh kuliner yang direkomendasikan buat dicicipi lho, seperti Cabuk Rambak Bu Ngatmi,  Dawet Telasih Bu Dermi, Mie Goreng Capcay Bu Ngadinem, sampai dengan Ayam Goreng Pak Ali. Semuanya memiliki citarasa enak dan pas dilidah dengan harga yang terjangkau, sayang jika dilewatkan.

3. Pasar Klithikan Notohardjo

Sementara bagi kamu yang gemar thrifting dan suka berburu barang bekas yang berkualitas, aku rekomendasiin Pasar Klithikan Notohardjo, yang beralamat di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Di pasar Klithikan Notohardjo kamu akan mendapatkan barang yang dijajakan beragam, mulai dari spare part mobil, aneka fashion, kaset, barang elektronik dan lain sebagainya.

Nah, supaya kamu bisa dapat barang bekas berkualitas, ada baiknya untuk lebih jeli saat memilih barangnya. Selain itu, jangan ragu untuk menawar ya supaya bisa dapatkan harga yang pas. Tapi tentunya, penawaran yang kamu lakukan harus dengan harga yang wajar dan masuk akal ya 😉

4. Pasar Barang Antik Solo Triwindu

Jika kamu tertarik dengan berbagai barang antik, kamu bisa melipir ke Pasar Triwindu. Dewasa ini, pasar ini tidak hanya dikunjungi oleh orang tua saja, namun ada banyak juga muda mudi yang berkunjung ke sini.

Pasar yang terletak di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta merupakan pasar yang dijadikan anak muda di daerah tersebut sebagai ajang tempat untuk berfoto dengan latar belakang benda-benda antik. Jadi kesannya lebih estetik dan unik. 

Barang yang dijajakan pun sangat beragam, mulai dari kursi, lampu, patung kuno, piring antik, dan lain-lain.

Pasar barang antik Solo Triwindu

5. Pasar Malam Ngarsopuro

Sementara jika kamu ingin menjelajahi Solo di waktu malam hari, kamu bisa pergi ke Pasar Malam Ngarsopuro. Lokasinya masih satu areal dengan Pasar Triwindu, jadi bisa sekalian berburu barang antik.

Meski pasar, penataanya sudah bagus dengan berbagai spot kekinian. Aktivitas yang bisa dilakukan pun beragam, mulai dari belanja, kulineran, foto-foto, belajar menawar barang, dan lain-lain. Yang perlu diingat, pasar malam Ngarsopuro yang beralamat di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta ini hanya buka di hari Sabtu saja mulai jam 18.00 WIB.

6. Pasar Legi Solo

Pasar Legi merupakan pasar terbesar yang ada di Solo dengan luas mencapai 33.072 meter persegi. Fasilitas dan kondisi pasarnya sudah semakin bagus dan sangat layak karena sudah direnovasi berulang kali, terakhir pada awal tahun 2022.

Beralamat di Jl. Letjen S. Parman No.19, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, pasar Legi ini aktivitasnya terjadi 24 jam penuh. Seakan pasar ini tidak pernah istirahat. Pilihan barang yang bisa dibeli pun beragam, dari mulai makanan, peralatan dapur, fashion item, dan lain-lain.

7. Pasar Nusukan

Pasar yang beralamat di Jl. Kapten Piere Tendean No.87b, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta bisa menjadi pilihan yang bisa dikunjungi. 

Pasar ini merupakan tempat berburu ikan di Solo. Pilihan ikannya sangat lengkap dan segar-segar. Bahkan meski pasar ikan beroperasi di malam hari, tidak membuat pasar Nusukan terlihat sepi, justru sebaliknya.

Namun bagi yang tidak berburu ikan, pasar ini juga menawarkan berbagai barang yang kurang lebih sama dengan tempat lainnya. Jadi baik itu makanan, pakaian, alat-alat rumah tangga, semuanya tersedia.

8. Pasar Oleh-oleh Jongke

Saat hendak pulang, jangan lupa membeli buah tangan untuk keluarga di rumah. Nah, selain Pasar Klewer, Pasar oleh-oleh Jongke ini memang sentra oleh-olehnya di Solo. Di pasar yang sudah berdiri sejak 1992 ini, berbagai camilan dan kerajinan tersedia beraneka macam pilihan.

Pasar yang terletak di Jl. Dr. Rajiman, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta ini memiliki beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli untuk keluarga adalah camilan seperti intip goreng, serbat jahe, roti kecik, kerupuk karak, klengkam, dan lain-lain. Jika bingung pilih apa, bisa belanja batik agar lebih praktis.

Kesimpulan

Tunggu apa lagi, yuk segera agendakan waktu luangmu untuk jelajahi berbagai pasar di Solo. Bisa borong batik, barang antik, kuliner, sampai dengan ikan pun tersedia. 

Jangan lupa pesan transportasinya tetap di Traveloka saja ya. Kamu bisa pesan sesuai kebutuhanmu, ada kereta, travel, bus, dan pilihan lainnya juga di Traveloka. Manfaatkan juga diskonnya supaya bisa liburan lebih hemat dengan Traveloka.

Siap keliling dan kulineran seru di pasar Solo bersama Traveloka? Yuk diagendakan 😊

Related Posts

Post a Comment