Usaha Cafe Modal 10 Juta? Yuk Intip Tips Kiat & Suksesnya

Post a Comment
Konten [Tampil]

Usaha cafe modal 10 juta

Pernah punya bayangan ingin mulai usaha cafe modal 10 juta nggak? Dan pikiran punya siapa sih yang bilang kalau mau memulai usaha cafe tuh butuh modal yang besar dan usaha yang nggak mudah buat bisa mencapai pembisnis cafe sukses?

Siapa bilang?

Pada dasarnya, jika kamu ingin melakukan suatu hal, harus didasari dengan niat. Karena dengan adanya niat dan tekad yang kuat untuk memulai sesuatu, akan mudah tercapai karena kesungguhan dan niat yang dimiliki di awal.

Begitupun dengan memulai usaha cafe shop bagi siapapun dan seberapapun modal yang dimiliki. Karena sebanyak dan sekecil modal yang dimiliki, usaha yang dirintis akan mendapatkan kesuksesan jika dijalankan dengan niat dan tekad yang kuat.

Nah, sudah punya bayangan bukan. Begitupun kamu yang memiliki modal 10 juta, pengen banget buka usaha cafe shop yang sedang banyak didatangi oleh kaula muda, tidak ada salahnya untuk tetap memulai meirntis usaha tersebut.

Rincian Persiapan Usaha Cafe Modal 10 Juta

Bisnis cafe sekarang ini semakin berjamur dan hampir disetiap sudut kota terdapat beberapa bisnis yang serupa. Terutama di daerah yang berdekatan dengan perkantoran, kampus-kampus, dan di tempat yang ramai dikunjungi orang-orang untuk bersantai.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis cafe dengan modal 10 juta juga tergolong cukup kok, tinggal menyeseuaikan dengan budget yang dimiliki serta apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnisnya dikondisikan dengan budget.

Berikut beberapa alternatif rincian modal usaha coffee shop untuk kamu yang ingin memulai bisnis usaha cafe modal 10 juta adalah:

Modal Usaha Cafe Sederhana untuk Biaya Operasional Awal

Pada dasarnya setiap kebutuhan awal untuk biaya operasionalnya tentu saja berbeda-beda. Untuk biaya yang aku share di bawah ini sudah kusesuaikan dengan perkiraan biaya dengan konidis di daerajku juga.

Biaya listrik perbulannya berkisar Rp. 300.000

Biaya untuk pengurusan izin usaha Rp. 150.000

Perkiraan pembelian dan persediaan bahan baku untuk bulan pertama Rp. 3.000.000

Gaji Pegawai Rp. 2.000.000

Total keseluruhan biaya modal usaha cafe sederhana untuk biaya operasional awalnya adalah berkisar Rp. 5.450.000

Modal Perlengkapan Cafe Sederhana

Biaya untuk pembelian meja dan kursi pelanggan Rp. 1.000.000

Biaya desain sederhana untuk ruangan cafe Rp. 500.000

Total untuk biaya modal perlengkapan cafe sederhana adalah Rp. 1.500.000

Modal Peralatan Cafe dan Harganya

Peralatan-peralatan yang biasanya digunakan untuk mendukung dan menjalankan kegiatan bisnis usaha cafemu beserta perkiraan harganya adalah:

Kompor dan tabung gas (jika diperlukan) Rp. 700.000

Alat penggiling kopi Rp. 300.000

Alat penghilang ampas kopi Rp. 400.000

Alat sajian kopi Rp. 280.000

Alat manual brewing Rp. 100.000

Penyeduh kopi dengan kertas filter Rp. 120.000

Ketel pemanas Rp. 150.000

Gelas pengaduk kopi Rp. 80.000

Pembuat buih kopi Rp. 130.000

Alat penyeduh kopi Rp. 270.000

Termos air panas Rp. 80.000

Kompor mini Rp. 370.000

Ceret Rp. 70.000

Total keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk modal peralatan cafe sederhana adalah Rp. 3.070.000

Dari semua rincian modal di atas jika dijumlahkan adalah sebesar Rp. 10.000.000. Tentu saja untuk biaya-biaya ini setiap cafe mempunyai rincian biaya dan keperluan yang berbeda-beda.

Karena setiap pemilik cafe mempunyai tujuan dan budget yang berbeda tentunya.

8 Tips Kiat Sukses yang Harus Kamu Lakukan Rutin untuk Bisnis Cafe Kekinian

Setelah mempersiapkan segala keperluan dan kebutuhan untuk bisnis cafemu, dan cafe sudah berjalan, kamu harus tetap memperhatikan hal-hal yang kadang luput untuk mensukseskan bisnis cafe. 

Jangan setelah berjalan dan pengunjung banyak, bisnisnya kamu abaikan. Yang harus kamu ingat untuk menjalankan sebuah bisnis cafe yang sukses, walaupun pengunjung cafe stabil, dan keuntungan yang kamu dapatkan lebih dari target, ada hal-hal yang harus tetap kamu perhatikan agar kestabilan bisnis cafemu tetap terjaga.

Tips kiat sukses bisnis cafe kekinian

1. Tentukan Konsep Cafe

Sebelum merencanakan ingin memulai bisnis cafe, kamu sudah harus mempunyai gambaran tentang bagaimana konsep cafemu. Hal ini tentu akan mempermudah nantinya dalam hal menentukan menu-menu yang disediakan, strategi marketing yang dipilih, desain interior cafe yang membuat cafemu mempunyai ciri khas di dalamnya begitupun dengan pengunjung nantinya.

2. Rencanakan Strategi Marketing Hemat Biaya

Dengan perkembangan teknologi di era sekarang tentu akan sangat mempermudah para pembisnis menghemat pengeluaran untuk keperluan marketing. Karena marketing yang bertujuan untuk mengenalkan bisnisnya kepada pelanggan dan memperluas pangsa pasar tentu juga bisa dilakukan dengan cara mengoptimasi melalui media sosial.

Selain itu kamu bisa pikirkan startegi pemasaran yang unik dan berbeda dengan menawarkan beberapa pilihan altiernatif bonus varian menu gratis atau bisa juga beri tawaran menarik buat pengunjung yang sudah melakukan ulasan di media sosial bisnis cafemu.

3. Sewa Tempat yang Memiliki Ciri Khas dan Murah Budget

Tidak memiliki rumah yang cocok untuk dijadikan konsep buat bisnismu, tidak masalah. Kamu bisa mencari dan menyewa tempat yang memiliki ciri khas dengan budget murah. Ruko biasa pun bisa, tinggal nantinya kamu renovasi dengan budget yang terjangkau.

Karena siapapun sadar, untuk memulai bisnis cafe ini yang memerlukan biaya besar adalah dibagian pengadaan tempat. 

Tidak harus rumah, ruko, jia ada outdoor yang bisa dijadikan tempat bisnis cafemu lanjutkan saja tinggal di renovasi sesuai keinginan dan branding cafemu nantinya.

4. Manfaatkan Pegawai Part-Time

Memiliki pegawai part-time ternyata akan lebih meringankan pemilik cafe dalam membayar gaji karyawan. Karena mereka tidak harus menyisihkan keuntungan gaji karyawan yang rutin tiap bulannya.

Dengan karyawan part-time pemilik cafe hanya perlu membayar dengan jam kerjanya saja, selain itu pekerjaan bisa dikerjakan sendiri oleh pemilik dengan bantuan karyawan part-time. 

5. Bahan Baku dari Grosir

Cara lain untuk bisa memulai usaha cafe modal 10 juta adalah dengan mempersiapkan sajian menu dari bahan-bahan baku dari grosir. Dari grosir kamu akan mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah dibanding membeli bahan baku dari pengecer.

Dengan kamu membeli bahan baku dari grosir akan lebih menghemat pengeluaran untuk bisnismu, sehingga biaya-biaya tersebut bisa dialihkan ke biaya operasional lainnya yang dibutuhkan.

6. Manfaatkan Nnetworking yang Dimiliki

Jika kamu mempunyai teman yang pekerja kantoran, kamu bisa menawarkan tempat di cafemu untuk rapat atau meeting kerjaan misalnya. Hal ini tentu akan membuat cafe jadi lebih banyak dikenal selain melalui startegi marketing yang dilakukan. Untung-untung ada yang ingin merayakan hari perayaan khusus di cafemu nantinya.

DItambah lagi pada zaman sekarang ini, pengunjung akan mengupdate kunjungannya melalui sosial medianya juga. 

7. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Walaupun cafe yang kita miliki mempunyai suasana yang estetik dan instagramable, tapi jika pelayanannya tidak baik membuat pelanggan tidak nyaman akan membuat pelanggan tidak akan kembali lagi. Namun sebaliknya.

Walaupun suasana cafenya biasa saja, tapi dengan pelayanan yang diberikan adalah yang terbaik, pelanggan akan selalu berdatangan dan tidak jarang mereka (pelanggan) akan merekomendasikan cafe kita kepada teman-temannya yang lain, keluarga bahkan kerabat mereka.

8. Mengurus Dokumen Perizinan Usaha

Yang paling penting tentu kamu harus mengurus surat izin usaha untuk melancarkan bisnis cafemu berjalan dengan baik dan sesuai peraturan pemerintah daerah dimana tempat usahamu didirikan.

Agar ke depannya tidak ada kejadian atau hal-hal yang tidak dinginkan yang dapat mengganggu tempat usaha cafemu di masa depan.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah kamu mulai tertarik untuk mundirikan bisnis cafe dengan modal 10 juta?

Jangan berkecil hati kalau kamu hanya mempunyai modal kecil. Karena menurutku seberapapun modal yang kamu miliki untuk memulai sebuah bisnis cafe asal kamu punya tekat untuk sukses pasti kamu akan berhasil mencapai keuntungan yang ingin kamu raih dan bahkan lebih.

Begitupun dengan usaha cafe modal 10 juta, siapapun yang ingin memulainya asal punya tekat untuk sukses kamu juga bisa memulainya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment